Brilio.net - YouTube merupakan salah satu platform yang populer di kalangan warganet, baik di Indonesia maupun di dunia. Melalui YouTube, kita dapat memperoleh berbagai macam informasi dan hiburan yang menarik dalam format musik, kompilasi video, film singkat, vlog, hingga siaran langsung.

Saat ini banyak pengguna yang menggunakan YouTube untuk mendengarkan musik secara online. Hal ini dikarenakan terdapat berbagai macam jenis musik yang diunggah oleh ribuan bahkan jutaan pemilik channel.

Namun, mendengarkan musik melalui YouTube memiliki keterbatasan. Misalnya, ketika kita sedang berada di daerah yang susah sinyal maka musik yang kita dengarkan pun pasti menjadi tidak lancar. Atau contoh lain misalnya, ketika kita terlalu sering mendengarkannya secara online, tentu hal ini dapat menghabiskan lebih banyak kuota.

Namun, jangan khawatir. Saat ini terdapat berbagai aplikasi yang dapat digunakan untuk mengubah video dari YouTube ke MP3. Namun, perlu dipahami bahwa kamu harus mengunduhnya terlebih dahulu lalu diubah ke MP3.

Penasaran apa saja aplikasi tersebut? Berikut ulasannya sebagaimana brilio.net himpun dari berbagai sumber, Minggu (30/1).

1. Video to MP3 Converter - MP3 cutter and merger.

9 Aplikasi YouTube-MP3 converter, praktis tanpa ribet ber

foto: Play Store/Video to MP3 Converter - mp3 cutter and merger

Aplikasi Video to MP3 Converter ini merupakan aplikasi yang dapat mengubah video menjadi MP3. Aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk memotong video. Selain itu, kamu juga dapat menggabungkan kumpulan audio melalui aplikasi ini. Kamu juga dapat menambahkan efek fade in dan fade out pada audio yang dimaksud.

2. Video to MP3 Converter - MP3 Tagger.

9 Aplikasi YouTube-MP3 converter, praktis tanpa ribet ber

foto: Play Store/Video to MP3 Converter - MP3 Tagger

Aplikasi kedua adalah Video to MP3 Converter - MP3 Tagger. Kamu dapat mengubah videomu menjadi audio dengan format MP3 hingga AAC.

Aplikasi ini juga dapat memungkinkanmu untuk memotong audio yang telah dikonversi. Kamu pun juga dapat menggabungkan lebih dari satu file audio yang kamu inginkan.

3. Video MP3 Converter.

9 Aplikasi YouTube-MP3 converter, praktis tanpa ribet ber

foto: Play Store/Video MP3 Converter

Selanjutnya, terdapat aplikasi Video MP3 Converter. Melalui aplikasi ini, kamu dapat mengubah video berbagai format seperti MP4, 3GP, WEBM, WMV, FLV menjadi file audio. Format audio yang disediakan dalam converter ini meliputi MP3, AAC, dan OGG. Video MP3 Converter juga mendukung untuk editing MP3 meta data.

4. MP3 Video Converter.

9 Aplikasi YouTube-MP3 converter, praktis tanpa ribet ber

foto: Play Store/MP3 Video Converter

Aplikasi yang keempat, kamu bisa menggunakan MP3 Video Converter. Melalui aplikasi ini, kamu juga dapat mengubah berbagai macam format video.

Aplikasi ini easy user, jadi kamu tidak perlu ribet. Kamu juga dapat mengedit meta data/information yang memuat informasi mengenai judul, album, dan artisnya.

5. Mp3 Ytmp3 Music App.

9 Aplikasi YouTube-MP3 converter, praktis tanpa ribet ber

foto: Play Store/Mp3 Ytmp3 Music App

Aplikasi yang dirilis oleh Words Stike ini mampu mengunduh video dan mengonversi video dengan mudah. Aplikasi ini gratis, sehingga kamu dapat menggunakannya dengan sepuasnya. Selain mengonversi musik, kamu juga dapat mendengarkan musi baik secara online maupun offline melalui aplikasi ini.

6. Video MP3 Converter - Convert music high quality.

9 Aplikasi YouTube-MP3 converter, praktis tanpa ribet ber

foto: Play Store/Video MP3 Converter - Convert music high quality

Aplikasi yang keenam ini milik Beunity Development. Kamu dapat mengubah video dari YouTube maupun dari sumber lain hanya dengan 3 langkah.

Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur, mulai dari memotong file audio/video, mengubah informasi audio, hingga mengganti bitrate yang berbeda.

Kamu juga dapat mengunggah hasil konversi tersebut ke media sosial.

7. MP3 Converter - video MP3 Converter.

9 Aplikasi YouTube-MP3 converter, praktis tanpa ribet ber

foto: Play Store/MP3 Converter - video MP3 Converter

MP3 Converter merupakan aplikasi selanjutnya yang mungkin dapat dicoba. Aplikasi ini memiliki user interface yang sederhana, sehingga dapat memudahkanmu untuk menggunakannya. Proses konversi dari aplikasi ini juga cukup cepat. Fitur selanjutnya kamu dapat menggunakan fitur pemotongan audio untuk membuat sebuah ringtone di HP-mu.

8. Converto: Video Mp3 Converter, Convert Mp4 Jpg Png.

9 Aplikasi YouTube-MP3 converter, praktis tanpa ribet ber

foto: Play Store/Converto: Video Mp3 Converter, Convert Mp4 Jpg Png

Converto, menyediakan berbagai fitur menarik yang patut untuk dicoba. Converto mendukung lebih dari 4800 konversi berbeda antara lebih dari 100 format file berbeda. Aplikasi ini dapat mengekstrak trek audio dari file video, hingga menyimpan lagu dari film. Aplikasi ini pun memiliki fitur untuk mengedit meta data.

9. MP4 to MP3 - Convert Video to Audio, Cut Ringtones.

9 Aplikasi YouTube-MP3 converter, praktis tanpa ribet ber

foto: Play Store/Mp4 to Mp3 - Convert Video to Audio, Cut Ringtones

Meskipun namanya MP4 to MP3, namun aplikasi ini dapat mengubah video dalam berbagai format menjadi audio. Aplikasi ini dapat pula mengonversi video secara bersamaan. Yang tak kalah menarik, terdapat fitur untuk membuat ringtone. Sedangkan, desain dari aplikasi ini juga menarik. Aplikasi ini tersedia secara gratis dan bisa kamu unduh dengan mudah dari Play Store.

Reporter: Ferdian Ahya Al Putra