Brilio.net - Akting aktor asal Massachusetts, Matthew Paige Damon atau lebih dikenal dengan nama Matt Damon tak diragukan lagi.  Aktor tampan ini identik dengan karakter Jason Bourne. Sosok lain yang perannya tak tergantikan adalah Linus Caldwell pada Ocean's Trilogy.

Penampilannya dalam film Jason Bourne yang rilis akhir Juli 2016 mengobati kerinduan para pecinta agen CIA tersebut. Film ini bercerita tentang pencarian identitas Bourne dan bagaimana dia bisa direkrut sebagai agen.

Namun tak hanya itu, pria yang memulai debut profesional sebagai aktor pada film  Mystic Pizza (1988) ini telah memerankan banyak karakter utama di banyak film. Berikut ini 10 film terbaiknya, dirilis brilio.net dari Rotten Tomatoes pada Rabu (3/8).

1. The Talented Mr. Ripley (1999).

film damon  © 2016 brilio.net



Dalam film yang disutradarai Anthony Minghella ini, Matt Damon memerankan Tom Ripley. Film ini adalah tentang seorang Tom Ripley yang memanfaatkan berbagai siasat untuk dapat bertahan hidup di New York pada tahun 1950an. Film ber-genre  psychological thriller ini mendapat rating 83%.

2. Contagion (2011).

film damon  © 2016 brilio.net



Dalam film ini Matt Damon membersamai Marion Cotillard, Bryan Cranston, Matt Damon, Laurence Fishburne, Jude Law, Gwyneth Paltrow, Kate Winslet, dan Jennifer Ehle. Film besutan Steven Soderbergh ini merupakan thriller berbasis medis, mengisahkan upaya penghentian penyebaran penyakit belum teridentifikasi yang menyebar ke seluruh dunia. Film ini mendapat rating 84%.

3. Courage under Fire (1996).

film damon  © 2016 brilio.net



Film karya sutradara Edward Zwick ini mengisahkan tentang mengimplementasikan patriotisme hingga rela bertaruh nyawa. Namun Zwick lebih menonjolkan drama penyelidikan tentang kelayakan Kapten Emma Walden wanita pertama penerima Medal of Honor, ketimbang adegan peperangan. Dalam film ini Matt Damon memerankan seorang petugas medis bernama Andrew Ilario. Film ini mendapat rating 85%.

4. The Departed (2006).

film damon  © 2016 brilio.net



Film yang disutradarai Martin Scorsese ini merupakan remake dari film bergenre crime terbaik Hong Kong, Internal Affair. Film ini mengangkat tema mafia yang menyelundupkan mata-mata di FBI. Matt Damon berperan selaku mata-mata tersebut yang bernama Collin Sullivan. Dia membersamai aktor-aktor kenamaan seperti Leonardo DiCaprio, Jack Nicholson, Mark Wahlberg, Vera Farmiga serta Alec Baldwin. Film ini mendapat rating 91%.

5. Saving Private Ryan (1998).

film damon  © 2016 brilio.net



Peran Matt Damon dalam film ini adalah sebagai Private Ryan. Dibesut oleh Steven Spielberg, film ini mengisahkan penjemputan seorang James Ryan dari medan Perang Dunia II. Tiga saudara Ryan yang juga tentara telah gugur dalam medang perang. Maka Kapten John Miller (Tom Hanks) bersama delapan prajurit menjemput Ryan untuk dibebastugaskan. Film ini mendapat rating 92%.

6. The Martian (2016).

film damon  © 2016 brilio.net



Film garapan Ridley Scott ini mengisahkan seorang astronot bernama Mark Watney yang ditinggalkan kawanannya akibat disangka telah tewas oleh sebuah badai di luar angkasa. Mark kemudian mencoba bertahan hidup dalam keadaan benar-benar sendiri di Mars. Mark Watney diperankan oleh Matt Damon. Film ini mendapat rating 92%.

7. The Bourne Ultimatum (2007).

film damon  © 2016 brilio.net



Film yang disutradarai Paul Greengrass ini menceritakan Jason Bourne (Matt Damon) yang memutuskan menanggalkan keagenannya di CIA. Akibatnya, Bourne dikejar-kejar sampai suatu ketika ingatannya pudar. Bourne berupaya menemukan jati dirinya melalui sebuah operasi bernama Blackbriar. Film ini mendapat rating 93%.

8. Behind the Candelabra (2013).

film damon  © 2016 brilio.net



FIlm terakhir dari Steven Soderbergh ini mengangkat tentang sepasang kekasih sesama jenis, yaitu antara pianis ternama Liberace dengan pemuda 17 tahun Scott Thorson yang merupakan tangan kanannya. Matt Damon berperan sebagai Scott Thorson. Film ini mendapat ranking 95%.

9. True Grit (2010).

film damon  © 2016 brilio.net



Ethan Coen dan Joel Coen adalah penggarap film ini. Film ini mengangkat hubungan baik antara ayah dengan anak hingga suatu ketika sang ayah dibunuh. Sang anak pun berupaya membalas dendam. Matt Damon berperan sebagai LaBoeuf. Film ini mendapat ranking 96%.

10. Good Will hunting (1997).

film damon  © 2016 brilio.net



Gus Van Sant selaku sutradara mengisahkan Will Hunting, adalah seorang pemuda begajulan karena terbiasa dengan hidup yang keras dan tanpa aturan. Hunting memiliki permasalahan masa lalu. Namun dia punya kelebihan yaitu otak cerdas. Hunting berhasil memecahkan sebuah soal dari Prof. Gerald di kampus dia bekerja. Film ini mendapat ranking 97%.