Brilio.net - Merebaknya pandemi Covid-19 membuat masyarakat menjadi resah untuk melakukan banyak hal. Pasalnya virus asal Wuhan ini umumnya menyebar melalui droplet atau cairan air liur. Namun beberapa waktu lalu Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO sempat mengeluarkan pernyataan resmi bahwa virus Covid-19 dapat ditularkan melalui udara alias airborne pada situasi ruangan tertentu.

Oleh sebab itu, masyarakat dianjurkan untuk tetap menjaga kebersihan udara terutama di dalam rumah, karena selama pandemi mereka lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan alat pembersih udara atau yang dikenal dengan air purifier.

Air purifier merupakan alat pembersih udara yang dapat meningkatkan kualitas udara dalam ruangan. Tak hanya itu, rupanya ada banyak manfaat lain dari air purifier. Apa saja?

Dilansir brilio.net dari Amerisleep pada Senin (8/3), berikut 5 manfaat air purifier untuk kesehatan.


1. Membunuh virus dan mikroba.

Air purifier bagus untuk kesehatan © 2021 brilio.net

foto: pixabay



Belakangan, banyak produk air purifier dan alat dekontaminasi udara yang diklaim mampu mengurangi risiko penularan. Salah satunya ialah Aerosafe yang diklaim mampu mengurangi penyebaran virus dan juga bakteri di udara di dalam rumah.

Direktur Sales & Marketing, Alfonsius Aditya, menjelaskan teknologi dekontaminasi tersebut berbeda dengan alat pembersih udara pada umumnya yang hanya mengandalkan metode penyaringan udara dalam ruang lingkup yang terbatas.

"Kami menggunakan teknologi quad-decontamination system yang berisi teknologi Ozon, Ion Negatif, Food-Grade Hidrogen peroksida, dan HEPA filter yang terintegrasi dengan sensor-sensor yang memastikan tingkat keamanan dan efektivitas secara maksimal," kata Alfonsius kepada media dalam konferensi pers peluncuran Aerosafe, beberapa waktu lalu.

Alfonsius mengatakan pihaknya telah melakukan sejumlah rangkaian dan uji coba terhadap sejumlah mikroba seperti Escherichia coli, dan staphylococus aureus.

"Dalam penelitian itu, terbukti bahwa selama waktu 60 menit alat dekontaminasi ini mampu membunuh sekitar 99 persen mikroba yang ada di dalam ruangan," tambahnya.


2. Meredakan gejala asma.

Air purifier bagus untuk kesehatan © 2021 brilio.net

foto: pixabay



Penyakit asma juga dipengaruhi oleh masalah udara. Oleh sebab itu orang yang menderita asma sebaiknya tetap mendapatkan udara yang bersih bila ada di dalam ruangan, agar peradangan dalam saluran pernapasan tidak semakin parah.


3. Menghilangkan bahan kimia berbahaya.

Air purifier bagus untuk kesehatan © 2021 brilio.net

foto: pixabay



Bahan kimia seperti cairan pembersih rupanya memengaruhi kualitas udara dalam ruangan. Paparan bahan kimia ini dalam jumlah kecil mungkin tidak berbahaya tetapi paparan yang terlampau sering dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius seperti tumor, kanker, kardiovaskular, atau gangguan neurologis. Karbon aktif pada air purifier dapat membersihkan kontaminan kimiawi ini.


4. Menetralkan bau tak sedap.

Air purifier bagus untuk kesehatan © 2021 brilio.net

foto: Instagram/aerosafeindonesia



Polusi yang tidak sehat dalam ruangan dapat menimbulkan bau tak sedap. dengan menggunakan air purifier dengan teknologi HEPA dan filter karbon dapat menetralkan bau tersebut. Simpan air purifier di ruang tamu, ruang televisi atau kamar.


5. Mengatasi penderita alergen.

Air purifier bagus untuk kesehatan © 2021 brilio.net

foto: pixabay



Ketika seseorang memiliki alergi terutama alergi debu, tentu membuat istirahat tidak nyaman. Oleh sebab itu kamu bisa menggunakan air purifier yang dapat menyaring sebagian besar alergen dalam kamar. Udara yang lebih bersih membuat istirahat lebih nyaman.