Brilio.net - Film Ranah 3 Warna memulai debut tayangnya di ajang Jakarta Film Week (JFW) 2021 yang berlangsung pada 18-21 November 2021. Film ini merupakan adaptasi kedua dari novel trilogi dengan judul yang sama karya Ahmad Fuadi. Awalnya, film ini akan dirilis pada 2020 lalu, tetapi karena pandemi Covid-19, rencana tersebut baru bisa direalisasikan pada 2021 ini.

Film ini menampilkan kelanjutan kisah Alif Fikri, seorang santri yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Frasa 'Man Shabara Zhafira' atau yang berarti 'siapa yang bersabar akan beruntung', menjadi sebuah pesan besar dalam film yang disutradarai Guntur Soeharjanto tersebut.

"Film ini berkisah tentang seorang pemuda yang sudah berusaha sekuat tenaga untuk meneruskan pendidikan, namun belum juga berhasil. Sebelumnya menggunakan frasa 'Man Jadda Wa Jadda', namun ternyata perlu juga adanya kesabaran, 'Man Sabhara Zhafira'," ujar Guntur dalam keterangan resminya pada Kamis (18/11).

Terpilihnya film Ranah 3 Warna sebagai salah satu film yang diputar di JFW ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi Titan Hermawan, Direktur Utama PT MNC Pictures, selaku rumah produksi film ini.

"Film ini adalah film yang sangat sarat pesan moral. Terlebih melalui Official Selection JFW, saatnya dunia memandang Indonesia lewat karya dalam hal ini 'Ranah 3 Warna' yang bisa menjadi representasi Indonesia di mata internasional," kata Titan seperti yang dilansir dari Antara (18/11).

"Ranah 3 Warna" akan rilis di bioskop pada 2022 mendatang dan akan dibintangi oleh artis pendatang baru dan juga beberapa artis senior seperti Arbani Yasiz, Amanda Rawles, Teuku Rassya, Maudy Koesnaedi, Tanta Ginting, Asri Welas, dan Lukman Sardi.