Brilio.net - Kabar gembira ditujukan untuk para penggemar game Free Fire! Free Fire Max yang telah dinanti-nanti akhirnya sudah bisa dimainkan di Indonesia dan siap membawa pengalaman baru. Game battle royale yang diluncurkan pada Selasa (28/9) lalu ini diklaim memiliki beberapa perbedaan dengan Free Fire versi sebelumnya.

Jika dilihat secara keseluruhan, Free Fire dan Free Fire Max memiliki elemen dan gameplay yang sama. Namun keduanya dikemas dalam dua aplikasi yang berbeda. Ini memunculkan pertanyaan, "lalu apa beda daripada keduanya?" Menjawab pertanyaan ini, Garena mengungkapkan bahwa Free Fire Max membawa sejumlah peningkatan yang tidak dimiliki Free Fire sebelumnya.

Saat memainkan Free Fire Max, pemain akan langsung bisa merasakan adanya perbedaan dari segi grafis seperti tampilan peta yang lebih realistis. Adapun peningkatan lainnya yaitu dengan hadirnya fitur-fitur baru yang eksklusif.

Untuk lebih jelasnya, ini 5 perbandingan Free Fire Max dan Free Fire yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Jumat (1/10).

1. Peningkatan grafis.

7 Perbandingan Free Fire Max dengan Free Fire Garena Free Fire

foto: Garena Free Fire

Seperti yang disebutkan sebelumnya, salah satu perbedaan yang paling terlihat adalah dari segi grafis. Pemain kini bisa lebih leluasa menikmati kecanggihan grafis dari Free Fire Max. Hal ini bisa dilihat dari tampilan objek dan karakter yang memiliki tekstur yang lebih mulus. Ditambah lagi dengan sisi warna yang lebih mencolok.

Meskipun memiliki gameplay yang sama dengan Free Fire orisinil, Free Fire MAX menawarkan pengalaman bertarung yang jauh lebih realistis.

2. Spesifikasi.

7 Perbandingan Free Fire Max dengan Free Fire Garena Free Fire

foto: Garena Free Fire

Tidak seperti Free Fire, Free Fire Max membutuhkan spesifikasi yang smartphone yang lebih tinggi. Hal ini dikarenakan adanya peningkatan kualitas grafis dan gameplay.

Berikut adalah spesifikasi minimum dan rekomendasi untuk memainkan Free Fire Max:

CPU/Model: Dual core 1,2 GHz (Android) atau iPhone 6s (iPhone)

RAM: 2GB (Android)

ROM: 2.5 GB+ (Android) atau 3 GB+ (iPhone)

Versi: Android 4.4 (Android) atau iOS 11 (iPhone)

Sedangkan persyaratan yang direkomendasikan adalah sebagai berikut:

CPU/Model: Octa core 2.0 GHz (Android) atau iPhone 7 (iPhone)

RAM: 4GB (Android)

ROM: 4 GB+ (Android) atau 4 GB+ (iPhone)

Versi: Android 7 (Android) atau iOS 11 (iPhone

3. Ukuran aplikasi.

Semakin canggih grafiknya, semakin besar ukuran filenya. Ukuran file Free Fire pada update OB26 adalah 689 MB, sedangkan Free Fire MAX sebesar 832 MB. Ini hanya file dasar, belum termasuk instalasi tambahan. Jika dihitung, Free Fire Max diperkirakan memakan ruang 3 kali lebih banyak dari versi vanilla, yaitu 1,5 - 2 GB. Mengingat Garena selalu memberikan pembaruan baru secara berkala, pemain diharuskan untuk mempersiapkan memori yang lebih banyak.

4. Jarak tarik.

7 Perbandingan Free Fire Max dengan Free Fire Garena Free Fire

foto: Garena Free Fire

Bagi pemain yang sering merasa kesulitan melihat objek yang terlalu jauh saat bermain Free Fire, maka mereka harus mencoba bermain Free Fire Max. Penampilan di Free Fire Max lebih jelas sehingga pemain bisa mengukur jarak antara diri sendiri dengan objek yang ditargetkan.

Menariknya lagi, ketika dari posisi dan ketinggian tertentu, pemain dapat melihat seluruh peta. Pemain juga bisa menemukan apa yang dicari, seperti kendaraan, airdrop, dan bahkan musuh dari kejauhan. Jadi, untuk pemain sniper yang suka menembak dari jauh, Free Fire Max menjadi pilihan tepat untuk dimainkan.

5. Fitur-fitur baru.

7 Perbandingan Free Fire Max dengan Free Fire Garena Free Fire

foto: Garena Free Fire

Di samping visibilitas, Free Fire Max juga memperkenalkan beberapa fitur tambahan seperti tampilan lobi, efek karakter dan kemampuan, dan masih banyak lagi yang tidak ada di versi Free Fire orisinil. Namun, fitur tambahan ini bukan fitur Pay-to-Win karena tidak akan memengaruhi gameplay.

6. Sinkronisasi akun.

Walaupun Free Fire Max dan Free Fire adalah dua game yang berbeda, pemain bisa bermain bersama dalam satu arena. Hal ini dikarenakan dengan hadirnya teknologi yang dikenal sebagai Firelink.

7. Peningkatan dari segi animasi dan efek suara.

7 Perbandingan Free Fire Max dengan Free Fire Garena Free Fire

foto: Garena Free Fire

Jika di Free Fire karakter terlihat kaku dan tidak natural, pemain tidak akan merasakan itu lagi saat bermain Free Fire Max. Dari gerakan berlari, melompat, hingga merangkak, kini pemain bisa lebih menikmatinya di Free Fire Max.

Tidak hanya itu, Garena juga menambahkan animasi khusus yang ditunjukkan saat pemain mengkonsumsi jamur atau ketika membuka parasut saat terjun ke dalam peta.