Brilio.net - Saat kamu sedang bergantung pada HP Android, pasti kesal jika kinerjanya lemot bahkan not responding, kan? Hal ini terjadi karena beberapa faktor, mulai menumpuknya sampah di ponsel, banyaknya aplikasi yang berjalan, hingga menyempitnya kapasitas RAM. Sebagai komponen penting, RAM berfungsi menunjang aktivitasmu mengoperasikan HP.

Ketika ketersediaan kapasitas RAM besar, orang cenderung menggunakan banyak aplikasi smartphone untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Tapi tak bisa dimungkiri bahwa makin banyak aplikasi yang dijalankan, maka akan semakin memenuhi kapasitas RAM. Pemakaian RAM yang berlebihan akan memperlambat performa HP dalam memproses perintah. Akibatnya para pengguna HP jadi panik jika muncul peringatan memori RAM yang semakin terbatas, dan kinerja smartphone nggak maksimal.

Nah, buat kamu yang sedang cari solusi masalah ini, yuk langsung simak lima cara mengetahui aplikasi penguras RAM seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Senin (31/5). Biar HP kamu bebas lemot.

1. Cari aplikasi yang berjalan di background.

5 Cara mengetahui aplikasi penguras RAM demi sembuhkan HP lemot berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Saat ini semua HP Android mendukung aplikasi latar atau background. Baik itu aplikasi sistem maupun aplikasi yang kamu instal sendiri. Tiap aplikasi tersebut memiliki peranan masing-masing. Perlu kamu ketahui, beberapa aplikasi memakai kapasitas cukup besar di RAM, meskipun aplikasi tersebut sedang tak digunakan. Dampaknya HP jadi lemot, bahkan error.

Karenanya, kamu bisa memilih aplikasi mana yang harus dan tidak harus running di background. Dengan begitu, performa smartphone akan meningkat. Cara termudah yakni melakukan force stop atau memberhentikan paksa aplikasi yang berjalan melalui setelan HP. Tapi, jangan coba-coba menonaktifkan semua aplikasi. Usahakan memilih aplikasi yang jarang dipakai, atau kalau memang tak pernah dipakai, lebih baik meng-uninstall-nya.

2. Pantau memory usage.

5 Cara mengetahui aplikasi penguras RAM demi sembuhkan HP lemot berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Langkah selanjutnya yaitu mengetahui kapasitas memori RAM HP yang tersedia sudah digunakan berapa banyak. Pasalnya variasi spesifikasi RAM pada HP kini memiliki kapasitas ukuran yang berbeda-beda. Kamu bisa mengeceknya dengan mengklik Android Setting lalu pilih Memory.

Selanjutnya pengguna bisa mengetahui jumlah memori yang digunakan aplikasi dengan mengklik "Memory used by apps”. Pengguna bisa mempertimbangkan menghapus aplikasi yang boros memori dengan mengklik sort by max. Klik di tiga tombol kanan atas. Pengguna juga bisa memaksa aplikasi berhenti beroperasi untuk membebaskan memori RAM HP Android.

3. Gunakan fitur canggih agar RAM terasa lega.

5 Cara mengetahui aplikasi penguras RAM demi sembuhkan HP lemot berbagai sumber

foto: Oppo Indonesia

Kini kamu nggak perlu pusing-pusing cari solusi untuk masalah aplikasi penguras RAM ini. Kabar gembira bagi pengguna Oppo A74, ponsel kelas mid-range ini dilengkapi dengan fitur RAM expansion. Fitur RAM expansion di A74 dapat mengubah memori internal yang tidak digunakan menjadi RAM agar smartphone bisa berjalan lebih lancar daripada sebelumnya.

Dengan fitur memory expansion, pengguna dapat menikmati peningkatan performa untuk berbagai aplikasi yang membutuhkan pemanfaatan RAM tinggi, seperti bermain games atau melakukan penyuntingan foto dan video. Fitur ini juga memberikan efek sistem operasi yang mulus ketika menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan.

5 Cara mengetahui aplikasi penguras RAM demi sembuhkan HP lemot berbagai sumber

foto: Oppo Indonesia

Dengan adanya RAM expansion, pengguna bisa mengalokasikan hingga 5 GB dari media internal sebagai RAM virtual. Nah, untuk menggunakannya pun mudah, pertama pastikan memperbarui Color OS 11.1 ke versi terbaru. Selanjutnya, kunjungi menu Settings dan gulir ke bawah hingga terdapat opsi "Software Update".

Kemudian, klik opsi tersebut dan pastikan versi Color OS sudah diperbarui ke versi terbaru. Jika sudah, buka menu "Settings", pilih opsi "About Phone", dan klik "RAM". Pada menu ini, akan ada tiga pilihan RAM expansion yang tersedia, yakni 2 GB, 3 GB, dan 5 GB.

Kapasitas RAM virtual dapat ditambah sesuai dengan keperluan pengguna, loh. Jika kamu ingin memperluas kapasitas RAM hingga 5 GB, geser toggle. Lalu segera restart ponsel agar pengaturan dapat dijalankan. Setelah fitur ini aktif, pengguna dapat memeriksa detail perluasan RAM virtual melalui informasi mengenai perangkat atau pada recent task screen.

4. Gunakan fitur apps manager.

5 Cara mengetahui aplikasi penguras RAM demi sembuhkan HP lemot berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Kamu juga bisa mengurangi penggunaan RAM menggunakan fitur apps manager atau manajer aplikasi yang ada di setiap Android. Pertama-tama kamu bisa langsung membuka "Pengaturan (Setting)" di Android. Kemudian klik opsi "Manager Aplikasi", nanti akan keluar semua aplikasi yang terinstal di android. Nah, untuk mengetahui kondisi pemakaian RAM dan aplikasi apa saja yang menggunakannya, bisa kamu ketahui pada pilihan "Berjalan".

Apabila kamu ingin menghentikan aplikasi berjalan yang menyedot pemakaian RAM, yakni dengan tap aplikasi yang akan dihentikan. Jika sudah, tap semua tombol yang bertuliskan "Stop" untuk menghentikan layanan. Otomatis aplikasi yang sudah dihentikan tidak lagi berjalan dan memakai RAM.

5. Selalu cek berkala di app switcher.

5 Cara mengetahui aplikasi penguras RAM demi sembuhkan HP lemot berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Solusi terakhir yakni dengan menggunakan app switcher. Kamu bisa selalu mengecek secara berkala di app switcher yang dapat diakses dari tombol navigasi Aplikasi Terbaru. Cukup masuk ke sana dan geser aplikasi yang tidak diinginkan untuk menutupnya. Beberapa produsen android menambahkan kemampuan untuk menutup semua aplikasi dengan satu tombol.

(brl/tin)

(brl/tin)