Brilio.net - Smartphone atau ponsel pintar merupakan salah satu alat yang dapat menunjang kegiatan sehari-hari. Smartphone digunakan baik untuk alat komunikasi maupun untuk keperluan lain.

Saking canggihnya ponsel pintar, kamu dapat mengunduh berbagai macam aplikasi, baik aplikasi yang sifatnya penting maupun aplikasi pendukung. Saat ini smartphone juga didukung oleh perangkat penyimpanan berkapasitas besar, sehingga kamu dapat menyimpan berbagai macam file.

Namun, salah satu persoalan yang sering terjadi ialah munculnya file sampah yang memenuhi penyimpanan. File sampah tersebut kadang muncul dari berbagai sumber, baik aplikasi maupun sumber lain. Tiba-tiba ruang penyimpanan menjadi penuh, dan berpengaruh pada performa smartphone.

Nah, salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengunduh aplikasi yang dapat membersihkan sampah. Brilio.net telah merangkum dari Play Store, Jumat, (21/1), 7 aplikasi pembersih sampah di smartphone.

1. Phone Cleaner- Cache Clean, Android Booster Master

Aplikasi pembersih sampah smartphone © 2022 brilio.net

foto: Play Store/Phone Cleaner- Cache Clean, Android Booster Master

Phone Cleaner, menawarkan beragam fitur yang dapat meningkatkan performa ponselmu. Ia memiliki fitur-fitur seperti cache cleaner, speed booster dan memory booster. Selain dapat membersihkan sampah, aplikasi ini juga dapat mendinginkan CPU sekaligus menghemat penggunaan baterai.

2. Phone Master–Junk Clean Master

Aplikasi pembersih sampah smartphone © 2022 brilio.net

foto: Play Store/Phone Master–Junk Clean Master

Aplikasi selanjutnya ialah Phone Master. Ia memiliki fitur seperti membersihkan cache dan RAM boost speed. Ia mampu membersihkan gambar, video, audio, dan paket instalasi yang tidak diinginkan, sehingga ruang penyimpanan menjadi longgar. Selain itu, Phone Master juga dapat berfungsi sebagai antivirus, yang dapat melindungi ponsel pintarmu.

3. CCleaner: Cache Cleaner, Phone Booster, Optimizer

Aplikasi pembersih sampah smartphone © 2022 brilio.net

foto: Play Store/CCleaner: Cache Cleaner, Phone Booster, Optimizer

CCleaner merupakan aplikasi pembersih sampah yang populer. Ya, hal ini karena ia dapat mempercepat ponsel, serta membersihkan sampah dengan aman. Berbagai file yang tidak diinginkan seperti cache aplikasi, folder unduhan, riwayat browser, konten papan klip, dan sebagainya dapat dihapus melalui CCleaner. Aplikasi ini juga cukup simpel dan mudah digunakan, sehingga banyak diminati oleh pengguna.

4. AVG Cleaner – Junk Cleaner, Memory & RAM Booster

Aplikasi pembersih sampah smartphone © 2022 brilio.net

foto: Play Store/AVG Cleaner – Junk Cleaner, Memory & RAM Booster

Selain antivirus, AVG juga mengeluarkan produk yang mampu membersihkan sampah di smartphone. Melalui aplikasi ini, kamu dapat membuat ponselmu berjalan lebih cepat dan lancar. Kamu juga dapat menyimpan lebih banyak data, kemudian mengosongkan memori dengan membersihkan sampah. Selain itu, kamu juga dapat menghemat penggunaan baterai dengan memanfaatkan aplikasi ini.

5. Junk Cleaner

Aplikasi pembersih sampah smartphone © 2022 brilio.net

foto: Play Store/Junk Cleaner

Junk Cleaner adalah aplikasi selanjutnya yang dapat kamu pilih untuk membersihkan sampah di ponselmu. Selain pembersih sampah, ia juga menawarkan beragam fitur lainnya seperti phone booster, battery saver, dan CPU Cooler. Kamu juga dapat mengaktifkan fitur game booster, sehingga ponselmu dapat lebih optimal ketika digunakan untuk bermain game.

6. One Booster - Antivirus, Booster, Phone Cleaner

Aplikasi pembersih sampah smartphone © 2022 brilio.net

foto: Play Store/One Booster - Antivirus, Booster, Phone Cleaner

One Booster adalah aplikasi yang membantu mengosongkan ruang penyimpanan. Ia bekerja dengan menghapus file sampah, residu, dan cache yang memperlambat ponsel. One Booster juga memiliki fitur memindai virus di semua aplikasi, memblokir dan menghapus virus, trojan, dan melindungi privasimu. Ia juga dapat membantu menghemat daya baterai dan memperpanjang masa pakainya dengan mematikan sementara aplikasi yang sedang berjalan.

7. Avast Cleanup & Boost, Phone Cleaner, Optimizer

Aplikasi pembersih sampah smartphone © 2022 brilio.net

foto: Play Store/Avast Cleanup & Boost, Phone Cleaner, Optimizer

Tidak hanya AVG, Avast juga tidak mau kalah dengan mengembangkan aplikasi yang dapat membersihkan sampah. Ia dapat membersihkan sampah yang memenuhi ruang penyimpanan, yaitu dengan menghapus file yang tidak perlu, seperti cache aplikasi, file sementara, atau data sisa.

Avast Cleanup dapat melihat aplikasi mana yang paling banyak memakan ruang, serta mengidentifikasi dan menghapus aplikasi yang tidak lagi digunakan. Ia juga dapat meningkatkan performa RAM, sehingga dapat mempercepat proses smartphone milikmu.

 

 Reporter: Ferdian Ahya Al Putra