Brilio.net - Memiliki handphone atau HP sekarang ini sudah menjadi kebutuhan primer, hal ini bisa dilihat, di mana hampir semua orang memiliki handphone dengan berbagai merek terkenal mapun merek murah yakni buatan Cina. Bagi setiap orang tentunya menganggap bahwa handphone menjadi alat komunikasi paling top dan keren untuk sekarang ini.

Melihat tingginya pasar akan minat seseorang terhadap handphone, membuat para produsen smartphone bersaing keras untuk bisa menjual produk mereka kepasaran, tentunya dengan memberikan berbagai keunggulan berkelas dan sesuai dengan tren zaman.

Model berkelas dan fitur lengkap serta teknologi tinggi saja tidak cukup, harga juga menjadi persoalan. Oleh karenanya persaingan harga juga cukup tinggi, hal ini agar produk mereka bisa laris dan dilirik oleh masyarakat.

Dilansir brilio.net dari merdeka.com, Senin (17/6), di mana hasil penelusuran ke tempat penjualan handphone di ITC Kuningan menemukan sejumlah smartphone yang paling dicari dan dibeli hingga pertengahan Juni 2019. Penjualan tidak mengerucut pada warga Jakarta saja, sebab, penjual juga memasarkan produknya dengan daring atau melalui e-commerce. Berikut daftarnya.

Handphone apa saja yang paling dicari? Berikut lansiran brilio.net dari merdeka.com, Senin (17/6).

1. iPhone.

adasd © 2019 brilio.net

foto: cnet.com

Seperti yang diketahi iPhone memang merupakan salah satu banyak diminati. Bahkan telepon pintar dari Apple Inc ini menduduki nomor pertama dari jajaran smartphone yang paling dicari. Dilansir dari merdeka.com, pedagang HP ITC Kuningan Rony mengatakan alasan orang memilih iPhone lantaran kinerja prosesornya yang bagus.

"Banyak dipilih karena tidak nge-lack, maksudnya software-nya bagus. Meskipun RAM-nya kecil tapi oke. Tidak lemot," katanya saat ditemui merdeka.com, di ITC Kuningan.

Meski iPhone terbilang cukup mahal dibandingkan beberapa handphone lainnya, namun tak menyurutkan minat orang untuk membelinya.

"Memang lebih mahal. Tapi biar harga lebih mahal tapi itu sesuai kualitas. Terus banyak yang suka kameranya. Fotonya alami, natural, foto gitu ya gitu. Misalnya kayak saya nih hitam kan. Di foto juga hitam. Kalau yang lain ada fitur untuk percantik kan," ujar dia.

Tak hanya itu saja, Dani juga mengungkapkan bahwa sebagian besar pembeli, desain mewah menjadi salah satu alasan seorang ingin membelinya "Alasan orang beli iPhone pertama karena elegan mewah. Mungkin fitur khas, kayak kamera kan bagus. Keamanannya juga bagus. Lalu sudah RAM-nya sama kinerja handphone juga bagus. Itu yang selalu jadi pertimbangan utama orang beli iPhone," jelasnya.

Selain itu kapasitas memori juga menjadi daya tarik tersendiri yang dipunyai iPhone. "Terus orang juga pertimbang kan karena iPhone punya memori yang besar ada 256 giga sampai 512 giga," kata seorang pedagang lain, Rifki.

2. Samsung.

 

awera © 2019 brilio.net

foto: dailysocial.id


Smartphone asal Korea Selatan ini menjadi deretan handphone lainnya yang paling banyak diminati. Nama besar Samsung dan daya tahan menjadi alasan utama orang menjatuhkan pilihan pada Samsung.

"Kalau di sini orang beli Samsung karena brand juga terpercaya awet banyak yang bilang terpercaya. Jadi orang-orang cari hp karena brand sama awet itu biasanya beli Samsung," ungkap Dani yang dilansir dari merdeka.com.

Samsung memang sudah memiliki nama yang cukup bagus. Tak hanya itu saja, Samsung juga memiliki kualitas dan harga yang cukup bersaing.

"Kalau Samsung memang bagus ya. Tapi masalahnya adalah dia keluarkan tipe yang terlalu banyak. Spesifikasi tidak beda jauh juga dengan yang lain. Tapi tipe terlalu banyak sehingga orang pusing mau beli yang mana," urai dia.

"Sering kan dia baru keluarkan satu tipe, tidak lama dia keluarin lagi tipe yang baru dengan harga yang lebih murah. Kan bisa kita lihat Samsung yang seri A saja ada banyak." pungkasnya.

3. Xiaomi.

  fsfds © 2019 brilio.net

foto: amazon.com

Xiaomi sudah tak diragukan lagi, memiliki pasar yang cukup luas, Xiaomi bisa dikatakan cukup berhasil bersaing di pasaran, hal ini lantaran Smartphone China ini memiliki harga yang cukup terjangkau.

"Xiaomi itu dicari karena harga ya. Harga jadi pertimbangan orang beli Xiaomi. Dia harga boleh murah, tapi spesifikasi tinggi. Contohnya untuk hp yang RAM 2 di Samsung sama di Xiaomi harga bisa beda Rp 500.000 (lebih murah Xiaomi)," kata Dani yang dilansir dari merdeka.com.

"Orang cari Xiaomi karena harganya murah sih. Kalau dilihat dari spesifikasi sama fitur-fiturnya tidak nendang. Dia karena harganya saja yang murah," timpal Rifki.

Meskipun Xiaomi tak mengiklankan produknya secara gila-gilaan, namun handphone satu ini tak pernah sepi dicari orang.

4. Vivo.

efas © 2019 brilio.net

foto: ndtv.com

Menurut Rifki, desain menajadi alasan orang untuk membeli Vivo. "Langganan-langganan kita lebih banyak cari Vivo. Alasan memang karena layar sudah bagus. Layarnya full display. Procesor sama saja. Kamera juga jadi pertimbangan banyak yang beli kayak v15 pro paling besar 32 megapiksel. Baterai juga besar," ungkapnya.

Hal tersebut pun diakui oleh Dani. "Dicari juga paling karena kameranya ya yang bagus. Kayak kamera punya banyak kamera kayak fitur beauty itu ya.
Desainnya juga monoton. Meski body-nya plastik, dia racik dengan bagus," imbuhnya.

5. Nokia

  dsads © 2019 brilio.net

foto: zdnet.com

Nokia memang sempat menduduki sebagai gadget yang cukup banyak dicari. Namun seiring berkembangnya zaman, Nokia semakin tertinggal. Namun kini beberapa orang masih mencarinya, namun bukan seri Android melainkan Nokia tipe lama, seperti Nokia 130 dan Nokia 105.

"Kalau Nokia ada juga sih yang baru. Tapi kalau di kita orang tidak cari yang android. Orang cari malah yang tipe lama. Tipe-tipe yang hanya bisa dipakai buat telpon," kata Rifki.

"Memang selalu yang datang ke sini cari buat orang tuanya. Kadang ada orang tua juga yang langsung ceri kesini. Praktis, mudah dioperasikan. Kan kalau orang tua yang paling penting buat nelpon saja," lanjut dia.