Brilio.net - Siapa yang tak kenal dengan Aamir Khan? Tak hanya aktor, Aamir Khan juga sutradara, dan produser di industri film Bollywood. Aamir Khan memulai kariernya sebagai seorang aktor dalam film anak milik pamannya sendiri, Nasir Hussain dalam film Yaadon Ki Baaraat. Sebelas tahun kemudian Khan terjun ke karier profesionalnya dengan film Holi (1984). Pada film Qayamat Se Qayamat Tak (1988), ia memenangkan penghargaan pertamanya dalam festival film sebagai debut aktor terbaik (Filmfare Award for Best Debut Actor).

Setelah itu, namanya bersinar lewat film-filmnya yang rupanya tak hanya sukses di India saja, tetapi juga sukses di dunia. Terhitung 5 filmnya rupanya memiliki banyak penggemar di banyak negara, dan meraup keuntungan kemudian. Penasaran apa saja? Intip yuk daftarnya berikut ini yang dirangkum brilio.net dari dnaindia.com, Selasa (9/5).

1. Three Idiots.

Film Aamir Sukses Mendunia © 2017 brilio.net

Three Idiots adalah film Bollywood yang disutradarai Vidhu Vinod Chopra. Jalan cerita film ini ditulis oleh Rajkumar Hirani. Film ini diperankan oleh Aamir Khan, R. Madhavan, Sharman Joshi, Kareena Kapoor, dan Boman Irani. Film yang dirilis pada 25 Desember 2009 ini diangkat dari novel Five Point Someone yang ditulis oleh Chetan Bhagat. Film ini mulai dibuat pada 28 Juli 2008 dan pembuatan film ini dilakukan di kota Delhi, Bangalore, Mumbai, Ladakh serta Shimla. Pembuatan film yang menggambarkan universitas dilakukan di Indian Institute of Management - Bangalore dalam waktu 33 hari. Film ini meraih sukses di China, Amerika, bahkan di Indonesia. Dan yang lebih mengejutkan, film ini meraup untung sebesar USD 27 juta atau setara dengan Rp 360 miliar.

2. PK.

Film Aamir Sukses Mendunia © 2017 brilio.net

PK adalah film drama komedi satir India tahun 2014 yang disutradarai oleh Rajkumar Hirani, diproduksi oleh Hirani dan Vidhu Vinod Chopra, dan ditulis oleh Hirani dan Abhijat Joshi. Film ini dibintangi Aamir Khan dan Anushka Sharma sebagai pemeran utama, dan Sushant Singh Rajput, Boman Irani, Saurabh Shukla serta Sanjay Dutt dalam pemeran pendukung. Film ini bercerita tentang alien yang datang ke bumi dengan misi penelitian. Dia berteman dengan seorang wartawan televisi dan mereka berdua mencoba mencari jawaban atas pertanyaan tentang dogma agama.

Film ini muncul sebagai film India paling sukses sepanjang masa. Film ini juga menduduki peringkat ke-66 tertinggi dalam film terlaris tahun 2014 di seluruh dunia. Banyak situs perdagangan internasional dan India telah melaporkan bahwa PK adalah film India pertama yang mendapatkan keuntungan USD 100 juta atau setara dengan Rp 1,3 triliun di seluruh dunia.

3. Dangal.

Film Aamir Sukses Mendunia © 2017 brilio.net

Dangal adalah film Bollywood bergenre drama olahraga biografis yang dibintangi oleh Aamir Khan yang menggambarkan figur nyata, Mahavir Singh Phogat, pegulat legendaris India. Film ini menceritakan tentang Mahavir yang mengajarkan gulat pada dua putrinya, Babita dan Geeta. Kedua gadis ini kelak akan menjadi atlet gulat wanita India yang sarat prestasi. Di China film yang satu ini mendapat sambutan yang luar biasa. Pada seminggu penayangannya, film ini meraup keuntungan hingga USD 11,8 juta atau setara dengan Rp 157 miliar di China.

4. Taare Zameen Par.

Film Aamir Sukses Mendunia © 2017 brilio.net

Taare Zameen Par merupakan film Bollywood yang dirilis pada 21 Desember 2007. Film ini menceritakan tentang Ishaan (Darsheel Safary) yang merupakan siswa kelas 3 yang tidak bisa membaca dan menulis. Dia selalu melihat dunia dengan imajinasinya. Setiap pelajaran mendapat nilai jelek, yang membuat guru-gurunya geram. Terlebih lagi dia sering membolos sekolah. Ishaan dicap sebagai anak pemalas, nakal, dan idiot. Puncaknya, orang tua Ishaan memindahkannya ke sekolah berasrama. Di sana ia bertemu dengan seorang guru baru bernama Ram Shankar Nikumbh (Aamir Khan). Film ini meraup sukses tak hanya di India, tetapi juga di dunia. tak hanya itu, film ini juga mendapat banyak penghargaan bergengsi.

5. Dhoom 3.

Film Aamir Sukses Mendunia © 2017 brilio.net

Dhoom: 3 adalah sebuah film thriller aksi India 2013, yang ditulis dan disutradarai oleh Vijay Krishna Acharya dan diproduksi oleh Aditya Chopra. Film ketiga dari serial Dhoom, film tersebut menampilkan Aamir Khan sebagai antagonis dan Katrina Kaif dengan Aktor Abhishek Bachchan sebagai peran utama protagonis. Dhoom 3 dirilis pada 20 Desember 2013, menandai film tersebut sebagai film Bollywood pertama yang dirilis dalam format film IMAX dengan Dolby Atmos yang mengatur suaranya. Film tersebut meraih beberapa rekor pada hari-hari pembukaannya di India. Film tersebut diputar di bebrapa negara dan meraup keuntungan hingga USD 27 juta atau setara dengan Rp 360 miliar.