×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
4G LTE mulai dibuka, apa sih bedanya dengan 3G?

View Image

0

BRILIO » Gadget

4G LTE mulai dibuka, apa sih bedanya dengan 3G?

Sebenarnya tidak satupun yang benar-benar sesuai dengan spesifikasi yang ditetapkan oleh standar 4G.

13 / 12 / 2015

Brilio.net - Teknologi 4G Long Term Evolution (LTE) mulai diresmikan secara simbolis oleh Presiden Jokowi. Teknologi internet cepat ini berjalan di frekuensi 1.800 MHz dan sudah mulai dibuka untuk komersil. Jokowi bahkan menganggap ini adalah bagian dari Revolusi Digital.

Lalu apa bedanya dengan 3G? Perbedaan terbesar antara 3G dengan 4G sebenarnya terletak pada keberadaan teknologi yang sesuai. Ada sekelompok teknologi yang berada di bawah naungan 3G, seperti WCDMA, EV-DO dan HSPA.

Kemudian setelah 4G mulai masuk, banyak perusahaan ponsel menjuluki produk mereka sebagai teknologi 4G, seperti LTE, WiMax dan UMB. Namun sebenarnya tidak satupun yang benar-benar sesuai dengan spesifikasi yang ditetapkan oleh standar 4G. Maka teknologi ini sering disebut sebagai Pre-4G atau 3.9G.

1. Segi kecepatan

4G LTE mulai dibuka, apa sih bedanya dengan 3G?

Loading...

foto: plimbi.com

Untuk segi kecepatan, 4G jelas jauh lebih mumpuni dibanding saudara tuanya 3G. Umumnya, kecepatan maksimal yang dikeluarkan 3G saat ini adalah sekitar 14 Mbps untuk downlink dan untuk uplink sebesar 5,8 Mbps. Sementara untuk memenuhi syarat sebagai teknologi 4G, kecepatan hingga 100 Mbps harus dicapai pengguna perangkat mobile dan 1 Gbps untuk pengguna stasioner.

Dalam sebuah uji coba di London, pengguna jaringan 4G yang mengunggah gambar mereka ke media sosial mampu menikmati kecepatan hingga 20 Mbps. Bahkan untuk broadband internet di rumah, kecepatannya bisa mencapai 100 Mbps. Sangat menggiurkan bukan?

Sementara untuk download kecepatan rata-rata 4G di Inggris seperti yang didaftarkan oleh Badan Ofcom, mencapai 15,1 Mbps. Sedangkan untuk jaringan 3G hanya sanggup mencapai 6,1 Mbps ketika di uji coba dalam waktu yang bersamaan. Bagaimana jika diterapkan di Indonesia? Hmmm... Kita tunggu saja.

2. Segi perangkat

4G LTE mulai dibuka, apa sih bedanya dengan 3G?

foto: techradar.com

Untuk saat ini rasanya semua smartphone sudah mendukung jaringan 3G. Tapi bagaimana dengan 4G? Sepertinya baru beberapa handset keluaran terbaru seperti iPhone 5, 6, Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge, HTC One M9, dan Xiaomi yang telah support untuk teknologi 4G.

3. Masa depan

4G LTE mulai dibuka, apa sih bedanya dengan 3G?

foto: computerworld.co.nz

Dikutip dari merdeka.com, Sabtu (12/12), Jokowi menyatakan keberadaan dan kesiapan jaringan 4G LTE ke depannya merupakan infrastruktur untuk menuju era yang digadang-gadang sebagai gelombang ekonomi baru. Lalu bagaimana dengan nasib 3G? Karena belum meratanya teknologi 4G di Indonesia hingga akhir tahun 2015, sepertinya jaringan 3G dipastikan masih aman hingga 2020.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    67%

  • Ngakak!

    33%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more