5. The Good Liar (2019).

film Netflix penipuan berbagai sumber

foto: imdb.com

The Good Liar merupakan film Netflix mengisahkan penipuan yang mengisahkan Roy (Ian McKellen) seorang penipu ulung berhasil mendekati Betty, janda kaya raya dengan harta melimpah melalui situs kencan daring. Perkenalan daring mereka pun berlangsung intens dan membuat mereka saling mencintai.

Namun, hubungan keduanya mendapat respons keras dari keluarga Betty, yang menduga Roy punya niat jahat. Saat memulai misinya ternyata Roy justru jatuh cinta kepada Betty. Roy yang awalnya bisa menjalankan misinya dengan mudah, justru harus melalui melewati jalan yang bisa membahayakan dirinya sendiri.

6. The Laundromat (2019).

film Netflix penipuan berbagai sumber

foto: imdb.com

The Laundromat merupakan film Netflix mengisahkan penipuan yang membawa Ellen Martin dalam sebuah investigasi kebijakan asuransi palsu pada sebuah perusahaan. Dalam investigasi tersebut, terbongkar 1155 juta dokumen secara detail fakta yang membuktikan kecurangan dalam “permainan” uang dan pajak untuk kepemilikan properti di pasar Inggris.

Pengacara Jürgen Mossack dan Ramón Fonseca memperkenalkan diri, bersama dengan konsep uang dan kredit. Pasangan ini berperan sebagai narator untuk tiga cerita tentang orang-orang di seluruh dunia yang terpengaruh oleh intrik perusahaan mereka, Mossack Fonseca.

Meskipun ceritanya agak fiksional, nama-nama firma hukum yang menjadi pusat skandal bersama dengan nama-nama pendirinya tidak disebutkan karena persoalan etis. Ketiga cerita tersebut pada benang merah bahwa mereka tak bisa percaya begitu saja pada orang yang ingin menipu dan melakukan kejahatan finansial.

7. Now You See Me (2013).

film Netflix penipuan berbagai sumber

foto: imdb.com

You See Me merupakan film Netflix mengisahkan penipuan sekaligus perampokan yang dilakukan empat orang pesulap diberikan misi oleh seseorang misterius. Keempat pesulap tersebut antara lain Daniel (Jesse Eisenberg) ahli bermain kartu, Henley (Isla Fisher) ahli permainan berbahaya, Jack Wilder (Dave Franco) ahli kecepatan tangan, dan Merrit (Woody Harrelson) ahli hipnotis. Mereka akhirnya menamakan diri dengan sebutan 'Four Horseman'.

Four Horseman kemudian menggelar pertunjukan sulap yang akhirnya menjadi aksi perampokan. Arthur Tressler kemudian bekerja sama dengan pihak kepolisian karena mengalami kerugian atas tindak kejahatan tersebut.

8. Tower Heist (2011).

film Netflix penipuan berbagai sumber

foto: imdb.com

Tower Heist merupakan film Netflix mengisahkan penipuan yang dialami oleh Josh Kovaks, manajer gedung The Tower, sebuah kompleks apartemen kelas atas di New York City. Ia memiliki staf miliarder Wall Street Arthur Shaw sebagai penyewa penthouse-nya.

Staf tersebut kehilangan semua uang pensiun mereka karena Josh memberikannya kepada Shaw, yang berada di bawah tahanan rumah oleh FBI karena mendalangi skema Ponzi hingga dapat menggelapkan hingga USD 2 miliar. Mengetahui hal tersebut, Josh tidak tinggal diam dan mencoba bekerja sama dengan FBI untuk mendapatkan kembali apa yang seharusnya menjadi haknya dan orang lain sepertinya.

9. Catch Me If You Can (2002).

film Netflix penipuan berbagai sumber

foto: imdb.com

Catch Me If You Can merupakan film Netflix mengisahkan penipuan berdasarkan otobiografi Frank Abagnale yang diduga, sebelum ulang tahunnya yang ke-19, berhasil melakukan penipuan bernilai jutaan dolar dengan menyamar sebagai pilot Pan American World Airways, seorang dokter Georgia, dan seorang jaksa paroki Louisiana. Berbagai cara terus dilakukan agar penyamarannya tersebut tak terkuak dan ia selamat dari buronan aparat keamanan.