Brilio.net - Sejak media sosial hadir sebagai kebutuhan, foto jadi salah satu media penting bagi banyak orang. Nggak heran kalau akhirnya banyak yang mencoba menghasilkan foto terbaik untuk diunggah ke media sosial.

Terlebih pada momen-momen spesial, seperti Imlek. Nggak sedikit yang berlomba-lomba memotret suasana berbau Imlek sebagai konten di media sosial. Mulai dari acara kumpul keluarga, tempat publik yang didekorasi tema Imlek, hingga gaya outfit of the day (OOTD) pada hari Imlek.

Nggak sekadar mengabadikan momen atau menyampaikan pesan tertentu, kini foto juga harus memiliki nilai artistik. Meski tidak tertulis, foto-foto dengan nilai artistik seakan sudah membentuk sebuah standar tersendiri di media sosial. Biasanya anak muda melabeli jenis foto ini dengan istilah estetik.

Meski begitu, foto estetik tidak tercipta begitu saja. Ada beberapa usaha yang harus dilakukan, mulai dari teknik pengambilan gambar hingga cara mengedit foto.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Nah, kali ini brilio.net bakal bantu kamu mengedit foto biasa menjadi estetik. Caranya gampang, cukup ikuti lima trik mudah berikut yang dilansir dari berbagai sumber, Jumat (12/2). Dengan trik mudah ini, pemula pun pasti langsung jago, deh!

1. Atur ulang pencahayaan, warna, dan kontras.

5 Trik mudah edit foto biasa jadi estetik, pemula pasti langsung jago berbagai sumber

foto: brilio.net

Kebanyakan orang mungkin terbiasa menggunakan mode auto atau otomatis saat memotret. Khususnya ketika memotret dengan smartphone. Akhirnya, nggak jarang hasil foto yang didapat kurang sesuai keinginan.

Lewat proses editing, masalah ini bisa diatasi. Kamu bisa kembali mengatur pencahayaan, seperti tingkat kecerahan (exposure) dan perbedaan cahaya (contrast) foto. Coba utak-atik exposure dan contrast hingga foto terlihat seperti yang kamu inginkan. Yang perlu kamu ingat, semakin tinggi tingkat kecerahan, semakin tinggi juga efek noise pada foto.

Selain exposure dan contrast, kamu juga bisa bermain dengan warna foto untuk membuat ciri khas. Gunakan color balance untuk mengubah warna foto menjadi tone kebiruan, kekuningan, atau hitam-putih. Nggak jarang, aplikasi edit foto juga menyediakan beberapa tone warna otomatis yang bisa kamu gunakan.

2. Edit komposisi dan posisi foto.

5 Trik mudah edit foto biasa jadi estetik, pemula pasti langsung jago berbagai sumber

foto: brilio.net

Pernah mengalami momen minta foto ke teman tapi hasilnya nggak bagus? Kalau sudah begini, rasanya ingin marah tapi cuma bisa ngelus dada. Komposisi dan posisi jadi masalah yang sering ditemukan saat momen tersebut. Entah foto yang miring atau foto 'bocor' karena ada objek lain yang seharusnya tidak masuk frame.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa mengedit dengan teknik level atau straighten saat editing foto. Garis horizon yang biasanya langsung terlihat pada teknik ini akan membantumu mengatur posisi foto. Nggak sekadar meluruskan foto, kamu juga bisa bermain angle untuk menciptakan foto estetik.

Selain itu, gunakan teknik cropping untuk mempercantik hasil foto. Teknik ini memungkinkanmu memilah bagian foto mana yang ingin ditampilkan dan tidak. Dengan teknik cropping, kamu bisa membuat fotomu terlihat lebih proporsional.

3. Gabungkan dua foto dengan efek double exposure.

5 Trik mudah edit foto biasa jadi estetik, pemula pasti langsung jago berbagai sumber

foto: Oppo Reno5

Trik mudah lain untuk membuat foto biasa jadi lebih estetik bisa dengan menggunakan efek double exposure. Efek fotografi ini menggabungkan dua foto berbeda menjadi satu. Efek ini biasanya bisa dihasilkan dengan proses editing lewat Adobe Photoshop.

Eits, tapi kini kamu nggak perlu ribet lagi pakai Adobe Photoshop. Dengan fitur AI Mixed Portrait milik Oppo Reno5, kamu bisa menghasilkan efek ini hanya dengan satu kali klik. Fitur canggih yang langsung tersedia saat kamu membuka kamera ini mengarahkanmu untuk mengambil foto pemandangan dan foto portrait yang kemudian digabungkan jadi satu. Hasilnya, kamu langsung memiliki foto double exposure yang estetik.

4. Hasilkan foto unik dengan teknik color splash (selective coloring).

5 Trik mudah edit foto biasa jadi estetik, pemula pasti langsung jago berbagai sumber

foto: brilio.net

Teknik color splash atau selective coloring jadi salah satu trik mudah mengedit foto biasa menjadi estetik. Teknik yang menyeleksi sebagian objek untuk diwarnai ini akan memperindah foto dalam seketika. Dengan teknik ini, kamu juga bisa menciptakan titik fokus dalam sebuah foto.

Tanpa Adobe Photoshop, kini kamu bisa menghasilkan efek selective coloring dengan fitur AI Color Potrait dari Oppo Reno5. Kecerdasan AI dalam fitur ini bakal bikin fotomu estetik dengan menunjukkan latar belakang yang hitam-putih tapi objek tetap berwarna. Menariknya, kamu bisa memilih beberapa objek yang akan berwarna dalam satu foto.

5. Manfaatkan efek bokeh dari kamera smartphone.

5 Trik mudah edit foto biasa jadi estetik, pemula pasti langsung jago berbagai sumber

foto: Instagram/@oppoindonesia

Sejak jadi tren beberapa tahun lalu, efek bokeh kini mudah ditemukan di beberapa smartphone. Efek yang merujuk pada kualitas keindahan dari area out-of-focus ini bisa bikin hasil foto langsung terlihat estetik. Nggak heran kalau efek bokeh kerap jadi andalan untuk menghasilkan foto yang menarik.

Cahaya jadi salah satu komponen penting untuk mendapat efek bokeh yang mumpuni. Biar maksimal, manfaatkan fitur bokeh dari Oppo Reno5 yang hasilnya lebih natural dan jernih.

Gimana nggak lebih jernih? Oppo Reno5 dibekali empat kamera canggih yang terdiri dari 64MP Main Camera F1.7, 8MP Ultra-wide angle Camera F2.2, 2MP Macro Camera F2.4, dan 2MP Mono Camera F2.4. Dengan sekali jepretan, kamu sudah bisa memiliki foto efek bokeh yang bakal mendulang like dan komen di media sosial.

Kabar baiknya, lagi ada promo menarik dari Oppo. Setiap pembelian Oppo Reno5 versi 4G, kamu akan mendapatkan tambahan 3in1 Giftbox berupa smartwatch, bluetooth headset, dan phone holder senilai Rp 1.000.000. Untuk informasi lebih lanjut tentang promo ini bisa kamu dapatkan di sini.

Masih penasaran sama detail Oppo Reno5? Klik di sini buat mengetahui kecanggihan fitur-fitur Oppo Reno5.

(brl/tin)