Brilio.net - Rony Dozer memulai debut di dunia akting di film Jelangkung (2001) dan juga sinetron Saras 008 (2003). Setelah itu, ia kemudian tidak terlalu sering tampil di layar lebar. Ia kemudian sering tampil di sinetron seperti Dan (2004-2006). Dunia film kembali ia tekuni pada 2013 dan bergabung menjadi pemain 3 Playboy Galau (2013).

Nama Rony Dozer kemudian dikenal luas saat ia aktif dalam acara televisi Extravaganza. Dalam acara tersebut, Rony berhasil mengeluarkan bakat terbesarnya menjadi seorang yang dapat menghibur para pemirsa dan bahkan disebut sebagai seorang pelawak.

Jejak kariernya tersebut, kemudian melekat pada dirinya dan sering mengambil peran dalam film-film komedi. Ada banyak film komedi yang berhasil diperankannya. Beberapa ada yang menjadikannya sebagai peran pendukung dan juga ada yang tampil sebagai pemeran utama.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (12/11), berikut deretan film dan sinetron yang diperankan Rony Dozer.

1. Saras 008 (2004).

Film dan sinetron Rony Dozer berbagai sumber

foto: Instagram/@sdewiana

Saras 008 merupakan sinetron yang mengisahkan pahlawan super perempuan Indonesia yang cukup legendaris. Generasi yang tumbuh pada tahun-tahun tersebut tentu saja sangat familier dengan sinetron tersebut.

Dalam sinetron tersebut, Saras digambarkan mempunyai kekuatan yang melebihi manusia biasa. Karena kekuatan itulah, ia harus berhadapan dengan Mr Blek yang berasal dari planet krismon.

Dalam sinetron Saras 008, Rony Dozer berperan sebagai Om Bakekok, mulai dari episode 123 sampai musim kedua sinetron ini. Penampilannya sebagai Om Bakekok tak diragukan lagi yang mampu menyelami karakter tersebut.

2. 3 Playboy Galau (2013).

Film dan sinetron Rony Dozer berbagai sumber

foto: trakt.tv

3 Playboy Galau merupakan film yang mengisahkan petualangan tiga orang suami yang belum berhenti menjadi playboy walaupun sudah beristri. Walaupun seandainya kepergok istri masing-masing, mereka masih bisa berkelit dengan akal bulus dan lolos dari kecurigaan istri mereka. Itulah yang terjadi pada Doni, Juan, dan Alex.

Suatu hari, mereka bertiga mendekati Lola, seorang gadis simpanan bos mafia bernama Romli yang diperankan oleh Rony Dozer. Karakter antagonis ini pun lalu memburu dan menahan ketiga laki-laki playboy tersebut. Hingga akhirnya, istri-istri mereka pulalah yang nantinya akan menyelamatkan mereka.

3. Petualangan Lollypop (2013).

Film dan sinetron Rony Dozer berbagai sumber

foto: indonesianfilmcenter.com

Film Petualangan Lollypop mengisahkan saat lima orang murid sekolah melakukan studi tur ke puncak yang terdiri dari Diego, Caroline, Bimo, Gagas dan Binyo. Kelima anak ini pun menggunakan bus untuk sampai tujuan. Namun, saat di tengah perjalanan, mereka kemudian turun dari bus. Saat keluar dari bus, mereka bertemu dengan Kakek Ujang yang diperankan oleh Rony Dozer, keluar dari semak-semak di pinggir jalan menuju sebuah perkampungan. Mereka pun mengikuti Kakek Ujang tersebut sampai mereka terpencar dan sama-sama tersesat. Sejak saat itulah, petualangan mereka dimulai.

Diego kemudian bertemu dengan Lek Gono dari kampung tersebut yang berniat menjual mereka. Mereka pun menyusun rencana bagaimana bisa keluar dengan selamat dari kampung yang mereka tidak tahu namanya tersebut.

4. The Wedding & Bebek Betutu (2015).

Film dan sinetron Rony Dozer berbagai sumber

foto: imdb.com

The Wedding & Bebek Betutu merupakan film komedi yang mengisahkan persiapan pernikahan yang harus diselesaikan dalam waktu 24 jam. Tora Sudiro, Aming, dan Omesh menjadi aktor utama film ini yang berhasil mengundang tawa. Mereka adalah pekerja di sebuah hotel yang menamai diri sebagai "The Crew" dan berupaya keras untuk menyelamatkan pernikahan putri tunggal bos pemilik hotel mereka.

Pernikahan tersebut terancam gagal setelah ada pemerasan yang disertai permintaan yang tak mungkin ditolak untuk menyajikan bebek betutu dengan resep spesial. Semua hal tersebut harus diselesaikan dalam waktu 24 jam. Dalam film ini, Rony Dozer berperan sebagai wedding organizer lain yang mencoba untuk mengacaukan acara tersebut.

5. Surat Untukmu (2016).

Film dan sinetron Rony Dozer berbagai sumber

foto: imdb.com

Surat Untukmu merupakan film yang mengisahkan hubungan Gendis yang diperankan oleh Prilly Latuconsina dan ibunya yang terhalang jarak. Gendis di Dieng, Wonosobo selalu mengirim surat kepada ibunya di Jakarta sejak kelas 3 SD walau tanpa balasan. Gendis kemudian terobsesi untuk bisa berangkat ke Jakarta. Ia kemudian ikut Kemah Tahunan Murid Berprestasi Nusantara yang berhasil lolos seleksi untuk berangkat ke Jakarta.

Saat di Jakarta, ia bertemu dengan orang-orang yang bisa membantunya. Tetapi saat itu pula, ia tidak bisa menggantungkan diri kepada orang lain. Gendis pun menyusuri kota Jakarta seorang diri dan tanpa tahu di mana ibunya berada.

Dalam film ini, Rony Dozer berperan sebagai Bapak Dozer, salah satu peran pendukung film ini yang nantinya akan bertemu dan membantu Gendis memberikan informasi tentang Jakarta.

6. Tuyul & Mba Yul Reborn (2016).

Film dan sinetron Rony Dozer berbagai sumber

foto: Twitter/@chandanas19

Tuyul & Mbak Yul: Reborn merupakan sinetron penyegaran dari serial Tuyul & Mbak Yul Karya H. Arizal MBA yang pernah ditayangkan pada 1997-2002. Pemeran-pemeran dalam sinetron ini diisi oleh pemain-pemain baru seperti karakter Ucil diperankan oleh pelawak tunggal Megi Irawan. Sedangkan karakter Mba Yul diperankan oleh Pamela Bowie. Sementara itu, karakter Kentung diperankan oleh Rony Dozer. Ketiga karakter utama ini menjadi jalan cerita sinetron tersebut, dan melawan dua algojo yang selalu memburu Ucil si raja tuyul.

7. Detektif Cinta (2019).

Film dan sinetron Rony Dozer berbagai sumber

foto: kaskus.co.id

Detektif Cinta merupakan sinetron komedi yang diperankan olah Tora Sudiro dan Aghniny Haque. Konsep sinetron ini cukup unik karena setiap episode akan kedatangan pemain baru. Dalam sinetron ini, Rony Dozer berperan sebagai Roni yang hadir di episode kedua.

Serial komedi ini bercerita tentang pria bernama Reno Setiawan yang awalnya adalah seorang pengangguran dan kemudian berprofesi sebagai seorang Detektif Cinta. Serial komedi ini memberikan pengalaman menonton yang kocak dan juga menghibur.

(brl/tin)

(brl/tin)