Brilio.net - Sebagai pengguna smartphone, tentu nama aplikasi sudah nggak asing lagi didengar, kan? Aplikasi adalah perangkat lunak yang menggabungkan beberapa fitur dengan cara yang dapat diakses untuk melakukan tugas yang diinginkan pengguna.

Ada beberapa aplikasi yang tersedia untuk smartphone, semua bergantung kepada keperluan pengguna. Mulai dari aplikasi berkirim pesan alias chatting, aplikasi pengolah dokumen seperti WPS Office, aplikasi belanja online seperti Shopee hingga Tokopedia, dan lain sebagainya.

Namun terkadang, ada beberapa aplikasi yang ingin kamu ketahui sendiri. Biasanya, aplikasi tersebut mengandung informasi atau data pribadi kamu sehingga kamu tidak ingin orang lain mengetahui privasi kamu. Aplikasi tersebut bisa bermacam-macam, yakni Mobile Banking hingga aplikasi e-money seperti OVO, LinkAja, flip, dan lain sebagainya.

Nah bagi kamu pengguna ponsel pintar Xiaomi tak perlu khawatir lagi. Pasalnya, kini sudah ada beberapa cara menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi. Selain mudah dan praktis, kamu dapat menerapkan caranya dengan dua metode, yakni dengan ataupun tanpa aplikasi tambahan.

Tanpa berlama-lama lagi dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (27/1), berikut cara-cara menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi dengan praktis dan nggak pakai ribet:

1. Cara menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi menggunakan Ruang Kedua.

Bagi kamu yang menggunakan HP Xiaomi dengan MIUI versi 9 ke atas, kamu bisa memanfaatkan fitur Ruang kedua. Dengan ini, kamu bisa menyembunyikan aplikasi dengan memberikan kata sandi untuk membukanya. Cara mengaktifkannya, silakan ikuti panduan berikut:

1. Pergi ke Setelan di HP Xiaomi.
2. Pilih menu Ruang Kedua.
3. Setelah itu, aktifkan fitur Ruang Kedua.
4. Bila sudah, pilih aplikasi yang ingin kamu simpan.
5. Yang terakhir, beri kata sandi untuk mengakses ke aplikasi tersembunyi tersebut.

2. Cara menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi melalui aplikasi App Lock.

Cara menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi bisa melalui aplikasi tambahan. Dengan App Lock, kamu bisa menyembunyikan aplikasi pilihanmu. Untuk selengkapnya, silakan simak langkah-langkah berikut:

1. Unduh dan instal aplikasi App Lock di Play Store terlebih dahulu.
2. Bila sudah terpasang, buka aplikasi tersebut.
3. Buat pola kunci > Pilih aplikasi yang hendak disembunyikan dari Homescreen.
4. Bila sudah, berikan akses data App Lock Usage.
5. Tekan tombol kembali untuk kembali untuk kembali ke menu utama App Lock.
6. Proses selesai, aplikasi akan otomatis tersembunyi.

3. Cara menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi melalui aplikasi Hide Apps.

Selain App Lock, kamu juga bisa menggunakan Hide Apps untuk mengetahui cara menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi. Kurang lebih sama dengan App Lock, berikut step-step untuk menyembunyikan aplikasi dengan menggunakan Hide Apps:

1. Download dan instal aplikasi Hide Apps di Play Store terlebih dahulu.
2. Buka aplikasi Hide Apps.
3. Pilih aplikasi apa saja yang hendak disembunyikan.
4. Tentukan pin atau kata sandi untuk mengakses.
5. Klik OK dan proses selesai. Aplikasi akan secara otomatis tersembunyi.

4. Cara menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi melalui aplikasi App Hider.

Aplikasi tambahan atau pihak ketiga yang terakhir adalah App Hider. Dengan App Hider, aplikasi pilihan bisa kamu sembunyikan untuk tindakan menjaga privasi lebih aman. Caranya juga kurang lebih sama. Namun untuk lebih detailnya, silakan simak panduan berikut:

1. Pertama-tama, download aplikasi App Hider di Play Store.
2. Buka aplikasi tersebut.
3. Pilih aplikasi pilihan yang hendak disembunyikan.
4. Tentukan pin atau kata sandi untuk mengakses.
5. Klik OK dan proses selesai. Aplikasi akan secara otomatis tersembunyi.