6. Banting (2014).

film Netflix bertema islami berbagai sumber

foto: imdb.com

Banting merupakan film Netflix bertema islami berbahasa Melayu yang tampil dengan genre aksi-komedi. Film ini disutradarai oleh Raihan Halim dan dibintangi oleh Izyan Mellyna Ishak, Mastura Ahmad, Fauzie Laily, Jimmy Taenaka.

Film asal Singapura ini bercerita tentang seorang wanita muslim muda yang pengin menjadi pegulat profesional. Dibesarkan di tengah keluarga muslim yang kaku, dia harus diam-diam menyelesaikan latihan gulatnya. Namun, dia tidak bisa terus-menerus menyimpan rahasianya tersebut dan akhirnya harus terbuka terhadap keluarganya terkait aktivitasnya tersebut.

7. Sang Kiai (2013).

film Netflix bertema islami berbagai sumber

foto: imdb.com

Sang Kiai merupakan film Netflix bertema islami yang mengisahkan KH. Hasyim Asyari saat zaman pendudukan Jepang di Indonesia. Saat itu, Jepang mulai melarang pengibaran bendera merah putih, melarang lagu Indonesia Raya dan memaksa rakyat Indonesia untuk melakukan Sekerei (menghormat kepada Matahari).

KH Hasyim Asyari sebagai tokoh besar agama saat itu menolak untuk melakukan Sekerei karena beranggapan bahwa tindakan itu menyimpang dari aqidah agama Islam. Menolak karena sebagai umat Islam, hanya boleh menyembah kepada Allah SWT. Karena tindakannya yang berani itu, Jepang menangkap KH Hasyim Asyari. Film ini memotret berbagai peranan KH Hasyim Asyari di berbagai momen kemerdekaan seperti Resolusi Jihad yang menjadi pemantik perjuangan peristiwa 10 November 1945 di Surabaya.

8. Material (2012).

film Netflix bertema islami berbagai sumber

foto: imdb.com

Material merupakan film Netflix bertema islami yang berlatar di daerah kantong Muslim India di Fordsburg, Johannesburg. Materi berkisar pada hubungan yang menggelora antara Cassim Kaif dan ayahnya yang sudah lanjut usia yang satu mimpinya adalah putranya mengambil alih toko kain keluarga, yang berjuang untuk tetap bertahan.

Namun, Cassim ingin menjadi komedian stand-up, gagasan yang sangat tidak disetujui oleh ayahnya yang tradisionalis. Ketika Cassim mendapatkan pertunjukan di bar lokal, dia harus menemukan cara untuk merahasiakan aktivitas tersebut dari keluarganya. Penggambaran film tentang bentrokan antara pemuda, tradisi dan agama, silih berganti antara drama keluarga dan cuplikan dari dunia stand-up comedy.

9. Sang Pencerah (2010).

film Netflix bertema islami berbagai sumber

foto: imdb.com

Sang Pencerah merupakan film Netflix bertema islami yang mengisahkan sosok KH. Ahmad Dahlan saat mendirikan Muhammadiyah di Kauman, Yogyakarta. Film ini hadir dengan model biografi tokoh yang memuat berbagai perjalanan KH Ahmad Dahlan, mulai dari saat merintis Muhammadiyah hingga perjuangannya untuk memasukkan pelajaran agama Islam ke dalam sekolah Belanda.