Brilio.net - Kepopuleran game di Indonesia semakin meningkat seiring berjalannya waktu. Seperti yang disebutkan oleh Co-Founder & Chief Marketing Officer EVOS Esports, Michael Wijaya, Indonesia adalah negara pendorong utama pertumbuhan industri e-sport di Asia Tenggara. Pada 2021 sendiri, Indonesia berkontribusi sekitar 43% dari total 274,5 juta gamers di Asia Tenggara. Dari data yang didapat dari organisasi Esport Asia Tenggara ini, Indonesia menyumbang pendapatan terbesar senilai USD 2,08 miliar (hampir Rp 30 triliun).

Angka yang cukup menarik bukan? Mungkin tidak banyak yang menyadari hal ini, namun Indonesia termasuk negara yang paling banyak pemain game-nya. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai negara 'sasaran' untuk pemasaran game. Tidak heran banyak sekali game baru yang bermunculan tiap tahunnya.

Nah, dari sini brilio.net berbagi sembilan game Android terpopuler di Indonesia tahun 2021. Lihat apakah game favoritmu termasuk di list ini? Mengingat upgrade yang terus menerus, game-game yang ada di list ini bisa saja berubah posisinya kapan pun, jadi tidak terpaku pada saat ini saja.

1. Free Fire.

Game Android terpopuler 2021 di Indonesia berbagai sumber

foto: Twitter/@IndiaFreeFire

Tidak dipungkiri lagi bahwa Free Fire adalah game yang paling populer di Indonesia. Semua kalangan masyarakat sudah bermain game ini, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua. Berdasarkan data dari Google Play, game yang juga dikenal sebagai Garena Free Fire ini telah diunduh sebanyak lebih dari 1 miliar kali. Ini menjadikan Free Fire berada di posisi pertama.

Game ini sendiri dikembangkan oleh Garena dan diterbitkan oleh Garena khusus untuk Android dan iOS, serta didesain untuk pengguna yang menyukai game peperangan dan tembak-tembakan.

2. PUBG Mobile.

Game Android terpopuler 2021 di Indonesia berbagai sumber

foto: Twitter/@PUBGMOBILE

Game ini menjadi salah satu game terpopuler di Indonesia karena memiliki banyak konten menarik untuk pemainnya, seperti team deathmatch, battleroyale, dan masih banyak lagi. PUBG Mobile telah didownload sebanyak lebih dari 500 juta kali di Google Play. Ketika bermain, pemain dimanjakan dengan penampilan High Definition (HD) dan terhindar dari grafis rendah.

3. Mobile Legends: Bang Bang.

Game Android terpopuler 2021 di Indonesia berbagai sumber

foto: Twitter/@MobileLegendsOL

Sejak dirilis pada 2016, game ini telah menjadi salah satu game populer di Indonesia. Mobile Legends sendiri adalah sebuah permainan peranti bergerak berjenis MOBA yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Moonton, yang merupakan anak usaha dari ByteDance.

Telah didownload sebanyak lebih dari 100 juta pengguna, Mobile Legends menjadi game MOBA Mobile pertama yang terkenal di Indonesia. Untuk terus menarik perhatian penggunanya, game ini memiliki konten-konten baru yang terus diperbaharui, seperti UI design terbaru, hero-hero baru, bahkan skin baru.

4. Homescapes.

Game Android terpopuler 2021 di Indonesia berbagai sumber

foto: Twitter/@homescapes

Game terpopuler selanjutnya adalah Homescapes. Game puzzle ini dibuat dan dirilis tahun 2017 oleh Playrix sebagai spin-off dari Gardenscapes. Tidak hanya menantang, game ini juga menjual sisi 3D yang menarik untuk dimainkan. Pemain dituntut untuk mencocokkan 3 ikon yang sama kemudian membuat sebuah skill baru yang akan mempermudah beralih ke 1 buah stage. Homescapes telah didownload sebanyak lebih dari 100 juta kali.

5. Clash Royale.

Game Android terpopuler 2021 di Indonesia berbagai sumber

foto: Twitter/@ClashRoyale

Clash Royale adalah permainan video strategi real-time freemium yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Supercell. Telah didownload sebanyak lebih dari 100 juta kali, Clash Royale menawarkan permainan yang seru di mana mereka menggabungkan elemen dari game kartu koleksi, pertahanan menara, dan arena pertempuran online multipemain.

6. Genshin Impact.

Game Android terpopuler 2021 di Indonesia berbagai sumber

foto: Twitter/@GenshinImpact

Genshin Impact adalah game role-playing aksi yang dikembangkan dan diterbitkan oleh rumah game Cina miHoYo dan dirilis untuk Microsoft Windows, PlayStation 4, Android, dan iOS. Salah satu keunggulan dari game ini adalah grafiknya yang tinggi beserta bentukan karakter-karakternya yang bagus dan eye-catching.

7. Minecraft.

Game Android terpopuler 2021 di Indonesia berbagai sumber

foto: Twitter/@Minecraft

Dikembangkan oleh pengembang game video Swedia, Mojang Studios, Minecraft berfokus pada game video kotak pasir yang bisa membangun kreativitas pemainnya. Karenakan game ini memberikan kebebasan kepada pemainnya untuk melakukan apa yang mereka mau, Minecraft menjadi salah satu game ternama di Indonesia.

8. Rules of Survival.

Game Android terpopuler 2021 di Indonesia berbagai sumber

foto: Twitter/@RoS_Mobile

Rules of Survival adalah game selanjutnya yang sudah tidak asing lagi di mata warga Indonesia. Kebagusan di bagian grafik dan karakter-karakternya rupanya telah menarik banyak pengguna untuk bermain. Game ini menghadirkan pengalaman bermain yang seru, di mana pemain diharuskan menembak satu sama lain untuk memperebutkan gelar juara. Pemain juga dilengkapi banyak senjata yang datang dengan kelebihan masing-masing.

9. Among Us.

Game Android terpopuler 2021 di Indonesia berbagai sumber

foto: Twitter/@AmongUsGame

Walaupun baru dirilis tahun 2018, Among Us sudah menjadi salah satu game populer di Indonesia. Game multiplayer ini merupakan game deduksi sosial yang dikembangkan dan diterbitkan oleh studio game Amerika Innersloth, serta didesain untuk pengguna Android dan iOS. Saking terkenalnya, game Among Us ini menjadi bahan meme oleh warga Indonesia. Tidak heran, di luaran sana kamu akan melihat banyak meme dari game ini.

-

INFOGRAFIS GAME ANDROID TERPOPULER DI INDONESIA 2021 © 2021 brilio.net

INFOGRAFIS GAME ANDROID TERPOPULER DI INDONESIA 2021
© 2021 brilio.net/Bayu Kurniawan