Brilio.net - Buat para gamers, Valorant permainan bergenre First Person Shooter (FPS) mungkin sudah tidak asing. Kendati game besutan Riot Games ini terbilang baru, namun game tersebut cukup menarik perhatian.   

Apalagi, sejak diluncurkan secara resmi 2 Juni 2020 lalu, game ini sudah menghadirkan empat map yang bisa dimainkan para pecinta FPS taktis. Keempat peta tersebut adalah Ascent, Bind, Split, dan Haven.

Dari keempat map tersebut, Haven menawarkan konsep baru melalui sistem tiga buah objektif yang bisa diraih penyerang. Secara umum konsep dasar peta game FPS taktis menghadirkan tiga jalur dengan Site A dan B di kiri dan kanan, serta jalur tengah sebagai area netral yang diperebutkan.

Namun, Haven berbeda. Diciptakan tidak hanya memiliki tujuan di tepi peta tetapi juga di tengah garis atau area tengah peta. Dengan konsep unik ini, wajar saja bagi sebagian pemain yang sudah memiliki pengalaman di game FPS taktis lain, mungkin agak kewalahan untuk bermain di map Haven.

Agar kalian tidak tersesat ketika bermain di map Haven saat sedang push rank, ataupun bermain santai bersama teman-teman, nggak ada salahnya mengunjungi feedeed.com, salah satu blog game untuk mendapatkan berbagai informasi menarik yang akan membuat kamu menang dengan mudah saat bermain game.

Loading...

Nah berikut beberapa hal mengenai map Haven yang perlu kamu ketahui sebelum bermain Valorant.

1. Apa sih Map Haven

5 Tips bermain Valorant © 2021 brilio.net

Keunikan Haven adalah terdapat tiga situs objektif yang bisa ditangkap penyerang. Tujuan pertama adalah Situs A, yang dapat diakses penyerang dengan berjalan ke pintu paling kanan setelah keluar dari posisi bertelur.

Di ujung kanan pintu, kamu akan menghadapi dua pintu lagi. Pintu pertama adalah A Short (Sewer), yang merupakan jalan setapak yang akan ditemukan tepat di depan kamu. Pintu kedua adalah A Long yang merupakan garis lurus panjang, yang dapat kamu temukan dengan berbelok ke kanan di dinding pemijahan.

2. Tugas pembela

5 Tips bermain Valorant © 2021 brilio.net

Sebagai pembela, kamu dapat mengakses Situs A dengan berjalan ke kiri. Tempat tinggi yang memungkinkan kamu melihat seluruh bagian Situs A. Kembali ke bawah tangga, jika kamu lurus lagi akan menemukan tangga kecil. tunnel (A Tunnel), yang memberi akses ke area Situs A.

Situs tujuan kedua adalah Situs B, yang dapat diakses dengan dua cara. Sebagai penyerang, cara pertama untuk mengakses Situs B adalah berjalan ke kiri spawn, lalu tepat di depan kamu adalah tempat terbuka besar, yang disebut Mid Courtyard. Cara kedua adalah berjalan ke pintu kedua di sebelah kiri pintu paling kanan.

3. Tugas defender

5 Tips bermain Valorant © 2021 brilio.net

Sebagai defenders, kamu dapat berjalan ke kanan atau ke kiri jika ingin menuju ke Site B. Jika berjalan ke kiri. Dari A Link kamu bisa berbelok ke kanan dan mencapai Situs B jika kamu menemukan kotak besar. 

Jika kamu berjalan ke kanan, ikuti lorong besar tersebut sampai menemukan pertigaan. Jika kamu terus ke kanan akan mencapai Situs C. Jika langsung melalui pintu, kamu akan mencapai C Window (Garage). Sedangkan Site B bisa kamu temukan jika berbelok ke kiri, dan Site B adalah ruangan yang berisi kotak besar.

Situs obyektif ketiga adalah Site C. Sebagai penyerang hanya ada satu jalur utama menuju Site C yaitu belok kiri dan ikuti jalan tersebut, maka kamu akan menemukan jalan yang panjang (yang biasanya diisi sniper dari defenders) bernama C Panjang.

4. Memilih agen

5 Tips bermain Valorant © 2021 brilio.net

Dalam game level rendah, pemilihan karakter atau yang dikenal sebagai agen mungkin tidak sepenuhnya penting. Selama bisa membidik dengan baik, kamu tetap memiliki peluang menang yang besar meski belum sepenuhnya paham cara bermain sebagai agen.

5. Memaksimalkan keterampilan agen

5 Tips bermain Valorant © 2021 brilio.net

Saat peringkat permainan meningkat, kamu harus lebih memeras otak dalam memaksimalkan pemilihan, serta penggunaan keterampilan agen, dan menemukan taktik paling efektif yang tersedia atau META. Omen dan Jett adalah dua agen serbaguna yang efektif di hampir semua peta Valorant.