Brilio.net - Ketika trailer film The Great Wall dirilis, banyak respon positif muncul dan tak sedikit yang kontra. Persoalan besar yang diperdebatkan adalah isu whitewashing. Mengapa film action dengan memakai latar tempat di China memakai aktor orang Barat. Terlebih, sang sutradara Zhang Yimou merupakan orang China.

Komplain ini muncul mengikuti beberapa film sebelumnya dengan isu yang sama. Antara lain peran Tilda Swinton di film Doctor Strange, Scarlett Johansson dalam Ghost in the Shell, dan Finn Jones di Iron Fist.

great wall © 2016 brilio.net

Dalam konferensi pers di New York Comic-Con pada Sabtu (8/10) lalu, Matt Damon dimintai pendapatnya. Dia mengaku hanya ditawari menjadi pemeran saja.

"Mereka (filmaker) mencoba menghadirkan semuanya dalam 30 detik atau satu menit. Itu bukan trailer panjang, hanyalah pancingan. Mereka mencoba memantik sesosok monster. Mereka mencoba menyampaikan pada lebih banyak audiens. Kau mungkin tak tahu sosok sang sutradaranya di Amerika Tengah, (dia adalah) Steven Spielberg dari China," tutur Damon seperti dirilis dari screenrush.com, Senin (18/10).

Damon menekankan film bukan berdasarkan kisah nyata, melainkan hanyalah cerita rakyat. Sang sutradara membenarkan hal itu. Dia menimpali bahwa Damon memerankan salah satu dari lima karakter pahlawan. Keempat lainnya merupakan aktor China.

great wall © 2016 brilio.net

"Begini, jika orang-orang menonton film ini dan merasa seperti bagaimana bisa orang Barat terlibat dalam film yang kami buat, saya akan mendengarkan itu dengan hati terdalam. Saya akan memikirkannya dan mencoba belajar dari itu. Sebagai ornag yang ingin maju saya benar-benar setuju untuk mendengar dan mencoba sensitif. Tapi akhirnya saya merasa seperti kau meruntuhkan kredibilitasmu ketika kau menyerang sesuatu tanpa melihatnya terlebih dahulu," tutur sutradara Yimou.

Film ini berkisah tentang sosok monster kuno yang usianya lebih tua dari hewan naga yang dianggap sangat tua di legenda China. Tembok sepanjang 13.000 mil dibangun untuk menghalau serangan monster tersebut. Film ini akan diisi pula oleh Jing Tian, Willem Dafoe, Andy Lau dan anggota boy band China Junkai Wang. Film keren tersebut akan rilis Februari 2017.