Brilio.net - Memotret pada malam hari dengan smartphone mempunyai tantangan yang berbeda dengan siang hari. Tak ada lagi sumber pencahayaan yang bagus dari sinar matahari. Selain itu, foto malam hari kebanyakan akan blur dan tidak jelas karena tak bisa menangkap cahaya sebagus pada siang hari. Walaupun begitu, hasil foto malam yang bagus akan terlihat sangat menakjubkan dan menjadi memori yang indah.

Sayangnya juga, smartphone tak punya fitur profesional seperti kamera DSLR atau mirrorless. Hal ini tentu membuat memotret malam hari semakin sulit. Kamu membutuhkan smartphone dengan kualitas kamera kelas atas dan kemampuan processing yang baik untuk bisa mendapatkan hasil foto sempurna.

Jangan berkecil hati, masih banyak trik dan tips untuk mendapatkan foto bagus dengan smartphone pada malam hari. Banyak mode menarik yang bisa kamu gunakan sebagai senjata mendapatkan foto malam hari terbaik. Tinggal mencari lokasi, kamu bisa bereksperimen sesuka hati dalam memotret pada malam hari.

Nah, apa saja sih rahasianya memotret pada malam hari seperti fotografer pro? Yuk simak ulasan Brilio.net, Sabtu (19/9) di bawah ini.

1. Mencari langit malam yang cerah.

Loading...

5 Rahasia memotret malam dengan smartphone layaknya fotografer pro Istimewa

foto: Istimewa

Langit yang cerah adalah senjatamu memotret pada malam hari. Hasil fotonya akan terlihat lebih soft tapi terlihat jelas dengan pencahayaan natural. Jika terlalu gelap, kamu bisa menggunakan mode pro untuk mengatur tingkat ISO secara manual. Perhatikan juga kualitas kamera smartphone yang kamu pakai, ya!

Salah satu smartphone dengan kamera powerful adalah realme 7 64MP Power Master. Smartphone ini dibekali kemampuan fotografi malam yang sempurna. Fitur nightscape yang menjadi signature dari realme 7 ini membuat foto tampak lebih hidup.

Kemampuan AI yang ada di realme 7 juga akan terlihat menakjubkan. Untuk kamu yang ingin menangkap foto bintang, ada Starry Mode yang bisa mengabadikan pemandangan indah malam hari ini dengan menakjubkan.

2. Perhatikan kondisi lighting di lokasi.

5 Rahasia memotret malam dengan smartphone layaknya fotografer pro Istimewa

foto: Istimewa

Malam hari adalah waktu yang sempurna bermain dengan pencahayaan atau lighting. Kamu bisa bermain dengan aneka lampu warna-warni untuk mendapatkan efek unik.

Foto jenis ini paling cocok untuk street photo dengan aneka lampu jalanan. Efek romantis sampai edgy bisa kamu dapatkan jika bermain lighting saat memotret malam hari pakai smartphone.

Makin wah, kamera realme 7 dibekali fitur mewujudkan foto idamanmu seperti di atas. Tiga filternya yakni Cyberpunk, Flamingo, dan Modern Gold bisa mudah ditemukan di mode kamera. Hasilnya? Foto malam hari akan terlihat lebih artistik sesuai kreativitasmu.

3. Untuk foto pemandangan, cari yang tak ada polusi cahaya.

5 Rahasia memotret malam dengan smartphone layaknya fotografer pro Istimewa

foto: Istimewa

Sangat sulit untuk benar-benar menangkap foto langit dengan bintang-bintang saat pakai smartphone. Oleh karena itu, kamu harus mencari lokasi yang jauh dari polusi cahaya. Jangan memotret di dekat gedung tinggi atau jalanan. Cahaya lampu bisa merusak hasil fotomu nanti.

Untuk kamu yang ingin memotret langit dengan mudah, realme 7 mempunyai fitur terbaik untukmu. Starry Modenya menggunakan algoritma AI yang secara cerdas meningkatkan kecerahan bintang. Pastikan menggunakan mode ini dengan tripod untuk hasil maksimal. Sekali tap di Starry Mode, kamu pasti mendapatkan foto bintang yang menakjubkan.

4. Jangan memotret di tengah keramaian.

5 Rahasia memotret malam dengan smartphone layaknya fotografer pro Istimewa

foto: Istimewa

Memotret di keramaian penuh dengan rintangan. Hasil fotomu pasti banyak yang blur dan tidak fokus. Oleh karena itu, jauhi keramaian sebisamu. Jika ingin melakukan fotografi jalanan, ada baiknya mencari di pinggir keramaian agar fotomu tampil maksimal. Kamu juga bisa lebih fokus dan semakin gampang mencari ide cerita yang ingin kamu sampaikan di fotomu.

Tak perlu terburu-buru dalam memotret fotografi jalanan, realme 7 dibekali baterai yang tahan lama. Kapasitasnya yang luar biasa sebesar 5000 mAh, membuatmu tak perlu khawatir kehabisan baterai saat asyik memotret. Ada juga 30W Dart Charge yang bisa mengisi ulang baterai realme 7 dengan cepat.

5. Perhatikan protokol kesehatan.

5 Rahasia memotret malam dengan smartphone layaknya fotografer pro Istimewa

foto: Istimewa

Memotret malam hari pada masa pandemi harus memperhatikan protokol kesehatan. Hindari kerumunan dan selalu pakai masker saat berada di luar rumah. Jika bisa, jangan membawa teman saat hendak memotret malam. Alternatifnya, kamu bisa mencari tempat sepi dan jauh dari cahaya lampu untuk mendapatkan foto bintang luar biasa.

Yuk, tunjukkan kemampuanmu memotret dengan mengikuti kompetisi bernama #Shotonrealme Global Photo Contest dengan tema Night Action. Pendaftaran masih dibuka hingga 13 Desember 2020.

Kamu bisa memenangkan hadiah total US$ 10.000 + realme 7 series! Tunjukkan karyamu dengan hashtag #FotoMalamrealme. Info lebih lanjut silakan mengunjungi link berikut ini.

Penasaran dengan kemampuan foto malam realme 7? Smartphone ini tersedia secara online dan offline di realme store seluruh Indonesia mulai dari Sabtu, 19 September 2020. Jangan sampai ketinggalan, akan ada ekstra diskon untuk realme fans yang membeli 64MP Power Master realme 7 hanya pada tanggal tersebut loh!