Brilio.net - Selama ini kamu mungkin sering menggunakan komputer. Namun apakah kamu juga memahami bagaimana memanfaatkan berbagai software yang biasa digunakan di komputer.

Selain memahami sistem operasi komputer, kamu juga perlu memahami perangkat lunak atau aplikasi yang biasa digunakan. Hal ini dikarenakan, untuk dapat menyelesaikan tugas dan pekerjaan, kamu tidak bisa hanya mengandalkan sistem operasi yang dimilikinya.

Ibaratnya, sistem operasi hanyalah wadah dan alat untuk melancarkan berbagai tugas yang diinput pengguna. Namun dalam praktiknya, seperti dilansir charis.id, untuk mempermudah dalam menjalankan tugas dan mendapatkan hasil, kamu perlu memanfaatkan kinerja berbagai software atau aplikasi komputer.

Apa saja sih aplikasi atau perangkat lunak yang sering digunakan? Berikut faktanya

1. Browser: Internet Explorer, Mozilla Firefox, dan Google Chrome

3 Aplikasi paling sering dipakai di komputer © 2021 brilio.net cpomagazine.com

Kamu yang sering berselancar di dunia maya menggunakan komputer, pasti sangat mengenal browser. Ini adalah program yang memungkinkan kamu menggunakan internet di komputer atau laptop.

Ada yang mengartikan browser sebagai mesin pencari yang sesuai dengan fungsinya. Browser pada umumnya diinstal secara otomatis di berbagai jenis laptop dan PC, baik dengan sistem operasi Windows, Linux, MacOS, dan lain sebagainya. Contoh browser default di sistem komputer adalah Internet Explorer.

Selain itu ada juga browser yang dapat diunduh dan digunakan secara gratis seperti Google Chrome dan Mozilla Firefox. Kamu bisa menentukan sendiri browser mana yang memiliki performa kerja lebih ringan serta lebih cepat dalam melakukan proses pencarian kata kunci di internet. Kamu juga dapat menyesuaikan jenis browser agar sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan.

2. Pemutar video, windows media player

3 Aplikasi paling sering dipakai di komputer © 2021 brilio.net makeuseof.com

Aplikasi selanjutnya yang juga banyak digunakan adalah aplikasi pemutar video. Meski kini kita bisa menjalankan dan menikmati layanan streaming melalui browser, terkadang kita sangat membutuhkan pemutar video offline di komputer. Misalnya ketika koneksi internet yang tidak bagus untuk menonton film secara online, maka tentunya kita bisa menonton video atau film secara offline.

Selain itu, aplikasi pemutar video juga dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Baik itu untuk menonton film, video pendek, atau melihat jenis video lainnya seperti GIF animasi dan video berformat MP4.

Sistem operasi di Windows sudah memiliki program bawaan untuk memutar video, film, dan GIF animasi. Aplikasi tersebut bernama Windows Media Player yang dapat memutar berbagai jenis video dalam berbagai format, seperti AVI, MP4, GIF, dan sebagainya. Aplikasi ini juga tersedia secara gratis dan siap digunakan di semua laptop atau PC berbasis Windows.

Nah Jika kamu ingin mencari aplikasi pemutar video lengkap lainnya, mungkin dapat mencoba mengunduh GOM Media Player, VLC Media Player, Kodi, Media Player Classic–Home Cinema, KMPlayer, PotPlayer dan masih banyak lagi. Kamu dapat mengunduh dan menggunakan semua aplikasi ini secara gratis dari internet.

3. Microsoft Word

3 Aplikasi paling sering dipakai di komputer © 2021 brilio.net unb.ca

Jika tujuan kamu mempelajari komputer adalah untuk mahir mengetik, maka perlu banyak berinteraksi dengan aplikasi Microsoft Word. Dengan menggunakan Microsoft Word, kamu dapat mengetik berbagai jenis tulisan, membuat tabel, mengedit teks dan lain sebagainya. Setiap dokumen dapat disimpan dalam berbagai format sesuai kebutuhan, seperti .doc, .docx, atau pdf.

Microsoft Word merupakan program bawaan dari Windows beserta berbagai jenis aplikasi Microsoft lainnya. Kamu dapat menggunakan semua fitur Microsoft Word secara gratis tanpa perlu repot masuk ke akun apa pun. Jadi, kamu bisa mulai bekerja menggunakan aplikasi Microsoft Word untuk menyelesaikan berbagai tugas.

Namun sebagai pemula, mungkin bingung dengan berbagai alat dan fitur yang tersedia di Microsoft Word. Hal ini karena setidaknya ada 8 bar fitur utama yang dimiliki yaitu Home, Insert, Design, Page Layout, References, Mailings, Review, dan View. Faktanya, setiap bilah memiliki alat lain yang lebih detail.

Oleh karena itu, untuk mahir menggunakan Microsoft Word, kamu harus rajin berlatih. Semakin sering berlatih menggunakannya, semakin bertambah kecepatan mengetik kamu. Aplikasi ini juga wajib kamu kuasai sebagai teknologi dasar, mengingat semakin banyak bidang pekerjaan yang membutuhkan sumber daya terampil untuk menggunakan aplikasi ini.