Brilio.net - Smartphone atau HP sekarang menjadi kebutuhan primer. Untuk beberapa, HP bahkan bisa menggantikan fungsi dompet yang harus dibawa kemana-mana. Nggak hanya untuk telepon atau pesan instan, HP juga bisa untuk mengakses peta digital, transaksi keuangan via mobile banking, dan tentunya berbelanja online.

Memilih smartphone yang tepat untuk kebutuhan tentu bukan perkara mudah. Berbagai produsen smartphone berlomba-lomba menghadirkan gadget dengan aneka fitur terbaru. Tentunya, fitur baru ini membuat banyak orang tertarik untuk membelinya. Siapa sih yang mau ketinggalan inovasi terbaru di bidang gadget?

Apalagi, membeli HP sekarang menjadi semakin mudah karena bisa dilakukan lewat situs seperti Traveloka. Bahkan, kamu bisa Kredit HP sekarang dengan fitur Traveloka PayLater. Nah, sebelum membeli HP baru, ada baiknya kamu memikirkannya secara matang.

Apa saja sih yang perlu diperhatikan saat ingin membeli HP baru? Yuk ikuti tips dan triknya seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (20/7).

1. Pastikan bujet kamu sesuai dengan HP yang diinginkan.

8 Tips penting ini perlu diperhatikan © 2022 brilio.net

foto: shutterstock.com

Pada dasarnya, ada banyak sekali HP yang ditawarkan di pasaran. Terdapat banyak variasi harga, fitur, maupun spesifikasi yang tersedia. Karena itu, sebaiknya pastikan HP yang kamu inginkan sesuai dengan ketersediaan bujet.

Kamu juga bisa mencoba mencari perbandingan harga dengan mengeceknya dari satu toko ke toko lainnya. Dengan begini, kamu bisa mendapatkan harga terbaik yang sesuai dengan bujet. Jika sudah menemukan harga terbaik, segera beli agar tidak bimbang kelamaan.

2. Perhatikan desain dan fungsi HP yang ingin dibeli

8 Tips penting ini perlu diperhatikan © 2022 brilio.net

foto: shutterstock.com

Desain biasanya menjadi bahan pertimbangan sebagian besar orang saat ingin membeli HP baru. Meski begitu, fitur-fitur di dalam HP juga harus dipertimbangkan juga apakah akan berfungsi sesuai kebutuhan selain memperhatikan desainnya.

Bodi dan material HP juga biasanya menjadi bahan pertimbangan beberapa orang. Namun, kelengkapan fitur perangkat justru yang menjadi paling penting kamu pertimbangkan saat ini.

Sebab, banyak produsen HP saat ini sudah menghilangkan beberapa fitur perangkat karena dianggap sudah tidak populer digunakan. Sebagai contoh, microSD dan port 3,5 mm audiojack sudah mulai tidak tersedia di beberapa HP keluaran terbaru.

3. Pilih prosesor yang mumpuni.

8 Tips penting ini perlu diperhatikan © 2022 brilio.net

foto: shutterstock.com

Beralih ke bagian dalam HP, prosesor adalah komponen terpenting. Jika diibaratkan dengan tubuh manusia, maka prosesor bisa dibilang sebagai otak dan mengontrol semua komponen agar berfungsi secara optimal di dalam HP.

Saat ini, sebagian besar HP kelas menengah maupun flagship menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon. Karena itu, tipsnya adalah membeli HP baru dengan prosesor Snapdragon 710 atau Snapdragon 712 untuk performa maksimal.

4. Pastikan RAM sesuai kebutuhan kamu.

8 Tips penting ini perlu diperhatikan © 2022 brilio.net

foto: shutterstock.com

Selain prosesor, RAM juga termasuk komponen penting di dalam HP. Sebab, kecepatan kinerja HP tergantung dengan kapasitas RAM yang dimiliki. Dengan perkembangan aplikasi, gim, serta fungsi lain di HP tentu membutuhkan kapasitas RAM yang lebih tinggi. Ada baiknya kamu memilih untuk membeli HP baru dengan kapasitas RAM 6 GB ke atas untuk menyesuaikan kebutuhan sekarang.

5. Pilih ukuran layar yang sesuai dengan preferensi kamu.

8 Tips penting ini perlu diperhatikan © 2022 brilio.net

foto: shutterstock.com

Ukuran layar juga menjadi salah satu perhatian bagi sebagian besar orang saat ingin membeli HP baru. Sebab, HP saat ini sudah berfungsi semakin luas dan merambah ke beragam aktivitas setiap orang seperti menonton tayangan secara streaming ataupun main game.

Pada saat ini, HP dengan ukuran layar 6 inci ke atas menjadi favorit sebagian besar orang. Namun, sebagian besar lagi menganggap HP dengan ukuran layar di bawah 6 inci menawarkan fleksibilitas dan mudah dibawa ke mana-mana.

Selain itu, resolusi layar juga menjadi hal yang perlu diperhatikan selanjutnya. Saat ini, resolusi layar paling minimum yang perlu diperhatikan saat membeli HP baru adalah di 1080p atau layar full HD.

6. Cari kamera berkualitas.

8 Tips penting ini perlu diperhatikan © 2022 brilio.net

foto: shutterstock.com

Tips dalam memilih HP berdasarkan kualitas kameranya adalah dengan jangan terpaku pada ukuran resolusinya. Pasalnya, ukuran resolusi pada kamera HP umumnya tidak menggambarkan kemampuannya dalam mengambil gambar secara tepat.

Ada baiknya kamu mencari tahu dengan melihat berbagai artikel review yang juga menampilkan tes kamera pada HP yang ingin dibeli. Selain itu, pilih juga kamera HP yang sudah punya fitur OIS serta dapat merekam video berkualitas 4K buat kamu yang suka merekam video.

7. Perhatikan kapasitas penyimpanan atau ROM.

8 Tips penting ini perlu diperhatikan © 2022 brilio.net

foto: shutterstock.com

Kebutuhan aplikasi, game, maupun fitur lainnya pada HP sekarang ini membutuhkan kapasitas penyimpanan yang cukup besar di HP. Karena itu, kapasitas penyimpanan atau ROM menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan saat ingin membeli HP baru. Saat ini, di pasaran tersedia HP dengan beragam kapasitas penyimpanan, mulai dari 32GB, 64 GB, 128 GB, hingga 256 GB.

8. Pilih kapasitas baterai yang sesuai kebutuhan kamu.

8 Tips penting ini perlu diperhatikan © 2022 brilio.net

foto: Shutterstock.com

Sekarang ini, kapasitas baterai di atas 3.000mAh menjadi salah satu standar dari HP keluaran terbaru. Hal ini terbilang wajar mengingat semakin tingginya aktivitas multitasking yang dilakukan banyak orang dengan menggunakan HP. Jika kapasitas baterai di atas 3.000mAh dirasa kurang, maka sebaiknya kamu mencari HP dengan kapasitas baterai 4.000mAh ke atas. Selain itu, sebaiknya juga pilih HP yang sudah memiliki fitur fast charging.

Itulah beberapa tips yang perlu diperhatikan saat ingin membeli HP baru. Agar tidak terasa terlalu berat secara biaya saat ingin membeli, kamu pun dapat memanfaatkan Traveloka Paylater untuk membeli HP impian dengan mencicilnya.