Brilio.net - Smartphone kini sudah menjadi salah satu kebutuhan sehari-sehari kebanyakan manusia. Selain sebagai alat komunikasi, smartphone juga dapat digunakan untuk hiburan, bisnis, dan lainnya.

Namun smartphone juga memiliki ancaman yang dapat mengganggu kinerjanya, yaitu virus. Virus smartphone seperti malware dan bloatware, tidak hanya bisa mengganggu kinerja smartphone, namun bisa juga meretas data di dalamnya. Karenanya, penting untuk melindungi keamanan smartphone, berikut daftar antivirus yang dikutip dari play.google.com, Sabtu (26/2).

1. AVG AntiVirus & Security

Rekomendasi antivirus Smartphone play.google.com

foto: play.google.com

Aplikasi antivirus ini merupakan salah satu aplikasi yang sering digunakan sebagai salah satu antivirus untuk mengamankan smartphone. Fitur dari aplikasi antivirus ini juga sangat beragam.

Selain untuk memindai virus yang ada pada setiap aplikasi kamu, aplikasi ini juga dapat kamu gunakan untuk mengamankan meningkatkan kecepatan setiap aplikasi kamu.

Selain itu, AVG AntiVirus juga dapat kamu gunakan untuk mengamankan beberapa aplikasi kamu dengan menggunakan PIN, pola atau sidik jari.

2. McAfee Security

Rekomendasi antivirus Smartphone play.google.com

foto: play.google.com

Aplikasi antivirus yang satu ini memiliki banyak fitur yang tidak hanya mendukung keamanan smartphone, tapi juga menjaga keamanan akses internet yang kamu lakukan.

Aplikasi ini dapat mendeteksi ancaman pada akses internet kamu seperti peretasan data melalui darkweb. Selain itu, aplikasi McAfee juga dilengkapi WiFi Scan yang dapat untuk kamu gunakan jika ada yang ingin mengoneksikan jaringan dengan WiFi kamu secara ilegal.

3. Nox Security, Antivirus, Clean

Rekomendasi antivirus Smartphone play.google.com

foto: play.google.com

Aplikasi antivirus yang satu ini juga memiliki banyak fitur unggulan, selain virus cleaner. Nox Security juga memiliki fitur Battery Saver Master yang dapat menghentikan penggunaan aplikasi yang berjalan di balik layar namun mengkonsumsi banyak baterai.

Selain itu fitur unggulan lain dari Nox Security adalah One Tap CPU Cooler yang akan mendinginkan suhu chipset smartphone kamu. Dengan adanya fitur ini, smartphone kamu akan terhindar dari overheating yang akan berakibat pada umur chipset smartphone kamu.

4. One Booster - Antivirus, Booster, Phone Cleaner

Rekomendasi antivirus Smartphone play.google.com

foto: play.google.com

Seperti namanya, One Booster memiliki salah satu fitur unggulan, yaitu Booster Mobile yang dapat kamu gunakan untuk meningkatkan performa dari chipset kamu.

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur CPU Cooler dan Battery Saver yang akan mendinginkan chipset dari smartphone kamu sekaligus menghemat baterai smartphone kamu dari aplikasi yang berjalan di latar belakang smartphone kamu.

5. Avira Security Antivirus & VPN

Rekomendasi antivirus Smartphone play.google.com

foto: play.google.com

Avira merupakan salah satu aplikasi antivirus yang memiliki fitur VPN. Dengan fitur ini kamu dapat mengakses berbagai sumber informasi. Tidak hanya dari Indonesia, namun kamu juga dapat mencari informasi dari berbagai luar negeri sesuai kebutuhan yang kamu cari.

Selain itu Avira juga memiliki fitur Applock yang dapat kamu gunakan untuk meningkatkan keamanan setiap aplikasi pada smartphone kamu.

6. Avast Antivirus & Security

Rekomendasi antivirus Smartphone play.google.com

foto: play.google.com

Aplikasi antivirus yang satu ini merupakan salah satu aplikasi populer yang sudah banyak digunakan untuk memproteksi smartphone dari serangan virus. Fitur yang dimiliki aplikasi ini juga sangat beragam, salah satunya adalah RAM Booster yang dapat kamu gunakan untuk menutup aplikasi yang berjalan di latar belakang aplikasi kamu.

Selain itu fitur lain yang ditawarkan Avast Antivirus adalah Web shiel. Fitur ini memberikan proteksi tambahan pada smartphone kamu apabila kamu melakukan browsing pada website yang berkemungkinan memiliki virus.

7. Safe Security - Antivirus, Booster, Phone Cleaner

Rekomendasi antivirus Smartphone play.google.com

foto: play.google.com

Safe Security merupakan salah satu aplikasi antivirus yang memiliki banyak fitur yang dapat meningkatkan keamanan smartphone kamu. Fitur yang diunggulkan dari aplikasi ini adalah Call & SMS Filter. Fitur ini berfungsi untuk memblokir spam chat dan panggilan yang masuk ke dalam smartphone kamu.

Selain itu, fitur lain yang tersedia pada aplikasi ini adalah Intruder Selfie. Fitur ini akan sangat meningkatkan keamanan smartphone kamu karena dengan fitur ini, Safe Security akan mengambil foto seseorang yang dengan paksa mencoba membobol smartphone kamu.

8. Kaspersky Security & VPN

Rekomendasi antivirus Smartphone play.google.com

foto: play.google.com

Selain memproteksi smartphone kamu dari virus, Kaspersky Security juga memiliki fitur unggulan lain yang dapat kamu gunakan. Fitur Background check pada aplikasi ini, dapat melakukan scan otomatis untuk mendeteksi apakah smartphone kamu terindikasi spyware, ransomware dan Trojan.

Selain itu, fitur lain yang disediakan aplikasi ini adalah Anti-Phishing yang akan mengamankan data finansial pada smartphone kamu.

9. Malwarebytes Mobile Security

Rekomendasi antivirus Smartphone play.google.com

foto: play.google.com

Aplikasi antivirus yang satu ini juga merupakan salah satu aplikasi antivirus yang memiliki banyak fitur. Selain melindungi smartphone kamu dari virus, Malwarebytes juga melindungi baterai kamu dengan fitur Power saving scan yang dapat melewatkan scan virus apabila smartphone kamu dalam keadaan low battery.

Selain itu fitur unggulan lain dari aplikasi ini adalah Web protection/safe browsing yang akan mendeteksi alamat URL apabila terdapat virus atau ancaman phising pada smartphone kamu.