Brilio.net - Nuklir pernah diledakkan di Hiroshima dan Nagasaki, Jepang oleh tentara sekutu dan sekaligus menjadi penanda berakhirnya Perang Dunia II. Jepang kalah, sementara Nazi di Jerman mulai ambruk. Bom Nuklir tersebut membuat dua kota itu lumpuh dan membuat Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu. Sebegitu mengerikannya ledakan nuklir.

Namun, bagaimana jika nuklir kembali meledak dan memakan korban jiwa? Jawabannya tentu jelas, marabahaya hanya seujung leher. Itulah yang terjadi dalam film Chernobyl 1986 yang menceritakan ledakan nuklir di wilayah Chernobyl, di sebuah Republik Sosialis Soviet Ukraina pada April 1986.

Sinopsis film Chernobyl 1986, ledakan pembangkit listrik tenaga nuklir berbagai sumber

foto: Instagram/@chernobyl_1986

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Cerita Chernobyl 1986 berawal dari Alexey (Danila Kozlovsky) yang baru saja pensiun dari pekerjaanya sebagai pemadam kebakaran dan ingin bersama kekasihnya (Oksana Akinshina). Mereka membangun kembali hubungan mereka yang sempat retak dan terasing.

Namun, sebuah peristiwa baru saja terjadi. Telah terjadi ledakan nuklir di sebuah pembangkit listrik di wilayah Chernobyl. Alexey pun harus membantu para teknisi dan orang-orang yang terjebak dalam wilayah tersebut. Selain itu, ia juga turut membantu agar reaksi nuklir tidak menjalar keluar dari Chernobyl.

Alexey dalam film ini adalah Nikolai Chebushev, mantan petugas pemadam kebakaran. Film ini fokus pada keputusan heroik Chebushev untuk melakukan apa yang ia bisa saat itu.

Sinopsis film Chernobyl 1986, ledakan pembangkit listrik tenaga nuklir berbagai sumber

foto: Netflix

Pernyataan Chebushev di CBC News,ia dipanggil ke tempat kecelakaan nuklir terburuk di dunia itu dalam keadaan tim yang tidak siap. Walaupun begitu, ia memutuskan diri untuk tetap berangkat ke lokasi kejadian. Saat Chebushev tiba di lokasi, truk pemadam kebakaran yang ada di lokasi sudah tertutup puing-puing radioaktif.

Selain itu, seperti yang dituturkan oleh Chebushev, tidak ada satu pun yang mengerti tata letak pabrik. Chebushev pun mencari jalan keluarnya sendiri dan hal inilah yang kemudian membuatnya akrab dengan tata letak pabrik Chernobyl.

Film ini mengambil latar di sebuah pembangkit tenaga nuklir di Rusia yang masih aktif. Selain itu, di tempat yang sama pula masih ada beberapa reaktor yang identik dengan reaktor yang meledak 35 tahun lalu. Sejak bencana yang melanda bagian Soviet itu, reaktor ini pun tidak pernah selesai dibangun dan ditinggalkan begitu saja.

Sinopsis film Chernobyl 1986, ledakan pembangkit listrik tenaga nuklir berbagai sumber

foto: Netflix

Bencana besar pun membuat trauma yang begitu besar, terutama bagi semua penyintas. Chebushev tinggal di Kurchatov, rumahnya saat ledakan terjadi, ada di sekitar 1.000 kilometer arah timur Chernobyl. Ia selamat, tapi menderita keracunan radiasi.

Menurut Chebushev, film ini mengandung beberapa adegan yang sebenarnya tidak pernah dilakukan oleh tim yang ia pimpin. Selain itu, ia menampik anggapan bahwa ia adalah seorang penyelamat. Sebab, semua orang yang terkena radiasi nuklir ini semuanya adalah korban.

Film Chernobyl 1986 selain menyajikan adegan yang menegangkan, film ini dapat menjadi sarana edukatif untuk berpikir matang tentang pembangkit nuklir. Manfaat nuklir barangkali besar dan banyak, tapi perlu diingat juga dampaknya juga besar dan sangat mengerikan. Film ini dapat ditonton di Netflix pada 21 Juli 2021 mendatang.

Detail film

Judul:

Sutradara: Danila Kozlovsky

Penulis skenario: Alexey Kazakov dan Elena Ivanova

Bintang: Danila Kozlovsky, Oksana Akinshina, Filipp Avdeev

Tanggal rilis: 21 Juli 2021

Bahasa: Rusia

Negara: Rusia

(brl/guf)