Brilio.net - Film India selalu menyajikan kisah dramatis yang kerap kali mengundang air mata. Salah satu tema yang cukup menarik adalah mengisahkan perjuangan seorang ibu.

Terbaru, film Mimi yang tayang di Netflix berhasil menyedot perhatian dan pujian penonton. Film ini ingin menghadirkan fakta bahwa menjadi seorang ibu yang memilih untuk memiliki anak bukan perkara mudah.

Kehidupan perempuan kerap menjadi hal yang mesti dikorbankan setelah tak ada jalan selain harus merawat anaknya. Tidak berlebih jika hal ini jadi pertimbangan beberapa pasangan untuk tidak memiliki anak.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (26/8), berikut 9 film India yang mengisahkan perjuangan seorang ibu.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Mimi (2021)

9 Film India kisahkan perjuangan ibu berbagai sumber

foto: imdb.com

Film Mimi mengisahkan perjuangan tentang Mimi, seorang perempuan yang awalnya dikontrak sebagai ibu pengganti. Ia terpilih menjadi ibu pengganti dari pasangan John dan Summer yang sudah sejak lama menginginkan kehadiran seorang anak.

Pasangan ini sampai rela beberapa kali datang ke India untuk mencari perempuan yang mau untuk ditanamkan benih di dalam rahimnya. Mimi dan pasangan suami istri ini setuju untuk menandatangani kontrak.

Awalnya, kehamilan Mimi berjalan lancar dan Mimi dengan senang hati mengandung anak di dalam perutnya. Sebab, imbalan menjadi ibu pengganti ini cukup besar dan bisa menjadi ongkos Mimi untuk kariernya menjadi bintang Bollywood.

Namun, saat ia memeriksa kandungannya, dokter mengatakan bahwa anak yang dikandungnya akan terlahir cacat. John dan Summer pun meminta Mimi untuk segera menggugurkan kandungannya, tetapi hal tersebut ditolak Mimi.

John dan Summer pergi begitu saja dan seolah melupakan apa yang diinginkannya. Sampai Mimi melahirkan anaknya yang ternyata sehat dan berjenis kelamin laki-laki, Mimi pun memutuskan untuk merawatnya sepenuh hati.

Sampai John dan Summer datang kembali untuk meminta anak tersebut berdasarkan perjanjian yang telah dilakukan. Mimi mengalami dilema yang cukup besar dan berusaha mempertahankan anaknya, bukan sekadar ibu pengganti lagi.

2. Panga (2020)

9 Film India kisahkan perjuangan ibu berbagai sumber

foto: imdb.com

Film Panga mengisahkan perjuangan Jaya Nigam, seorang perempuan yang dikenal sebagai pemain kabaddi profesional, sejenis permainan gulat yang melibatkan adu fisik. Namun, karena ia telah menikah dan mempunyai seorang anak, ia dihadapkan pada lingkungan yang menganggap bahwa perempuan sebaiknya hanya mengurus rumah dan anak.

Namun, berkat keluarganya yang mendukung dirinya, Jaya Nigam bisa kembali bermain kabaddi, walaupun kekhawatiran kepada anaknya tak pernah pudar. Film ini mengisahkan pergulatan seorang ibu antara meneruskan mimpinya sebagai seorang atlet atau pasrah untuk mengurus keluarga yang dicintainya.

3. Badhaai Ho (2018)

9 Film India kisahkan perjuangan ibu berbagai sumber

foto: imdb.com

Badhaai Ho merupakan film komedi yang mengisahkan Priyamvada, perempuan paruh baya yang sedang mengandung anaknya. Usia perempuan yang tak lagi muda cukup rentan saat melahirkan.

Keluarga Priyamvada pun kalang kabut karena dalam kultur India, perempuan tua yang hamil dianggap aib dan lelucon. Film ini mengisahkan perjuangan Priyamvada menjaga kandungannya dan merawatnya hingga melahirkan dengan selamat di tengah lingkungan yang tidak mendukungnya.

4. Helicopter Eela (2018)

9 Film India kisahkan perjuangan ibu berbagai sumber

foto: imdb.com

Helicopter Eela mengisahkan perjuangan Eela yang harus merawat anaknya sendirian setelah ia ditinggal Arun, suaminya. Eela pun harus mengubur mimpinya untuk menjadi penyanyi dan ia pun terjun dalam dunia bisnis.

Berbagai kesulitan pun ia alami dan membuat emosinya naik-turun. Hal ini lalu membuat Eela malah membuatnya menjadi ibu yang posesif kepada anaknya sendiri. Film ini menggambarkan bagaimana seorang ibu dapat menjadi seorang yang protektif dan takut berjauhan dengan anaknya sendiri.

5. Secret Superstar (2017)

9 Film India kisahkan perjuangan ibu berbagai sumber

foto: imdb.com

Dalam film Secret Superstar digambarkan bagaimana seorang ibu (Meher Vij) selalu mendukung anaknya, Insia Malik (Zaira Wasim) untuk menjadi penyanyi terkenal. Namun, keinginan Insia mesti ditahan, sebab ayahnya, Farookh Malik (Raj Arjun) tidak suka kalau anaknya tampil di muka umum karena ia seorang perempuan.

Sampai suatu ketika, Insia diam-diam mengunggah video ke YouTube memakai identitas Secret Superstar. Video tersebut viral dan melambungkan nama anonimnya sebagai Secret Superstar.

Setelah namanya kian melambung, ayahnya tahu bahwa istrinya menjual kalung untuk membelikan laptop agar Insia bisa berkarya. Laptop tersebut pun dihancurkan dan gitar milik Insia dipatahkan. Sampai suatu ketika, dengan modal nekat, Insia dan ibunya memilih kabur agar terhindar dari perilaku abusive ayahnya.

6. Nil Battey Sannata (2016)

9 Film India kisahkan perjuangan ibu berbagai sumber

foto: imdb.com

Nil Battey Sannata merupakan film komedi mengisahkan perjuangan Chanda dan putrinya, Apeksha. Chanda dapat menyekolahkan Apeksha berkat bantuan majikan tempat ia bekerja sebagai pelayan.

Chanda ingin sekali anaknya dapat belajar dengan giat dan mendapat nilai bagus agar tidak menjadi pelayan seperti dirinya. Namun, Apeksha sering kali mendapat nilai buruk dan seolah cuek dengan hal tersebut. Sampai suatu ketika, Apeksha mulai sadar akan perjuangan ibunya dan ingin memperbaiki hasil belajarnya agar suatu saat dapat memperbaiki ekonomi keluarganya.

7. We Are Family (2010)

9 Film India kisahkan perjuangan ibu berbagai sumber

foto: imdb.com

We Are Family merupakan remake resmi dari film Stepmom yang pernah dirilis pada 1998. Film ini mengisahkan kehadiran seorang perempuan yang akan menjadi calon ibu baru dalam keluarga Aleya (Aancal Munjal), Ankush (Nominath Ginsburg) dan Anjali (Diya Sonecha).

Jika biasanya ibu tiri menjadi tokoh antagonis, tetapi dalam film ini, Shreya Arora (Kareena Kapoor) mesti berjuang agar diterima keluarga barunya. Ia mesti berusaha diterima dalam lingkungan yang dipenuhi oleh anak suaminya dari istri pertama.

8. Paa (2019)

9 Film India kisahkan perjuangan ibu berbagai sumber

foto: imdb.com

Paa mengisahkan kisah haru perjuangan seorang ibu merawat anaknya yang sedang mengidap penyakit langka, progeria. Anak yang bernama Arko tersebut diperankan Amitabh Bachchan dan dalam 12 tahun usianya, ia dikenal sebagai anak yang cerdas. Namun, karena penyakit tersebut, Arko terlihat 5 tahun lebih tua dari anak seusianya.

Sejak kecil, Arko dirawat oleh ibunya seorang. Hal ini sengaja dilakukan ibunya karena ia menyembunyikan Arko dari jangkauan ayah biologisnya, Amol, seorang politisi mudah. Sampai suatu saat kemudian, Arko malah menjadi jembatan mempertemukan ibu dan ayahnya kembali.

9. Masoom (1983)

9 Film India kisahkan perjuangan ibu berbagai sumber

foto: imdb.com

Masoom merupakan film klasik India yang mengisahkan sebuah keluarga Indu (Shabana Azmi) dan DK (Naseeruddin Shah) beserta kedua anaknya, Pinky dan Minni. Mereka semua awalnya hidup bahagia, sampai suatu ketika mendapatkan kabar bahwa DK memiliki anak lagi di luar pernikahan resminya.

Kabar tersebut baru diketahui setelah ibu dari anak tersebut meninggal dunia dan mengharuskan DK merawat anaknya sendiri. Namun, istri sahnya tidak mau menerima anak tersebut karena dianggap sebagai hasil perselingkuhan. Film ini menggambarkan sosok Indu yang harus menerima kenyataan bahwa suaminya berselingkuh dan melahirkan seorang anak.

(brl/pep)