1. The Tinder Swindler (2022).

film Netflix penipuan berbagai sumber

foto: imdb.com

The Tinder Swindler merupakan film Netflix mengisahkan penipuan melalui aplikasi kencan online. Penipuan tersebut dilakukan oleh seorang pria yang mengaku kaya raya.

Namun, ternyata sengaja memanfaatkan aplikasi kencan tersebut untuk mencari korban untuk ia peras. Hal itulah yang dilakukan oleh Shimon Hayut yang berkeliling Eropa dan mengaku sebagai putra mogul berlian Rusia-Israel Lev Leviev alias Raja Berlian.

Menggunakan nama Simon Leviev, ia berhasil menipu puluhan wanita di berbagai negara dan meraup banyak keuntungan secara finansial. Modusnya selalu sama dengan mengaku sebagai saudagar besar dan kaya raya, hingga melakukan pembayaran fiktif kepada setiap korbannya.

2. I Care a Lot (2020).

film Netflix penipuan berbagai sumber

foto: imdb.com

I Care a Lot merupakan film Netflix mengisahkan penipuan yang dilakukan seorang penipu yang mencari nafkah sebagai wali yang ditunjuk pengadilan untuk menyita aset orang tua yang rentan, termasuk ibu dari seorang gangster berbahaya. Hal itulah yang dilakukan oleh Marla Grayson.

Dr. Karen Amos menginformasikan kepada Marla tentang kasus potensial, seorang pensiunan kaya tanpa pasangan yang jelas atau keluarga dekat bernama Jennifer Peterson. Seorang hakim menunjuk Marla sebagai wali setelah bersama Dr. Amos bersaksi palsu bahwa Jennifer menderita demensia, kebingungan, dan kehilangan mobilitas.

Setelah perwalian berhasil, Marla mengeruk semua kekayaan Jennifer, termasuk harta yang tersembunyi dalam brankas berisi emas dan barang berharga lainnya.

3. Rising High (2020).

film Netflix penipuan berbagai sumber

foto: imdb.com

Rising High merupakan film Netflix mengisahkan penipuan yang dilakukan oleh dua penipu ulung di bisnis real estate. Keduanya adalah pria muda bernama Viktor Stein (David Kross) dan Gerry Falkland (Frederick Lau). Mereka mempunyai banyak cara untuk menyukseskan aksi-aksi curangnya agar bisa merajai bisnis properti di Berlin, Jerman.

Kedua orang tersebut berusaha untuk menjungkirbalikkan pasar properti Berlin sampai saat-saat indah mengancam untuk menghancurkan semuanya. Mereka siap melakukan apa saja untuk menjadi kaya raya.

4. Fyre (2019).

film Netflix penipuan berbagai sumber

foto: imdb.com

Fyre merupakan film Netflix mengisahkan penipuan yang dikemas dalam dokumenter menarik. Film ini mengisahkan Jerry Media, agensi media sosial yang bertanggung jawab untuk mempromosikan Festival Fyre.

Mereka bertanggung jawab atas sebuah penipuan, dan MATTE Projects, perusahaan produksi yang mengarahkan pemotretan promosi Festival Fyre. Jerry Media mendekati VICE dengan ide film dokumenter tiga bulan setelah kejadian.