Brilio.net - Sebagai salah satu benda yang digunakan untuk keperluan sehari-hari, apakah Sobat Brilio pernah menyempatkan waktu untuk mengecek bodi HP keseluruhan? Apalagi bagi kamu yang memakai casing HP, sempatkah membuka casing dan melihat tubuh smartphone kesayangan kamu?

Meski secara internal HP berfungsi dengan baik, namun secara eksternal bodi HP kamu perlu juga diperhatikan. Pasalnya, bisa saja ponsel pintar kamu kotor atau bahkan jamuran lho.

Salah satu pemicu adanya jamur pada ponsel kamu adalah penempatan ponsel di ruang yang kurang udara. Tentunya hal ini bakal memicu bakteri pada tangan kamu dan akan berakibat fatal bila tidak ditangani dengan baik.

Untungnya, saat ini banyak juga lho metode-metode yang bisa dilakukan pengguna untuk membersihkan HP agar terbebas dari jamuran. Dirangkum brilio.net dari beragam sumber pada Selasa (7/12), berikut 11 cara membersihkan jamur di smartphone kamu:

1. Menggunakan sabun cuci piring

Siapa yang sangka membersihkan jamur di HP bisa se-simpel menggunakan sabun cuci piring? Caranya pun cukup mudah, lepas casing HP kamu, bersihkan casing maupun luaran HP, lebih baik lagi jika menggunakan sikat, bilas menggunakan air bersih, dan keringkan dengan kain kering.

2. Menggunakan alkohol

Membersihkan HP paling ampuh dengan alkohol. Cukup buka kotak P3K di rumah, keluarkan alkohol tersedia, basahi dengan kain, dan bersihkan silikon maupun bodi HP kamu hingga kinclong. Sudah selesai, smartphone kamu akan terbebas dari kotoran jamur.

3. Menggunakan pasta gigi

Selain dibuat menggosok gigi, poin plus lain dari pasta gigi adalah dapat membersihkan HP kamu. Cukup bersihkan HP kamu pakai pasta gigi dengan kain yang bersih, gosok perlahan hingga bersih, dan keringkan menggunakan kain bersih lainnya.

4. Menggunakan sinar Phonesoap's UV Charger

Metode tercanggih untuk menghilangkan jamur pada smartphone adalah menggunakan sinar Phonesoap's UV Charger yang biasanya bisa digunakan melalui tempat service HP. Namun, buat kamu yang penasaran dan telah membeli Phonesoap s UV Charger, kamu bisa memasukkan HP yang berjamur ke dalam alat tersebut, aktifkan tombol ON, dan tunggu hingga alat tersebut memproses membersihkan kotoran.

5. Menggunakan minyak kayu putih

Metode lain yang bisa digunakan adalah dengan minyak kayu putih. Cukup oleskan minyak kayu putih ke tisu, gosokkan ke HP yang ada kotorannya hingga bersih, dan gunakan kain bersih untuk mengeringkan HP tersebut.

6. Menggunakan handwash

Handwash merupakan sabun pencuci tangan bebas kuman dan bakteri. Namun, kamu juga bisa menggunakannya untuk menghilangkan jamur di smartphone.

Untuk membersihkan HP, tuangkan handwash ke kain bersih, usapkan ke bodi HP untuk membersihkan. Setelah itu, keringkan HP tersebut dengan lap kering.

7. Menggunakan hand sanitizer

Sama seperti handwash, hand sanitizer juga memiliki fungsi agar tangan bebas dari kotoran maupun bakteri. Hal serupa dapat untuk menghilangkan kotoran pada HP. Caranya cukup mudah, cukup bilas tisu dengan hand sanitizer, gosok dan bersihkan HP hingga bersih, dan keringkan dengan kain kering yang bersih.

8. Menggunakan tisu basah

Siapa sangka untuk membersihkan jamur di HP bisa semudah dengan tisu basah? Yup, tisu basah memiliki fungsi sebagai pewangi sehingga dapat membersihkan kotoran. Cukup gosokkan tisu basah pada bodi ponsel pintar kamu. Setelahnya, gunakan tisu untuk mengeringkan HP tersebut.

9. Menggunakan baking soda

Selanjutnya, menghilangkan jamur bisa menggunakan bahan makanan yaitu baking soda Caranya, cukup campur baking soda dengan air dan aduk, gosoklah campuran baking soda ke bodi HP. Selanjutnya, ambil kain yang sedikit dibasahi dengan air bersih untuk menghilangkan baking soda dan selesai, kamu tinggal mengeringkan HP kamu.

10. Menggunakan beras kering

Jamur yang membandel dan menempel di bodi kamu bisa dihilangkan dengan beras kering lho. Cukup taruh smartphone kamu yang kotor ke dalam beras kering. Setelah beberapa saat, angkat HP dan bersihkanlah HP dengan kain bersih.

11. Selalu buka dan bersihkan casing HP secara berkala

Smartphone yang dilindungi casing lebih banyak mengundang jamur. Metode terakhir ini, kamu harus selalu perhatikan casing HP kamu. Pasalnya, bila kotor dan berada di tempat yang lembab, HP kamu akan berpotensi jamuran sehingga bisa mengotori casing dan HP kamu.

Cara mencegahnya cukup mudah, pastikan HP kamu selalu berada di udara yang terbuka saja. Dan bila ada kotoran, kamu bisa membersihkannya dengan metode-metode di atas.