Brilio.net - Laptop merupakan salah satu kebutuhan bagi banyak orang pada saat ini. penggunanya juga macam-macam mulai dari pelaku bisnis, pekerja kantoran, mahasiswa, bahkan konten kreator. Makanya nggak heran kalau laptop saat ini lagi banyak dicari dan diminati banyak orang.

Memilih laptop seringkali bikin orang awam kebingungan. Banyak sekali istilah asing yang bikin pusing. Belum lagi harganya yang selangit bikin dompet ketakutan. Jika salah pilih spesifikasi, kerjaan malah bisa berantakan.

Nah karena banyak banget pertanyaan ketika membeli laptop, brilio.net pada Minggu (6/2) sudah merangkum 7 rekomendasi laptop Rp 7 jutaan dengan spesifikasi canggih dan terbaru.

1. Acer Aspire 5 A514 54

Rekomendasi_laptop_7jt istimewa

foto: acerid.com

Rekomendasi laptop Rp7 jutaan pertama dimulai dari brand Acer. Seri Acer Aspire dari dulu memang selalu menawarkan spesifikasi tinggi namun dibandrol dengan harga yang bersaing. buat kamu pecinta laptop Acer, bisa banget nih ngelirik laptop satu ini.

Ditenagai oleh processor dari intel generasi 11, yaitu Intel Core i3 1115G4 dengan kecepatan 1.70 GHz up to 4.10 GHz. Jika kebutuhan kalian hanya buat browsing di banyak tab dan editing foto ringan, laptop ini sudah lebih dari cukup dan tentunya anti lelet.

Selain itu, Acer juga menyematkan RAM 4GB DDR 4 3200 Soldered yang udah kencang tentunya. Buat kamu yang ingin upgrade RAM, Acer juga sudah menyematkan 1 slot RAM kosong yang bisa kalian gunakan sebagai opsi upgrade.

Beralih ke bagian penyimpanan, Acer juga sudah menyematkan Storage sebesar 512GB jenis M.2 PCIe generasi 3 yang tentunya sangat cocok buat dikombinasikan dengan processor Core i3 nya. Dan masih tersisa 1 slot kosong untuk storage SATA yang bisa kalian isi dengan HDD atau SSD SATA 2.5.

Sistem operasi pada laptop ini juga sudah menggunakan windos 11 terbaru dan kalian juga sudah mendapat Office Home and Student 2021. Untuk meminang laptop ini kalian perlu menyediakan budget sekitar RP 7.499.000.


2. Asus Vivobook 15 A516

Rekomendasi_laptop_7jt istimewa

foto:asus.com

Menggunakan processor dari intel yakni Intel Core i3 1005G1, laptop ini mempunyaii kecepatan 1.20 GHz up to 3.40 GHz yang disertai dengan intel UHD Graphics. Beralih ke bagian memori, Asus menyematkan RAM sebesar 4GB DDR4 3200 dan masih tersisa 1 slot kosong jika kalian ingin menambah satu keping RAM lagi.

Sedangkan di bagian penyimpanan, Asus menyematkan 2 penyimpanan sekaligus, yaitu 256GB M.2 PCIe gen 3 dan 1TB HDD SATA 5400rpm. Dengan demikian kalian bisa menyimpan data kalian secara luas menggunakan HDD yang tersedia, kalian bisa menggunakan SSD untuk menaruh sistem operasi agar performanya lebih kencang.

Asus menggunakan Windows 10 Home 64 bit, memang bukan yang terbaru, namun masih cukup baru jika digunakan di tahun ini. Sedangkan di bagian Office, Asus sudah menyematkan Office Home and Student 2019. Untuk harga dari laptop ini kalian perlu menyediakan budget sekitar Rp 7.899.000


3. DELL Vostro 3400

Rekomendasi_laptop_7jt istimewa

foto: delljakarta.com

Laptop besutan Dell ini hadir dengan spesifikasi yang cukup OK karena ditenagai dengan Processor dari Intel yakni Intel core i3 1115G4 dengan Intel UHD Graphics serta RAM 4GB DDR 4 2666 yang dapat kalian upgrade 1 keping lagi jika kalian membutuhkannya.

Pada sektor penyimpanan, laptop ini masih menggunakan HDD yang kapasitasnya sangat lega sebesar 1TB, namun jika kalian merasa kurang puas, kalian bisa menambahkan SSD pada slot yang telah disediakan pada laptop ini.

Untuk mendapatkan laptop ini, kalian perlu menyiapkan budget sekitar Rp 7.499.000.

4. LENOVO V14 G2 ITL

Rekomendasi_laptop_7jt istimewa

foto: lenovo.com

Laptop dari lenovo ini menjadi salah satu laptop dengan processor terbaru dari intel. Pasalnya laptop ini ditenagai oleh Intel Core i3 1115G4 dengan kecepatan 1.70 GHz up to 4.10 GHz. yang tentu saja dikombinasikan dengan Intel UHD Graphisc.

Bicara soal RAM, laptop ini disertakan dengan RAM sebesar 4GB DDR4 3200 soldered yang masih dapat di-upgrade karena masih ada 1 slot kosong. Selain itu penyimpanan yang disematkan pada laptop ini menggunakan SSD sebesar 256GB. tidak terlalu besar, namun Lenovo menyematkan 1 slot SSD SATA kosong yang dapat kalian gunakan sebagi opsi tambahan penyimpanan.

Pada sistem operasinya, LENOVO V14 G2 ITL menggunakan Windows 10 Home yang digabungkan dengan Office Home and Student 2019. jadi bagi kalian yang ingin menggunakan laptop ini buat menulis atau pekerjaan kantor, kalian tidak perlu lagi menginstal aplikasi Office karena Lenovo sudah menyediakannya pada laptop ini.

Harga dari LENOVO V14 G2 ITL berkisar pada Rp 7.499.000, jadi persiapkan Budget kalian jika kalian tertarik pada Laptop yang satu ini.

5. LENOVO IDEAPAD SLIM 3i

Rekomendasi_laptop_7jt istimewa

foto: lenovo.com

Masih dari brand Lenovo, kali ini Laptop yang dibahas adalah seri keluarga Ideapad. Dimana laptop ini ditenagai oleh Processor dari Intel yakni Intel Core i3 1005G1 dengan kecepatan 1.20 GHz up to 3.40 GHz disertai dengan intel UHD Graphics.

Performa yang ditawarkan dari laptop ini cukup mumpuni karena dikombinasikan dengan RAM 4GB 3200 Soldered yang dapat di-upgrade, serta penyimpanan SSD sebesar 256GB yang masih dapat ditambah karena Lenovo menyediakan 1 slot SATA kosong.

Beralih ke sistem operasi, Lenovo menyematkan Windows 10 Home yang dikombinasikan dengan Office Home and Student 2019. Dengan spesifikasi demikian kalian bisa banget menggunakan Laptop ini buat keperluan mengetik. Lenovo membandrol harga laptop mereka di kisaran Rp 7.249.000

6. HP 240 G8

Rekomendasi_laptop_7jt istimewa

foto: hp.com

HP merilis produk laptop mereka yang pada kali ini merupakan Laptop yang terjangkau dengan tipe HP 240 G8. Laptop ini ditenagai processor dari intel yakni Intel Core i3 1005G1, laptop ini mempunyai kecepatan 1.20 GHz up to 3.40 GHz.

Selain itu opsi RAM yang dibawakan HP pada Laptop ini terbilang cukup besar yaitu 8GB 3200 yang sudah dual channel. Jadi kalian ngga perlu lagi mikirin opsi upgrade RAM karena sudah cukup lega opsi RAM yang dibawakan HP.

Sedangkan pada bagian penyimpanan, HP menyematkan SSD sebesar 256 GB yang dapat kalian upgrade karena masih terdapat 1 slot SATA kosong yang disediakan HP.

Untuk sistem operasi, laptop ini menggunakan Windows 10 Home yang sayangnya belum dilengkapi dengan Office Home and Student. Jadi kalian perlu menginstall aplikasi tersebut jika kalian membutuhkan laptop ini untuk keperluan mengetik.

Buat kalian yang minat untuk membeli laptop ini, HP membandrol laptop ini dengan harga Rp 7.399.000.

7. HP 245 G8

Rekomendasi_laptop_7jt istimewa

foto: hp.com

Masih di brand HP, laptop kali ini merupakan varian lain dari laptop sebelumnya. yang membedakan laptop ini dengan HP 240 G8 adalah processor yang digunakan. Jika pada Laptop sebelumnya menggunakan Processor dari Intel, maka Laptop kali ini menggunakan Processor AMD.

Ditenagai oleh AMD Ryzen 3 5300U, Laptop ini dapat running di kecepatan 2.66GHz up to 4.0GHz yang dipadukan dengan integrated Graphic AMD Radeon Graphics.

Berbeda dari versi Intel, versi AMD ini dirilis dengan RAM sebesar 4GB 3200. Tapi HP masih menyediakan 1 slot kosong yang dapat digunakan sebagai opsi upgrade. selain itu penyimpanan yang diberikan oleh HP pada Laptop ini sebesar 256GB yang dapat diupgrade karena memiliki 1 slot SATA kosong.

Beralih ke sistem operasi, HP menyematkan Windows 10 Home pada Laptop ini. Sayangnya belum terinstall Office Home and Student pada Laptop ini, jadi bagi kalian yang berminat dengan Laptop ini, kalian perlu menginstall Office agar dapat digunakan untuk keperluan mengetik. Untuk harga yang ditawarkan HP pada laptop ini sebesar Rp 7.099.000

Reporter: Khaamiim Yazid