Brilio.net - Tahun 2021 menjadi masa WhatsApp mengalami up and down. Setelah awal tahun lalu kehilangan jutaan pengguna karena kebijakan privasi baru, kini WhatsApp kembali memunculkan inovasi-inovasi baru untuk tetap memberikan pelayanan terbaik bagi penggunanya.

Diperkirakan pada akhir 2021, WhatsApp akan melakukan banyak pembaharuan. Mulai dari digantinya "Delete my account" ke opsi “Log out,” hingga akan adanya fitur yang mirip dengan Instagram Reels.

Sebagai pengguna WhatsApp, tentunya ini menjadi kabar baik. Nah, untuk lebih lanjutnya, ini tujuh fitur WhatsApp yang akan hadir pada akhir 2021 mendatang yang dihimpun brilio.net dari situs resmi WABetaInfo dan sumber-sumber lain pada Kamis (30/9).

1. 'Instagram Reels'.

Semenjak aplikasi pembuatan video pendek mulai mendapatkan popularitas di seluruh dunia, tidak dipungkiri telah terjadi lonjakan tinggi dengan banyaknya aplikasi semacam itu. Tidak hanya Instagram, Facebook juga meluncurkan fitur Instagram Reels yang terinspirasi dari konsep yang sama. Sekarang, dilaporkan bahwa Facebook berencana untuk mengadakan Instagram Reels ke WhatsApp.

Walaupun konsepnya belum diketahui, saat ini pengguna hanya bisa berspekulasi. Entah fitur ini akan benar-benar baru di WhatsApp, menggantikan status, atau ditautkan ke profil Instagram dan menampilkan tab Reels itu di WhatsApp.

2. Gambar WhatsApp yang menghilang.

7 Fitur WA ini rilis akhir 2021, bakal ada 'Instagram Reels' berbagai sumber

foto: WABetaInfo

Setelah sebelumnya WhatsApp mengadakan fitur "disappearing messages," kini platform perpesanan ini berencana menghadirkan fitur "disappearing media", di mana pengguna dimungkinkan untuk mengirim media yang menghilang. Dengan fitur ini, pengguna akan dapat mengirim foto dan video di WhatsApp.

Seperti yang telah dilaporkan oleh WaBetaInfo, fitur ini sedang diuji untuk platform Android dan iOS dan akan segera diluncurkan untuk semua pengguna. Sesuai laporan, pengguna tidak akan dapat menyimpan media yang hilang di ponsel mereka dan juga tidak dapat meneruskan foto-foto ini ke orang lain.

3. Dukungan multi perangkat.

7 Fitur WA ini rilis akhir 2021, bakal ada 'Instagram Reels' berbagai sumber

foto: WABetaInfo

Seperti yang diketahui, saat ini pengguna WhatsApp belum bisa menggunakan nomor yang sama di dua atau lebih perangkat. Memang bisa menggunakan WhatsApp Web, tapi pengguna tetap membutuhkan nomor WhatsApp-nya untuk bisa masuk ke dalam akunnya di perangkat yang lain. Selain itu, ini hanya mengizinkan satu perangkat tambahan dan pengguna bisa menggunakannya di ponsel atau PC sekunder mereka.

Untuk tetap memberi kenyamanan pada penggunanya, WhatsApp sedang mengerjakan fitur dukungan multi perangkat yang segera dirilis dalam versi Beta.

4. Pesan audio WhatsApp maju cepat.

Saat ini, ketika pengguna mengirim atau menerima pesan audio, mereka hanya bisa mendengarnya dengan kecepatan normal. Kadang-kadang ada pesan audio yang panjang yang akan memakan waktu seseorang saat mendengarkannya. Untuk mengantisipasi ini, WhatsApp akan menghadirkan kemampuan untuk memajukan pesan audio dengan cepat. Dari pembaruan baru, pengguna akan dapat mendengarkan pesan audio dengan kecepatan 1,5x atau 2x.

5. Baca nanti dan mode liburan.

7 Fitur WA ini rilis akhir 2021, bakal ada 'Instagram Reels' berbagai sumber

foto: WABetaInfo

Sekarang pengguna sudah dibekali dengan WhatsApp Archive, sebuah fitur yang memungkinkan pengguna menyembunyikan obrolan dan bisa membacanya kapan saja. Kini pengguna WhatsApp akan dipermudah lagi dengan digantinya fitur ini dengan nama fitur "Baca Nanti" dan akan digabungkan dengan mode liburan baru.

Jadi, ketika pengguna memasukkan nomor mereka ke "Mode liburan," mereka tidak akan menerima pesan apa pun secara langsung di kotak masuknya dan mereka akan beralih ke opsi "Baca nanti" yang bisa dibaca kapan pun. Pengguna juga bisa memilih beberapa kontak seperti keluarga dan teman yang masih dapat mengirimkan pesan di kotak masuknya.

6. Gabung grup panggilan tak terjawab.

7 Fitur WA ini rilis akhir 2021, bakal ada 'Instagram Reels' berbagai sumber

foto: WABetaInfo

Sesuai laporan dari WABetaInfo, WhatsApp juga berencana untuk meningkatkan fitur panggilan grupnya dengan menyuguhkan fitur yang memungkinkan pengguna bergabung dengan panggilan video atau audio grup yang dilewatkan. Sebagai contoh, jika seseorang telah mengundang kamu untuk bergabung dengan panggilan grup dan kamu tidak bisa bergabung pada saat itu, maka kamu bisa bergabung dengan panggilan yang sedang berlangsung di antaranya. Kabarnya, fitur 'Gabung Panggilan Tak Terjawab' akan memiliki dua opsi yaitu abaikan dan lewatkan.

7. Memindahkan obrolan WhatsApp antara Android dan iOS.

7 Fitur WA ini rilis akhir 2021, bakal ada 'Instagram Reels' berbagai sumber

foto: WABetaInfo

Aplikasi yang sudah dimiliki oleh Facebook ini akan segera mengizinkan kemampuan untuk memindahkan obrolan pengguna dari Android ke iOS dan sebaliknya. Sampai sekarang, tidak ada cara langsung untuk memindahkan obrolan WhatsApp kamu ke platform lain. Beberapa aplikasi pihak ketiga memungkinkan pengguna melakukan itu tetapi menurut WhatsApp, ini tidak legal.

Namun dengan fitur baru yang akan datang ini, pengguna akan dapat memindahkan obrolan WhatsApp mereka dari Android ke iOS atau dari iOS ke Android. Ini akan sangat membantu bagi pengguna yang mengganti ponsel mereka.

Sebagai informasi tambahan, selain ketujuh poin tersebut, ternyata WhatsApp juga berencana menghilangkan fitur “Delete my account” dan akan diganti dengan opsi “Log out.” Daripada harus menghapus akun, opsi ini akan memungkinkan pengguna untuk keluar dari akun WhatsApp dari perangkat mereka. Ini sama halnya dengan Facebook dan aplikasi jejaring sosial lain. Fitur ini baru terlihat pada versi beta baru dan dikatakan oleh WABetaInfo akan segera diluncurkan ke versi iOS dan Android. Menariknya lagi, fitur ini memungkinkan pengguna untuk menggunakan akun mereka di beberapa perangkat secara bersamaan.

-

INFOGRAFIS FITUR WHATSAPP TERBARU AKHIR 2021 © 2021 brilio.net

INFOGRAFIS FITUR WHATSAPP TERBARU AKHIR 2021
© 2021 brilio.net/Bayu Kurniawan