Brilio.net - Pola mengasuh anak atau parenting adalah tantangan yang dihadapi pasangan saat sudah berkeluarga dan memiliki anak. Baik-buruknya orang tua menerapkan pola asuh akan berdampak kepada sikap hingga masa depan buah hati.

Sekarang ini, saat teknologi berkembang pesat, orang tua dihadapkan pada situasi anak-anak mereka lebih banyak menghabiskan waktu luang dengan menyimak smartphone. Gadget satu ini memiliki dua mata pisau. Di satu sisi bisa berdampak positif karena jadi sarana edukasi lewat konten-konten bermanfaat. Namun di sisi lain juga bisa berpotensi negatif, seperti adanya konten sensitif yang berbahaya jika ditonton anak-anak. Orang tua tidak bisa membiarkan hal ini. Perlu ada tindakan dari ayah dan bunda untuk memantau buah hati di saat si kecil bermain smartphone.

Tak usah berlama-lama lagi, dihimpun brilio.net pada Selasa (14/12), berikut sembilan aplikasi parenting untuk memantau buah hati yang sering meluangkan waktu bermain gadget.

1. Google Family Link.

9 Aplikasi parenting © 2021 brilio.net

foto: Play Store

Tak perlu diragukan lagi, aplikasi parenting besutan Google ini mempermudah orang tua untuk mempertegas aturan dasar kepada buah hati dalam menggunakan gadget. Telah dipercaya oleh lebih dari 50 juta pengguna, Google Family Link dapat dijadikan sebagai aplikasi untuk memantau kegiatan anak pada saat menggunakan smartphone seperti menyetujui, memblokir, dan mengelola aplikasi yang hendak anak mereka akses melalui Play Store.

2. SecureTeen Parental Control.

9 Aplikasi parenting © 2021 brilio.net

foto: Play Store

Aplikasi parenting yang dapat memantau anak dalam menggunakan HP selanjutnya adalah SecureTeen Parental Control. Aplikasi lacak di SecureTeen sangatlah banyak, orang tua dapat mengecek history web, memantau aktivitas medsos, hingga mengontrol aktivitas anak yang sibuk bermain gadget.

3. MMGuardian Parental Control.

9 Aplikasi parenting © 2021 brilio.net

foto: Play Store

Selain kedua aplikasi di atas, MMGuardian Parental Control juga cukup bisa diandalkan bagi orang tua yang was-was dengan anaknya bermain gadget. Fiturnya juga nggak kalah canggih, ayah dan bunda dapat tetap memantau SMS, panggilan masuk, history web, hingga melacak aplikasi yang telah anak-anak gunakan.

4. Kids Place Parental Controls.

9 Aplikasi parenting © 2021 brilio.net

foto: Play Store

Selanjutnya, Kids Place Parental Controls juga bisa dijadikan asisten virtual untuk menjaga buah hati. Aplikasi ini cukup andal untuk melindungi anak dari panggilan telepon, membuat pesan, mengunduh aplikasi, hingga mengunjungi situs website.

5. Parental Control Kroha.

9 Aplikasi parenting © 2021 brilio.net

foto: Play Store

Ingin memantau anak secara online? Parental Control Kroha bisa jadi aplikasi parenting yang pas. Dengan fitur parenting yang nggak kalah penting, aplikasi ini mengusung banyak fitur seperti bisa melacak lokasi dan waktu saat menggunakan aplikasi, hingga mengontrol penggunaan browser.

6. Parental Control - Kidslox.

9 Aplikasi parenting © 2021 brilio.net

foto: Play Store

Pusing akan buah hati yang terus-terusan bermain gadget? Kini kamu bisa mengontrol penggunaan mereka terhadap smartphone dengan Kidslox. Dipercaya oleh lebih dari 500 ribu pengguna, kamu dapat mengontrol waktu, melacak keberadaan anak, hingga memantau anak dalam menggunakan aplikasi pada smartphone.

7. Kids Zone.

9 Aplikasi parenting © 2021 brilio.net

foto: Play Store

Aplikasi parenting selanjutnya ampuh untuk memantau penggunaan gadget pada anak adalah Kids Zone. Selain dapat melacak anak dalam menggunakan aplikasi-aplikasi, orang tua dapat membatasi penggunaan media sosial pada anak seperti Instagram, Facebook, dan Twitter.

8. FamilyTime.

9 Aplikasi parenting © 2021 brilio.net

foto: Play Store

Bagi orang tua yang khawatir buah hati mereka telah mengakses apa saja saat menggunakan HP, FamilyTime bisa bantu memantau aktivitas anak. Selebihnya, aplikasi ini kerap digunakan untuk memantau kegiatan HP buah hati seperti dapat melacak panggilan, SMS, aplikasi apa saja yang telah diakses, hingga bisa mengatur batas waktu pemakaian harian pada aplikasi.

9. ESET Parental Control.

9 Aplikasi parenting © 2021 brilio.net

foto: Play Store

ESET Parental Control dapat dijadikan aplikasi parenting untuk melacak kegiatan anak saat memakai smartphone. Fitur yang diusung sebagai aplikasi parenting pun juga bisa diandalkan seperti adanya fitur pencari lokasi anak, mengontrol aplikasi yang dapat diberi waktu, pemblokiran aplikasi, dan dapat menampilkan situs web yang sering dikunjungi anak.

*

INFOGRAFIS APLIKASI PARENTING UNTUK PANTAU ANAK YANG SUDAH KECANDUAN GADGET © 2021 brilio.net

INFOGRAFIS APLIKASI PARENTING UNTUK PANTAU ANAK YANG SUDAH KECANDUAN GADGET
© 2021 brilio.net/Bayu Kurniawan