Brilio.net - Traveling saat ini sudah menjadi kebutuhan banyak orang. Tentu saja jalan-jalan ke luar negeri selalu menjadi impian. Di era digital seperti sekarang, mendapatkan informasi destinasi wisata yang ingin dituju bukan perkara sulit. Tinggal klik lewat internet, segala informasi bisa didapat.

Hanya saja, bukan perkara gampang juga mendapatkan layanan internet ketika berada di negara lain. Terkadang tiap negara punya kebijakan sendiri terkait hal ini.

Selain itu yang perlu dipikirkan, biaya roaming yang harus dikeluarkan ketika harus menggunakan layanan operator dalam negeri. Tentu saja Sobat Brilio nggak mau kan kantongnya jebol. Bisa sih disiasati dengan mengganti Subscriber Identification Module (SIM) Card di negara tujuan. Tapi jangan disamakan dengan di Indonesia ya. Biaya paket internet yang harus dikeluarkan terbilang jauh lebih mahal lho.

Lantas bagaimana menyiasati agar berselancar di luar negeri bisa berjalan dengan aman dan nyaman? Berikut beberapa cara hemat mendapatan layanan internet di luar negeri yang berhasil dihimpun Brilio.net dari berbagai sumber.

1. Pastikan data roaming non aktif

Internetan di luar negeri © 2018 brilio.net

Penting banget untuk menonaktifkan data roaming di ponsel kamu sebelum take off ketika di pesawat terbang. Sebab, ketika sampai di negara tujuan dan kamu kembali mengaktifkan ponsel, maka nggak akan terkena biaya roaming akibat menggunakan jaringan lain di negara tujuan. Nah untuk keperluan internet, kamu bisa memanfaatkan layanan wi-fi yang biasanya tersedia di tempat publik.  

2. Beli dulu paket data roaming

Internetan di luar negeri © 2018 brilio.net

Jika memang terpaksa harus tetap menggunakan provider kamu sendiri, sebaiknya dipersiapkan sejak awal sebelum keberangkatan. Caranya dengan menghubungi operator yang kamu gunakan untuk mengetahui layanan data roaming di negara tujan kamu.

Paling tidak kamu punya gambaran berapa kebutuhan yang harus dipersiapkan. Oh iya, setiap provider punya tarif dan penawaran yang berbeda-beda lho untuk setiap negara tujuan yang kamu datangi. Nah kamu harus jeli dalam memilih provider mana yang cocok untuk kebutuhan kamu.    

3. Pakai SIM Card negara tujuan

Internetan di luar negeri © 2018 brilio.net

Sepertu diungkapkan di atas, menggunakan SIM Card di negara yang kamu kunjungi boleh jadi paket data yang ditawarkan jauh lebih mahal. Opsi ini bisa dipilih ketika kamu mengunjungi negara tujuan dalam jangka waktu yang cukup lama atau kamu memang sering ke negara ini. Tapi tentu saja ketika kamu menggunakan SIM Card negara tersebut, harus hemat ya menggunakannya.

Sebab, umumnya orang yang sedang bepergian ke negara lain akan menghabiskan data internet lebih banyak karena dipergunakan untuk Google Maps, media sosial, termasuk mencari informasi tempat-tempat yang akan dikunjungi. Sebaiknya kamu cari informasi mengenai SIM Card yang cocok untuk digunakan.   

4. Hemat pulsa deh

Internetan di luar negeri © 2018 brilio.net

Bukan cuma data intenet, pulsa untuk menelpon atau mengirim pesan juga harus dihemat lho. Sangat penting untuk kamu perhitungkan sejak awal. Antisipasi penting.

Jika kamu sembarang menelpon atau mengirim pesan bisa saja pulsa kamu cepat habis atau biaya tagihan membengkak. Oh iya, jika kamu menggunakan provider Indonesia, jangan lupa untuk menolak semua panggilan telepon masuk sebab bakal menyedot pulsa kamu selama di luar negeri.

Nah sebaiknya ketika menelpon kamu bisa menggunakan layanan aplikasi Voice Over Internet Protocol (VOIP) seperti Facebook, Google Voice, atau Skype. Kamu juga bisa memanfaatkan layanan live chat seperti WhatsApp.

5. Gunakan travel wifi

Internetan di luar negeri © 2018 brilio.net

Mungkin cara yang satu ini cukup tepat. Kamu bisa membeli atau sewa modem mifi. Di Indonesia kini ada lho yang menawarkan layanan ini. Salah satunya JavaMifi yang baru-baru ini meluncurkan layanan Javamifi Pro, layanan berlangganan Java Mifi dengan metode pembayaran bulanan (Pascabayar). Oh iya, coverage Java Mifi mencakup lebih dari 160 negara.

Layanan ini bisa bisa digunakan untuk keperluan seasonal (liburan) atau komunitas traveler. Malah bisa banget digunakan untuk mereka yang menjadi frequent traveler seperti travel blogger, pelaku bisnis, publik figur, pengusaha hingga pekerja di berbagai perusahaan multinasional yang secara rutin melakukan perjalanan keluar negeri baik untuk kunjungan wisata maupun bisnis. Selain mudah, biayanya juga lebih murah dibanding data roaming.

Menariknya ada tiga pilihan paket sesuai dengan kebutuhan kamu. Ada paket Pro Go (Pay as you Go) yaitu paket dengan biaya tagihan berlangganan sesuai pemakaian, plus bonus gratis lima hari pemakaian di seluruh negara jangkauan Java Mifi setiap bulan.

Lalu ada paket Pro Asia, paket berlangganan dengan tagihan bulanan tetap yang dapat digunakan selama 30 hari penuh di seluruh Negara Asia jangakauan Java Mifi. Terakhir paket Pro Global yakni paket berlangganan dengan tagihan bulanan tetap yang dapat digunakan selama 30 hari penuh di seluruh negara jangkauan Java Mifi. 

“Kami memahami tingginya mobilitas frequent traveler dalam menjelajah banyak destinasi di berbagai belahan dunia. Javamifi Pro hadir untuk menambah kenyamanan dan kemudahan bagi mereka untuk mendapatkan akses internet 4G unlimited tanpa perlu mengambil maupun mengembalikan modem setelah pemakaian,” ujar Andintya Maris, Founder JavaMifi.

Tahun depan, JavaMifi juga bakal meluncurkan JavaMifi Buddy 2019, koneksi 4G unlimited bagi travel dan lifestyle influencers saat bepergian ke luar negeri sepanjang tahun 2019.

So, kamu sudah siap ke luar negeri? Ingat ya biar aman berselancar di internet, gunakan cara-cara cerdas untuk menghemat paket data kamu.