Brilio.net - Semua superhero dalam Marvel Cinematic Universe (MCU) mempunyai musuhnya masing-masing. Musuh tersebut merupakan lawan pilih tanding bagi Hawkeye karena tidak hanya membutuhkan kecermatan menggunakan senjata andalannya, melainkan juga membutuhkan kestabilan emosinya.

Betapa tidak membutuhkan kestabilan emosi, Hawkeye dalam beberapa kesempatan harus melawan Black Widow sebagai musuh. Padahal, keduanya dikenal sebagai sesama anggota Avengers dan saling dekat satu sama lain. Selain itu, Hawkeye harus menghadapi kedua guru atau mentornya di masa lalu. Pertarungan semacam itu membuat Hawkeye harus berpikir ekstra untuk menaklukkan lawan tandingnya.

Musuh Hawkeye yang lain tak dapat diremehkan begitu saja. Bahkan, beberapa musuhnya mampu meniru kekuatan dan kemampuan Hawkeye yang juga mahir memanah dan seni pedang. Hal ini membuat Hawkeye harus berpikir ekstra untuk dapat mengalahkan musuh-musuhnya. Selain itu, beragam pernyataan muncul menjelang rilis seri Disney+ Hawkeye pada 24 November 2021 mendatang.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Kamis (16/9), berikut 9 Karakter musuh Hawkeye, Black Widow lawan tersulit.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Black Widow.

Karakter musuh Hawkeye berbagai sumber

foto: imdb.com

Salah satu musuh yang bisa membuat Hawkeye kelimpungan adalah Black Widow. Hawkeye dan Black Widow sama-sama tidak mempunyai kekuatan super, melainkan punya kekuatan luar biasa dari hasil latihan selama bertahun-tahun. Black Widow menjadi musuh yang cukup merepotkan saat Hawkeye harus melawannya sebagainya. Pasalnya, kedua merupakan sesama anggota Avengers dan keduanya sempat menjalin hubungan cinta kasih. Hal ini tentu saja membuat Hawkeye ataupun Black Widow terlibat dalam pertarungan emosional yang mendebarkan. Oleh karena itu, Black Widow menjadi musuh tersulit bukan karena dilengkapi senjata canggih, melainkan karena faktor kedekatan mereka yang sepanjang MCU selalu hadir sepaket.

2. Taskmaster.

Karakter musuh Hawkeye berbagai sumber

foto: imdb.com

Taskmaster menjadi musuh terberat Hawkeye karena juga mempunyai kemampuan yang sama persis dengan Hawkeye. Tidak hanya itu, Taskmaster juga punya perisai dengan kemampuan bertarung Captain America, ketajaman menembak Black Widow, ilmu pedang superior Black Knight, dan banyak lagi. Kemampuan tersebut membuatnya penjahat mematikan dalam Marvel dan membuat Hawkeye kewalahan.

3. Bullseye.

Karakter musuh Hawkeye berbagai sumber

foto: marvel.com

Bullseye menjadi musuh yang paling menakutkan bagi Hawkeye. Bullseye dikenal sebagai seorang pembunuh yang tidak meleset saat membidik sasarannya, kecuali ada yang mengganggu tembakannya. Dalam Marvel Universe, Bullseye pernah membunuh hampir semua tentara bayaran manusia. Salah satu momen yang membuat Bullseye menjadi musuh pilih tanding Hawkeye adalah ketika ia menjadi penjahat dan Norman Osborn memilihnya untuk menyamar sebagai pemanah selama alur cerita Dark Avengers.

4. Baron Zemo.

Karakter musuh Hawkeye berbagai sumber

foto: marvelcinematicuniverse.fandom.com

Baron Zemo merupakan salah satu musuh yang mempunyai kekuatan unik dan berbeda dengan Hawkeye. Zemo dikenal sebagai putra mantan agen Nazi yang ingin terus menghayati nama ayahnya. Hal ini merupakan salah satu alasan mengapa Zemo menjadi sosok jahat dan menjadi musuh utama Hawkeye. Zemo mempunyai kekuatan yang mampu mengendalikan orang lain secara manipulatif. Selain itu, ia pernah mengumpulkan beberapa penjahat super menjadi satu tim seperti Masters of Evil dan Thunderbolt.

5. Crossfire.

Karakter musuh Hawkeye berbagai sumber

foto: marvel.fandom.com

Crossfire barangkali menjadi salah satu musuh Hawkeye yang tidak populer dibandingkan yang lain. Walaupun begitu, Crossfire menjadi musuh yang layak diperhitungkan karena ia dilengkapi dengan persenjataan canggih sekaligus latar belakangnya sebagai anggota agen CIA. Salah satu kekuatan yang membuat semua lawannya kerepotan adalah implan sibernetiknya yang membuat bidikan dengan akurasi yang tepat.

6. Trick Shot.

Karakter musuh Hawkeye berbagai sumber

foto: marvel.com

Trick Shot bisa jadi musuh yang mampu menandingi kekuatan Hawkeye karena ia mampu menduplikasi keterampilan memanah yang dimiliki Hawkeye. Trick Shot sebenarnya adalah Buck Chisholm, pria yang melatih Hawkeye memanah dan trik panah bersama Swordsman yang mengajarinya cara menggunakan pedang. Guru Hawkeye ini menjadi menjadi lawan yang sulit jika ia benar-benar menjadi musuh Hawkeye.

7. Clown.

Karakter musuh Hawkeye berbagai sumber

foto: cbr.com

Dalam Hawkeye Vol. 4 #8, salah satu musuh Hawkeye adalah Kazimierz Kazimierczak, atau disebut sebagai Clown, yang berarti badut. Kazimierz dikenal sebagai seorang badut yang beralih menjadi seorang kriminal dan pembunuh berantai. Pembunuhan tersebut dilakukannya tanpa motif apa pun selain ingin membuat kekacauan di banyak tempat. Aksinya tersebut berhasil dihentikan Hawkeye bersama Kate Bishop.

8. Ringmaster.

Karakter musuh Hawkeye berbagai sumber

foto: disney.fandom.com

Ringmaster merupakan pimpinan Circus of Crime yang merupakan tempat Clint Barton ditempa sebagai pemain sirkus sekaligus menjadi seorang kriminal. Salah satu yang membuat Ringmaster cukup kuat adalah kemampuannya untuk menghipnotis seluruh pemain sirkus di bawah komandonya. Ringmaster master sempat mengajak Hawkeye, Quicksilver, dan Scarlet Witch untuk bergabung dengannya kembali. Namun, ajakan tersebut ditolak Hawkeye dan membuatnya menjadi musuh bagi Ringmaster.

9. Swordsman.

Karakter musuh Hawkeye berbagai sumber

foto: marvel.com

Swordsman adalah guru yang mengajari Clint Barton teknik dan seni pedang. Ia merupakan salah satu orang penting dalam hidup Hawkeye. Salah satu tujuan Swordsman melatih Hawkeye adalah agar kelak ia dapat terampil menjadi seorang pencuri dan mampu membawa barang paling berharga. Hawkeye sempat menangkap Swordsman dan menyerahkannya kepada polisi karena perasaan emosional yang dirasakannya. Namun, Swordsman berhasil mengecoh polisi dan berhasil kabur dari penjara.

(brl/guf)