Brilio.net - Pernahkah kamu mengalami kendala tombol power di HP susah digunakan? Kebanyakan, hal ini diakibatkan kamu sering menekan tombol power tersebut untuk mematikan layar HP saat sudah tidak dipakai lagi.

Bagi sebagian orang, hal ini memang sangat menjengkelkan sehingga langsung dibawa ke tempat servis HP tanpa berpikir panjang lebar. Namun sebenarnya, ada beberapa cara efektif yang bisa pengguna lakukan lho perihal menyalakan HP meski tombol power rusak. Tentunya, dengan cara ini kamu bisa lebih hemat dan tak perlu repot-repot membawa ke counter servis, bukan?

Daripada makin penasaran, langsung saja berikut brilio.net himpun dari beragam sumber, Kamis (9/12), enam cara menghidupkan ponsel Android yang tidak bisa menyala karena tombol power rusak.

1. Gunakan tombol lain yang ada di HP.

6 Cara hidupkan Android bila tombol power rusak © 2021 brilio.net

foto: Unsplash

Salah satu cara yang bisa digunakan ketika layar HP mati adalah dengan menggunakan tombol lain yang ada di HP selain power, seperti tombol volume. Cara ini sangat ampuh apabila tombol power HP kamu tidak bisa dipakai lagi.

Namun bagaimana dengan ponsel pintar yang tidak bisa menyala dengan menekan tombol volume? Tenang dulu, karena ada aplikasi yang bakal bisa bantu kamu. Cari dan instal aplikasi bernama "Power Button to Volume Button" di Play Store. Aktifkan fitur untuk menyalakan HP dengan menggunakan tombol volume, dan selesai.

2. Mencolok dengan benda tajam.

6 Cara hidupkan Android bila tombol power rusak © 2021 brilio.net

foto: Pexels

Terkadang, tombol power yang rusak tidak sepenuhnya rusak. Pasalnya, hanya tombol bagian luar saja yang sudah sering digunakan sehingga bila ditekan sekali pun akan susah bereaksi. Hal ini akan menyisakan bagian karet pada bagian dalam masih bisa ditekan.

Namun dalam hal tersebut, terkadang tombol karet tersebut susah untuk dijangkau oleh jari manusia. Untuk itu, brilio.net sarankan untuk mencoloknya dengan benda tajam. Kamu bisa memanfaatkan benda tajam seperti tusuk gigi maupun peniti untuk menggapainya.

3. Menggunakan sensor biometrik.

6 Cara hidupkan Android bila tombol power rusak berbagai sumber

foto: shutterstock.com/Esa Riutta

Smartphone zaman sekarang meski kelas entry level pun, pastinya sudah kebagian sensor biometrik untuk meng-unlock HP. Mulai dari smartphone kelas bawah besutan Samsung, Oppo, hingga Vivo, tentunya sudah ada fitur aksesibel ini.

Selain sensor biometrik, fitur pembuka HP sekarang bisa dilengkapi dengan face scanner unlock hingga irish unlock. Metode-metode pembuka HP inilah yang bisa menjadi solusi bila tombol power pada HP susah untuk ditekan.

4. Cobalah isi daya atau charge HP.

6 Cara hidupkan Android bila tombol power rusak © 2021 brilio.net

foto: Pixabay

Bila kamu memulai isi daya atau charge, HP kamu otomatis akan menyala dengan sendirinya, bukan? Cara ini dikhususkan bagi kamu yang nggak mau ribet untuk menyalakan HP yang tombol powernya rusak.

Setelah HP menyala karena tersambungkan dengan charger, kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mengunduh aplikasi menyalakan HP dengan menekan tombol volume. Sama seperti poin pertama, aplikasi tersebut bernama "Power Button to Volume Button" yang bisa diunduh secara gratis di Play Store.

5. Gunakan fitur Double Tap to Wake.

6 Cara hidupkan Android bila tombol power rusak © 2021 brilio.net

foto: Unsplash

Bagi kamu yang beli HP model kekinian, pasti sudah ada fitur Double Tap to Wake bawaan langsung dari smartphone. Sebenarnya, fitur ini sangat berguna untuk menghemat tombol power kamu agar tidak keseringan ditekan. Namun bila sudah terlanjur rusak, kamu tetap saja bisa menggunakan fitur ini.

Bagaimana bila tidak ada fitur tersebut pada HP yang dipakai? Tenang saja, karena di Play Store juga telah disediakan fitur dengan mengetuk HP dua kali dan layar akan menyala. Cukup cari dan instal aplikasi bernama "Double Tap Screen On" di Play Store. Aktifkan fitur dan aplikasi tersebut dan selesai, kamu bisa menyalakan HP berulang kali tanpa menggunakan tombol power.

6. Menggunakan PC.

6 Cara hidupkan Android bila tombol power rusak © 2021 brilio.net

foto: Unsplash

Sama seperti cara keempat, kamu bisa menyalakan layar HP kamu dengan menyambungkan dengan PC melalui kabel USB. Namun bagaimana bila HP ternyata mati total? Tenang kamu bisa menginstal software Minimal ADB and Fastboot pada PC kamu. Namun, pastikan HP kamu sudah ada fitur USB debugging. Simak cara lengkapnya sebagai berikut:

1. Buka aplikasi Minimal ADB and Fastboot pada PC.
2. Tahan tekan volume down pada HP yang mati total.
3. Sambungkan ponsel pintar dengan PC.
4. Kembali ke Minimal ADB and Fastboot pada PC > Klik Enter pada perintah "adb devices."
5. Setelah perangkat sudah terhubung, Klik Enter perintah selanjutnya "fastboot reboot." HP kamu yang mati akan menyala seperti semula.