1. BRILIO.NET
  2. »
  3. Gadget
Andry Trysandy Mahany 11 Januari 2018 02:09

7 Smartphone berfitur face unlock, harganya lebih murah dari iPhone X

Fitur ini diharapkan dapat menjaga privasi pemilik ponsel.

Brilio.net - Fitur face unlock atau face recognition belakangan ini mulai banyak diminati produsen-produsen smartphone ternama. Sebut saja seperti produk teranyar Apple, iPhone X yang dengan bangganya hadir dengan fitur yang mereka sebut Face ID.

Face unlock sendiri merupakan fitur untuk mengaktifkan ponsel dengan cara mengenali wajah si empunya ponsel. Sama seperti fingerprint, fitur ini juga diharapkan dapat menjaga privasi pengguna ponsel itu sendiri.

Asyiknya lagi, fitur yang terbilang baru ini tak cuma dimiliki smartphone-smartphone mahal, lho. Ada beberapa smartphone terjangkau yang ternyata sudah memiliki fitur ini. Berikut daftarnya seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (11/1).

1. Oppo A83.

foto: mayagadgets.com

Seri A83 mulai diperkenalkan Oppo pada akhir tahun 2017 kemarin. Smartphone ini tidak lagi memiliki fitur fingerprint. Sebagai gantinya, A83 dibekali fitur pengenalan wajah alias Face Unlock.

Oppo mengklaim A83 mampu memindai hingga 128 wajah berbeda dan membuka smartphone hanya dalam waktu 0,18 detik. Smartphone seharga Rp 2,8 jutaan ini juga punya layar HD+ berukuran 5,7 inci, RAM 4GB, ROM 32GB, serta prosesor berkekuatan octa-core 2.5GHz.

2. Evercoss M50.

foto: evercoss.com

Nggak cuma smartphone mahal, fitur face unlock juga ada di smartphone murah meriah, salah satunya adalah Evercoss M50. Smartphone ini diklaim sebagai 'smartphone fingerprint dan 4G LTE termurah', yang dihargai Rp 800 ribuan.

Evercoss M50 dibekali dengan prosesor quad-core @1,3Ghz, RAM 1GB, dan ROM 8GB yang bisa diperluas hingga 32GB dengan microSD. M50 juga sudah menggunakan Android 7.0 Nougat, dan tentunya face unlock sebagai fitur unggulannya.

3. ZenFone Max Plus.

foto: androidauthority.com

ZenFone Max Plus baru saja diperkenalkan Asus dalam ajang CES 2018 di Las Vegas, Amerika Serikat. Max Plus akan menjadi smartphone pertama Asus yang dibekali fitur face unlock.

Selain face unlock, fitur andalan dari Max Plus adalah kamera ganda di bagian belakang, yang terdiri dari kamera 16 megapiksel dengan lensa standar dan kamera 8 megapiksel dengan lensa wide angle.

Smartphone dengan spesifikasi prosesor octa-core 1,5 GHz, RAM 3 GB, dan media penyimpanan 32 GB ini kabarnya dibanderol sekitar Rp 3,1 juta.

4. Vivo V7.

foto: yugatech.com

Pabrikan Vivo juga nggak mau kalah. Lewat seri V7, Vivo memperkenal fitur pemindai wajah yang diberi nama Face Access. Selain fitur face unlock, V7 juga memiliki fitur unggulan lainnya seperti FullView Display dan kamera depan dengan standar resolusi 24 megapiksel.

Selain itu, Vivo V7 dipersenjatai chipset Qualcomm dengan CPU octa-core, RAM 4GB, ROM 32GB yang dapat diperluas hingga 256GB, dan sudah dibekali Android Nougat dengan antarmuka Funtouch 3.2. Harganya? Rp 3,5 jutaan saja.

5. LG Q6.

LG Q6 Fullvision Smartphone Astro Black

 


foto: bhinneka.com

LG Q6 sebenarnya hadir sudah cukup lama, yakni sekitar bulan September 2017 kemarin. Sama seperti Oppo A83, LG Q6 juga menghilangkan fitur fingerprint dan menggantinya dengan fitur face unlock.

Smartphone yang hadir untuk kelas menengah ini memiliki layar dengan bentang 5,5 inci dengan kualitas 2.160 x 1.080 piksel. Spesifikasi lain dari LG Q6 adalah prosesor Snapdragon 435, RAM 3 GB, ROM 32 GB, baterai 3.000 mAh. Untuk urusan harga LG Q6 dibanderol sekitar Rp 3 jutaan.

6. OnePlus 5T.

foto: bgr.com

Sebagai penerus OnePlus 5, OnePlus 5T akhirnya hadir dengan desain yang lebih segar. Smartphone ini memiliki layar bingkai tipis alias bezel-less dengan rasio 18:9. Layar OnePlus 5T diklaim mampu menampilkan visual yang bersih, tajam, dan kaya warna.

Meski sudah ada Face Unlock, OnePlus 5T juga tetap dibekali pemindai sidik jari atau fingerprint. Smartphone dengan harga sekitar Rp 6 jutaan ini juga dibekali chip Snapdragon 835, grafis GPU Adreno 540, dua opsi kombinasi RAM dan memori, yakni 6 GB/64 GB dan 8 GB/128 GB.

7. Oppo F5.



foto: mygsm.me

Selain Oppo A83, Oppo F5 juga hadir dengan fitur face unlock. Oppo mengklaim face unlock ini mampu memindai 128 titik wajah setiap kali pengguna menatap ke arah ponsel.

Selain itu, Oppo F5 juga didukung dengan prosesor MediaTek MT6763T dengan sistem operasi Android 7.1, pilihan RAM 4 atau 6 GB, dan ROM 32 atau 64 GB. Oppo F5 dibanderol sekitar Rp 3,5 jutaan.

(brl/fen)

YOU MAY ALSO LIKE

Indonesia Wicara - Ngopi Dulu Baru Bisa Mikir
Minum kopi atau ngopi sudah jadi kebiasaan orang Indonesia. Brilio bertanya tentang kebiasaan-kebiasaan orang Indonesia dalam menikmati kopi. Kira-kira ...
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    47%

  • Ngakak!

    13%

  • Wow!

    13%

  • Sedih

    20%

  • Marah

    7%

Share This Article

To:

Cc:

Subject:

7 Smartphone berfitur face unlock, harganya lebih murah dari iPhone X.
Fitur ini diharapkan dapat menjaga privasi pemilik ponsel.
https://www.brilio.net/gadget/7-smartphone-berfitur-face-unlock-harganya-lebih-murah-dari-iphone-x-180110h.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES


Show More Stories
TOP