Brilio.net - Kabar duka datang dari dunia perfilman Amerika Serikat. Ed Asner, aktor asal Amerika yang mengisi suara karakter duda tua Carl Fredricksen dalam animasi Up dikabarkan meninggal dunia.

Dilansir brilio.net dari BBC.com, Senin (30/8) aktor kelahiran Kansas, AS 15 November 1929 ini tutup usia pada Minggu pagi, (29/8) kata keluarganya.

pengisi suara Carl Fredricksen dalam film Up meninggal dunia © berbagai sumber

foto: Instagram/@westwoodvillage

"Kata-kata tidak bisa mengungkapkan kesedihan yang kami rasakan. Dengan ciuman di kepalamu-Selamat malam ayah. Kami mencintaimu," kata keluarganya dikutip dari BBC.com, Senin (30/8).

Asner lahir di Kansas City, Missouri pada tahun 1929, dan mulai berakting di sekolah. Setelah menjalani dua tahun pendidikan militer di Korps Sinyal Angkatan Darat AS, Asner kembali ke pekerjaan teater di Chicago.

Pada 1955 ia membuat debut Broadway-nya dengan aktor Jack Lemmon di Face of A Hero, kemudian tampil dengan festival Shakespeare Amerika dan New York dan muncul di berbagai pertunjukan di luar Broadway.

Asner pindah ke Hollywood pada 1961 dan memulai kariernya yang terkenal di televisi dan film. Dia dilantik ke dalam Academy of Television Arts & Sciences Hall of Fame pada 1996.

Sebelum terkenal sebagai pengisi suara di film Up, namanya sempat meledak setelah berperan dalam tayangan drama seri The Mary Tyler Moore Show sebagai Lou Grant pada 1970-an.

pengisi suara Carl Fredricksen dalam film Up meninggal dunia © berbagai sumber

foto: Instagram/@disney

Peran tersebut membantu Asner meraih tujuh penghargaan Emmy (penghargaan di industri pertelevisian) sepanjang kariernya. Ini merupakan penghargaan terbanyak untuk pemain pria.

Pada 2009, Anser dikenal oleh penonton generasi baru dengan memerankan duda tua Carl Fredricksen dalam animasi hit Up. Dia juga berperan sebagai Santa Claus dalam komedi Will Ferrell tahun 2003.

Selama karier aktingnya Asner adalah pendukung vokal dari sejumlah isu kemanusiaan dan politik, termasuk serikat pekerja dan hak-hak hewan. Dia menjabat sebagai presiden Screen Actors Guild dari 1981 hingga 1985, dan dihormati pada tahun 2000 dengan Ralph Morgan Award yang bergengsi dari serikat pekerja.