Brilio.net - Dunia internasional kini sedang gempar terkait program nuklir Korea Utara. Beberapa waktu belakangan ini negeri yang dipimpin oleh Kim Jong-un sering sekali menguji coba rudal jarak jauh yang bisa membawa hulu ledak nuklir. Negeri tertutup tersebut bahkan pernah mengancam akan menyerang Guam, negara kecil yang di sana terdapat pangkalan militer Amerika Serikat, seteru Korea Utara.

Buat kamu yang juga perhatian terhadap masalah yang diprediksi bisa menjadi awal Perang Dunia III ini, Selasa (5/9) melansir dari Al Jazeera, lima fakta program nuklir Korea Utara yang bikin gempar tersebut.

 

1. Jangkauan rudal nuklir Korea Utara.

Fakta Nuklir Korut © 2017 Istimewa


Rudal Hwasong-14 adalah misil interbalistik milik Korea Utara yang secara teoretis mampu menjelajah hingga 10.400 kilometer. Hal ini membuat seluruh dunia dalam jangkauannya kecuali wilayah pantai timur Amerika Serikat, Amerika Latin, Afrika Barat dan Antartika.

 

2. Berapa hulu ledak nuklir yang dipunyai Korea Utara?

Fakta Nuklir Korut © 2017 Istimewa


Amerika Serikat secara resmi menyebut bahwa saat ini Korea Utara setidaknya mempunya 60 senjata nuklir. Pada September 2016, Siegfried Hecker dari Johns Hopkins University mengatakan bahwa tetangga Korea Selatan itu bisa memproduksi enam bom nuklir tambahan dalam setahun.

 

3. Setelah mampu membuat bom nuklir, apakah Korea Utara mampu memproduksi bom hidrogen?

Fakta Nuklir Korut © 2017 Istimewa


Bom hidrogen punya kekuatan dahsyat yang setara 50 sampai 100 kali kekuatan bom atom yang meluluh-lantakkan Hiroshima dan Nagasaki dulu. Pada Januari 2016, pemerintahan Kim Jong-un mengatakan siap mengaktifkan bom hidrogen pertamanya. Namun para ahli dunia skeptis tentang klaim Korea Utara tersebut.

 

4. Awal mula pengembangan program nuklir ada di tahun 1965.

Fakta Nuklir Korut © 2017 Istimewa


Korea Utara mulai mengembangkan program nukirnya sejak era Uni Soviet di tahun 1965 dengan membangun rekator nuklir di Yongbyon. Para ilmuwan Soviet turut membantu pengembangan tersebut meski disangkal sendiri oleh Uni Soviet.

 

5. Tujuan tes senjata nuklir Korea Utara.

Fakta Nuklir Korut © 2017 Istimewa


Analis dari pemerintah Korea Utara mengatakan bahwa pimpinan tertinggi disana melihat tes senjata nuklir mempunyai tujuan yaitu menjamin keamanan negara, pertumbuhan ekonomi dan kemakmuran, serta menumbuhkan kehormatan dan prestise di dunia internasional.