1. Downfall: The Case Against Boeing (2022).

film Netflix kisah pilot berbagai sumber

foto: imdb.com

Downfall: The Case Against Boeing merupakan film Netflix kisah profesi pilot yang membawa insiden Boeing 737 MAX terjatuh. Kejadian tersebut menewaskan 346 orang dan menampilkan bagaimana Boeing lebih peduli dengan keuntungan finansial daripada keselamatan penumpang mereka.

Film ini mewawancarai orang-orang yang relevan dan menampilkan berbagai rekaman arsip. Film ini menelisik peristiwa sepanjang sejarah perusahaan produsen pesawat Boeing yang menyebabkan jatuhnya Lion Air Penerbangan 610 dan Ethiopian Airlines Penerbangan 302. Keduanya melibatkan Boeing 737 MAX dan terjadi dalam rentang waktu yang berdekatan.

Selain itu, film ini juga mewawancarai orang yang mengkritik kapitalisasi Boeing. Hal ini membuat Boeing berambisi untuk mengalahkan Airbus sebagai pesaingnya, tetapi abai dengan aspek keselamatan pesawat. Film ini menggambarkan bagaimana seluruh awak kabin, termasuk pilot menjadi pihak yang tak bisa berbuat apa-apa terkait persaingan tersebut.

2. Gunjan Saxena (2020).

film Netflix kisah pilot berbagai sumber

foto: imdb.com

Gunjan Saxena: The Kargil Girl merupakan film Netflix kisah profesi pilot yang mengisahkan sosok pilot perang perempuan Gunjan Saxena. Film ini merupakan drama biografi berbahasa Hindi India disutradarai oleh Sharan Sharma dan diproduksi di bawah Dharma Productions dan Zee Studios.

Film tersebut dibintangi oleh Janhvi Kapoor sebagai pilot Angkatan Udara India Gunjan Saxena, salah satu pilot angkatan udara wanita India pertama dalam pertempuran, bersama Pankaj Tripathi dan Angad Bedi dalam peran pendukung.

3. Triple Frontier (2019).

film Netflix kisah pilot berbagai sumber

foto: imdb.com

Triple Frontier merupakan film Netflix kisah profesi pilot yang mengisahkan Francisco "Catfish" Morales, seorang pilot yang akhirnya membantu penasihat militer swasta Santiago "Paus" Garcia. Paus bekerja di Kolombia memerangi kejahatan terorganisir. Seorang informan bernama Yovanna meminta bantuannya untuk menyelundupkan dia dan saudara laki-lakinya ke luar negeri sebagai ganti keberadaan seorang gembong narkoba bernama Lorea.

Yovanna memberi tahu Pope bahwa Lorea tinggal di sebuah rumah terpencil di hutan dengan uang tunai $75 juta. Pope melakukan perjalanan ke Florida untuk merekrut rekan-rekan veteran Delta Force untuk menyita uang dengan dalih bekerja untuk pemerintah.

Selain Catfish, ada juga Tom "Redfly" Davis, seorang makelar barang tak bergerak, William "Ironhead" Miller, seorang pembicara motivasi, dan Ben "Benny" Miller, seorang pejuang MMA. Pope berhasil meyakinkan tim untuk mencuri uang untuk diri mereka sendiri.

4. Sully (2016).

film Netflix kisah pilot berbagai sumber

foto: imdb.com

Sully merupakan film Netflix kisah profesi pilot yang terlibat dalam sebuah kecelakaan pesawat terbang. Film ini menggambarkan saat Kapten Chesley "Sully" Sullenberger dan First Officer Jeff Skiles menaiki US Airways Penerbangan 1549 dari Bandara LaGuardia ke Bandara Internasional Charlotte Douglas. Tiga menit setelah penerbangan, pada ketinggian sekitar 2.800 kaki (850 m), Airbus A320 menabrak kawanan burung dan merusak kedua mesin.

Tanpa banyak waktu untuk berpikir, mereka menilai diri mereka tidak dapat mencapai bandara terdekat (Bandara Teterboro menjadi yang terdekat), dan Sully membuang pesawat di Sungai Hudson. Meski mengalami luka ringan, awak dan penumpang dievakuasi tanpa ada korban jiwa. Walaupun Sully dipuji sebagai pahlawan, insiden itu membuatnya trauma sepanjang hidupnya.