Brilio.net - Sampai saat ini sudah tak terhitung film yang mengadaptasi dari buku yang laris di pasaran. Meski begitu, tak jarang justru mengecewakan.

Bisa dipahami tantangan yang dimiliki oleh para pembuat film. Mereka harus "memindahkan" isi buku ke bentuk yang pas ketika ditampilkan secara visual. Repotnya, setiap pembaca memiliki imajinasi yang berbeda terhadap buku yang sudah dibacanya.

Nah, ternyata di antara film yang mengadaptasi buku yang berakhir mengecewakan penikmat buku dan film. Ada beberapa film yang adaptasi yang terbilang sukses lho.

Penasaran apa saja? berikut daftar film adaptasi buku terbaik yang brilio.net lansir dari ranker.com, Jumat (25/11).

1. Forrest Gump.

Loading...

film buku terbaik © 2016 imdb.com

foto: imdb.com

Film yang dirilis pada tahun 1994 ini bertajuk drama komedi, dan mengadaptasi dari buku berjudul sama yang diterbitkan pada tahun 1986. Meski mendapat peringkat 13 di Top 250 di IMDB, film yang dibintangi oleh Tom Hanks ini juga mendapat banyak kritikan. Dalam ajang Academy Awards, film ini memborong banyak penghargaan, diantaranya adalah Best Picture, Best Director, Best Actor, Best Adapted Screenplay, dan masih banyak yang lainnya.

Film ini menceritakan tentang seorang pria bernama Forrest Gump yang dibesarkan oleh ibunya dengan penuh perjuangan. Forrest sering diejek dan dijauhi oleh kawan-kawannya karena kecerdasannya yang di bawah rata-rata dan keterbatasan fisiknya. Namun di luar keterbatasannya, ia memiliki kemampuan lari yang cepat.

2. The Shawshank Redemption.

film buku terbaik © 2016 imdb.com

foto: imdb.com

The Shawshank Redemption adalah film drama Amerika Serikat tahun 1994 yang ditulis dan disutradarai Frank Darabont dan dibintangi Tim Robbins dan Morgan Freeman.

Diadaptasi dari novella karya Stephen King, Rita Hayworth and Shawshank Redemption, film ini menceritakan kisah Andy Dufresne, seorang bankir yang menghabiskan hampir dua puluh tahun di Shawshank State Prison atas pembunuhan istri dan selingkuhannya meski ia mengklaim tidak melakukannya. Film ini dipuji oleh berbagai kritikus, masuk sejumlah nominasi penghargaan.

3. Trilogi The Lord of the Rings.

film buku terbaik © 2016 imdb.com

foto: imdb.com

The Lord of the Rings adalah novel kisah fantasi epik karangan JRR Tolkien. Diterbitkan dalam tiga jilid pada tahun 1954 dan 1955.

The Lord of the Rings telah difilmkan tiga kali, yang pertama sebagai film animasi oleh Ralph Bakshi pada tahun 1978, yang kedua pada tahun 1980 sebagai acara televisi. Karya ketiga, trilogi film The Lord of the Rings oleh sutradara Peter Jackson yang dirilis pada tahun 2001, 2002, dan 2003, memenangkan beberapa Academy Awards dan memperbaharui minat publik dalam trilogi ini.

4. The Green Mile.

film buku terbaik © 2016 imdb.com

foto: imdb.com

The Green Mile adalah film drama Amerika tahun 1999 yang disutradarai oleh Frank Darabont, dan diadaptasi dari novel tahun 1996 berjudul sama karangan Stephen King. Film ini berformat "flashback" dan dibintangi oleh Tom Hanks yang berperan sebagai Paul Edgecomb dan Michael Clarke Duncan sebagai John Coffeey. Film ini bercerita mengenai kehidupan Paul sebagai sipir penjara hukuman mati pada saat depresi besar terjadi di Amerika Serikat, dan peristiwa-peristiwa supernatural yang ia saksikan.

Film ini dinominasikan untuk empat Academy Awards: Aktor Pendukung Terbaik kepada Michael Clarke Duncan, Film Terbaik, Tata Suara Terbaik, dan Skenario Adaptasi Terbaik.

5. The Godfather.

film buku terbaik © 2016 imdb.com

foto: imdb.com

The Godfather adalah sebuah film kriminal Amerika tahun 1972, yang disutradarai oleh Francis Ford Coppola, berdasarkan novel laris Puzo dengan nama yang sama. Dibintangi oleh Marlon Brando dan Al Pacino yang berperan sebagai pemimpin dari keluarga kriminal di New York, cerita ini mengambil setting tahun 1945-1955, berfokus pada transformasi Michael Corleone yang berasal dari luar keluarga yang kemudian menjadi bos mafia yang kejam.

The Godfather secara umum dianggap sebagai salah satu film terbesar di dunia perfilman, dan juga sebagai salah satu film yang paling berpengaruh, terutama film berjenis gangster.

6. The Silence of the Lambs.

film buku terbaik © 2016 imdb.com

foto: imdb.com

Film tahun 1991 ini disutradarai oleh Jonathan Demme dan dibintangi oleh Jodie Foster dan Anthony Hopkins. Sebuah film yang diadaptasi dari novel karya Thomas Harris yang menceritakan tentang Dr Hannibal Lecter yang merupakan seorang psikiater, pembunuh genius, dan kanibal.

Dalam film ini, Clarice Starling seorang pelatihan FBI muda dikirim untuk bertemu dengan Lecter yang dipenjara untuk meminta nasihat dalam menangkap seorang pembunuh berantai yang bernama Buffalo Bill yang menculik wanita untuk dikuliti. Film ini memenangkan lima Academy Awards termasuk Film Terbaik.

7. To Kill a Mockingbird.

film buku terbaik © 2016 imdb.com

foto: imdb.com

Film To Kill a Mockingbird dirilis pada tahun 1962, dan merupakan adaptasi dari novel dengan dengan judul yang sama karangan Harper Lee yang diterbitkan pada tahun 1960. Film ini disutradarai Robert Mulligan, dan berhasil mendapatkan piala Oscar.

Film yang dibintangi oleh Gregory Peck ini mengangkat isu seirus seperti pemerkosaan dan diskriminasi ras.

8. The Wizard of Oz.

film buku terbaik © 2016 imdb.com

foto: imdb.com

Film ini disutradarai oleh Victor Fleming bersama George Cukor. Film The Wizard of Oz merupakan film bergenre fantasi petualangan yang dirilis pada tahun 1939.

Film yang diadaptasi dari bacaan anak karya Lyman Frank Baum bercerita tentang petualangan seorang gadis bernama Dorothy yang tinggal dengan paman dan bibinya di sebuah peternakan kecil di kansas, Amerika bertualang di Negeri Oz.

9. Schindler's List.

film buku terbaik © 2016 imdb.com

foto: imdb.com

Schindler's List adalah film 1993 berdasarkan novel karya Thomas Keneally. Film yang disutradarai oleh Steven Spielberg, mengisahkan riwayat Oskar Schindler, seorang pengusaha Katolik Jerman yang berperan dalam menyelamatkan nyawa lebih dari seribu orang Yahudi Polandia pada masa Holocaust. Judulnya merujuk kepada daftar nama dari 1.100 orang Yahudi yang dipekerjakan Schindler di pabriknya dan berkat dirinya tidak dikirim ke kamp-kamp konsentrasi.

10. Seri Harry Potter.

film buku terbaik © 2016 imdb.com

foto: imdb.com

Film yang dibuat delapan seri ini diadaptasi dari novel karangan J.K. Rowling dengan judul yang sama yang yang terdiri dari tujuh buku. Bukun ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1997 di London.

Film yang dibintangi oleh Daniel Radcliffe, Emma Watson, Rupert Grint, serta Michael Gambon ini bercerita tentang petualangan para penyihir muda di sekolah Hogwarts, sekolah khusus penyihir.