Brilio.net - Film Siksa Kubur sebentar lagi akan tayang mulai tanggal 10 April 2024 nanti. Film ini dibintangi oleh Reza Rahadian yang memerankan sosok Adil. Siapa sangka, ternyata film ini spesial baginya, lantaran menjadi comeback Reza di film horor setelah 19 tahun tak memerankan film horor lagi.

"Kenapa ini jadi spesial, karena ini recall, saya dulu memulai terjun di hiburan lewat film horor, 19 tahun yang lalu saya menginjakkan kaki di film horor, dan kini kembali," ucap Reza Rahadian, saat ditemui brilio.net, Rabu (28/3).

Terlebih, selama ini Reza menganggap lebih baik mengambil peran di genre lain daripada film horor.

"Bukannya anti, tapi kalau ada yang lain mungkin lebih baik, karena saya berat," lanjut Reza.

Namun, tak ada alasan untuknya menolak film Siksa Kubur kali ini. Menurutnya film ini sungguh challenging. Ia menceritakan, ketika skenarionya datang, ia langsung merasa tertarik lantaran karakter Adil yang diperankannya cukup unik. Adil digambarkan sebagai sosok yang depresif dan memiliki trauma berat.

"Setelah baca skenario, rasanya nggak ada alasan buat menolak. Film horornya nggak sekedar tentang orang teriak ketakutan saja, namun challenging. Layer karakter Adil yang depresif dan trauma itu saya suka," tambahnya.

Selain itu, menurutnya, film ini juga dimulai dengan cara yang personal. Saat meeting pertama dimulai, Joko Anwar sebagai sutradara justru tidak membahas cerita filmnya. Melainkan bertanya kepada masing-masing pemain terkait kondisi mentalnya sedang di level apa.

"Pertama meeting, bang Joko tuh nanya ke semua pemain sedang dalam kondisi apa. Jadi personal banget. Kayak medium film ini akan tepat yang secara pergulatan batin bisa menguntungkan," ucapnya.

istimewa istimewa

foto: Istimewa

Sementara, saat itu Reza akui dirinya sedang dalam kondisi burn out. Bukan karena memikirkan Siksa Kubur, melainkan ada yang sedang dihadapi oleh diri sendiri. Namun siapa sangka, lewat syung film ini justru bikin Reza berhasil melewati masa stressed out. Setelah syuting film ini selesai, penat yang sedang dihadapi itu juga hilang. Ia mengaku banyak impact positif terutama untuk spiritual.

"Karena pada saat saya lagi penat, tapi saya harus akting depresi, jadi impact secara spiritual itu ada banget. Saya berhasil melompati stress out momen. Dari reading sampai wrap selesai semua, banyak impact positif," tambahnya.

Selain itu, mengenai pera Adil juga menjadi ketertarikan tersendiri buatnya. Peran Adil yang sangat depresif justru membuatnya semangat untuk memerankannya. Bahkan Reza sempat mengajak diskusi dengan seorang psikolog terkait peran ini.

Sebabnya ia selalu tertarik untuk mempelajari human behavior atau perilaku manusia. Jadi berdiskusi dengan psikolog membantunya untuk menemukan tampilan sosok Adil. Bukan tampilan luarnya saja, melainkan bahasa tubuhnya juga.

"Karakter soal Adil ini bisa dibicarakan juga sama psikolog. Karena sebenarnya saya suka mempelajari human behavior," tambahnya.

Reza Rahadian di film Siksa Kubur © 2024 brilio.net

foto: Istimewa

Lalu, untuk tampilan luar, ia juga berkontribusi dalam mengusulkan ide. Awalnya, sosok Adil akan digambarkan memiliki kulit yang bersih. Namun menurut Reza, tampilan Adil yang depresi seharusnya dibuat makeup very oily dan brewokan.. Sebabnya orang yang depresi biasanya tidak terawat.

"Problem saya kalo terlalu bersih terlalu cute, jadi kayak kurang hidupnya kurang sengsara kurang beban," kata Reza.

Sejak itu, tampilan sosok Adil akhirnya digambarkan sebagai orang yang memiliki brewok, tebal, liar, dan tak terurus. Ia pun harus rela menumbuhkan brewok tersebut selama 1,5 bulan.

"Aku nggak mau cukur, emang pengen liar aja tumbuh rambutnya, jadi alami, walaupun sebenernya gatel banget," ucapnya.

Terkait karakter ia bawakan di berbagai film tentu berbeda-beda. Namun ia selalu mendisiplinkan untuk tidak membawa pulang karakter di film.

"Di lokasi syuting sebagai Adil, di rumah aku harus sebagai Reza Rahadian, karakter Adil saya letakkan di lokasi syuting yang terhormat," katanya.

Menurutnya, jika karakter di film terbawa dalam kehidupan sehari-hari, nantinya akan merugikan banyak orang. Salah satunya karakter Adil sebagai pria depresi ini.

Pada film Siksa Kubur, Reza dipasangkan dengan Faradina Mufti. Film bergenre horor religi ini akan tayang di bioskop pada libur Lebaran nanti, tepatnya mulai 10 April 2024.