1. Self Made (2020).

film serial Netflix dunia usaha berbagai sumber

foto: imdb.com

Self Made merupakan film serial Netflix bertema dunia usaha yang pernah dilakukan oleh Madam CJ Walker, seorang pengusaha sekaligus aktivis sosial. Wanita yang lahir pada 1867 tersebut tercatat sebagai jutawan wanita pertama di Amerika dalam Guinness Book of World Records.

Sebagai wanita berkulit hitam, ia mampu keluar dari belenggu rasisme pada zaman tersebut dan menunjukkan kemampuannya pada dunia. Ia memulai karir sebagai tukang cuci, hidup tidaklah mudah baginya. Stres yang ia rasakan membuat kondisi rambutnya tidak sehat, ditambah dengan perlakuan suaminya yang kasar. Hidupnya berubah sejak ia bertemu dengan Addie, penjual krim penumbuh rambut. Hidupnya semakin lengkap saat ia bertemu dan menikah dengan CJ Walker.

2. Itaewon Class (2020).

film serial Netflix dunia usaha berbagai sumber

foto: imdb.com

Itaewon Class merupakan film serial Netflix bertema dunia usaha yang dilakukan oleh Park Sae-ro-yi, seorang narapidana yang pernah dipenjara akibat percobaan pembunuhan terhadap Jang Geun-won, putra dari Jang Dae-hee, pendiri Jangga Grup. Selepas dari penjara, Sae-ro-yi membuka bar dan restorannya sendiri untuk menjadi waralaba top di Korea. Sae-ro-yi kemudian mempekerjakan sekelompok orang aneh yang dipimpin oleh Jo Yi-seo, manajer restoran pesaing Jangga Group.

Setelah beberapa tahun menjalankan restoran tersebut, Sae-ro-yi sadar bahwa yang menolong dirinya saat berbagai serangan dari Jangga Group adalah dana tabungan yang ia miliki. Hal tersebut membuat bisnisnya cenderung stabil dan tidak gampang tumbang. Film serial ini menggambarkan bahwa untuk siapa saja bisa menjadi seorang pebisnis sukses dengan kemampuan finansial yang memadai.

3. Bad Boy Billionaires (2020).

film serial Netflix dunia usaha berbagai sumber

foto: imdb.com

Bad Boy Billionaires merupakan film serial Netflix bertema dunia usaha di India dan fokus terhadap empat orang pengusaha. Film ini dikemas dalam seri dokumenter yang menampilkan kehidupan empat tokoh bisnis terkemuka India seperti Vijay Mallya, Nirav Modi, Subrata Roy, dan Ramalinga Raju. Mewakili perusahaan masing-masing, empat orang tersebut mencapai sukses besar dalam bisnis sebelum akhirnya dituduh dengan skandal korupsi.

4. The Laundromat (2019).

film serial Netflix dunia usaha berbagai sumber

foto: imdb.com

The Laundromat merupakan film serial Netflix bertema dunia usaha yang membawa Ellen Martin dalam sebuah investigasi kebijakan asuransi palsu pada sebuah perusahaan. Dalam investigasi tersebut, terbongkar 1155 juta dokumen secara detail fakta yang membuktikan kecurangan dalam "permainan" uang dan pajak untuk kepemilikan properti di pasar Inggris.

Pengacara Jürgen Mossack dan Ramón Fonseca memperkenalkan diri, bersama dengan konsep uang dan kredit. Pasangan ini berperan sebagai narator untuk tiga cerita tentang orang-orang di seluruh dunia yang terpengaruh oleh intrik perusahaan mereka, Mossack Fonseca. Meskipun ceritanya agak fiksional, nama-nama firma hukum yang menjadi pusat skandal bersama dengan nama-nama pendirinya tidak disebutkan karena persoalan etis. Benang merah tiga cerita tersebut bahwa mereka tak bisa percaya begitu saja pada orang yang ingin menipu dan melakukan kejahatan finansial.

5. The Resistance Banker (2018).

film serial Netflix dunia usaha berbagai sumber

foto: imdb.com

The Resistance Banker merupakan film serial Netflix bertema dunia usaha seseorang yang menjadi perang sebagai ladang bisnis. Film serial ini mengisahkan Walraven Wally van Hall, seorang bankir Belanda yang terlibat mendanai perlawanan terhadap Jerman di negaranya selama Perang Dunia II. Wally kemudian merekrut saudaranya, Gijsbert van Hall, seorang politikus Belanda untuk membantunya menjalankan dana tersebut.

Keduanya menjangkau seluruh jaringan yang mereka kenal, dan berhasil mengumpulkan lebih banyak uang tunai denominasi besar dan denominasi kecil. Dalam menjalankan aksinya, Wally menggunakan nama samaran Van Tuyll. Walaupun sudah berusaha mengumpulkan dana dan disalurkan kepada militer Belanda, hal ini tak membuat Nazi segera hengkang dari Belanda. Beberapa teman Wally ketahuan militer Nazi dan mati tertembak. Film ini menampilkan aksi heroik seorang pebisnis Belanda yang mau mengeluarkan semua uangnya saat kondisi genting.