Brilio.net - Film Thailand selalu memberikan tawaran menarik untuk dunia perfilman dengan warna khas. Hal ini membuat film Thailand punya tempat tersendiri bagi penontonnya, terutama penonton dari Indonesia.

Film Thailand tak kalah membawa cerita yang menarik. Salah satu genre film yang banyak menarik perhatian adalah film horor-komedi Thailand.

Film-film dengan genre tersebut selalu diproduksi dan membawa beragam tawaran cerita. Namun, ketika film Pee Mak muncul dan meledak di berbagai negara, Pee Mak disebut sebagai film horor-komedi terbaik Thailand sepanjang masa. Hal ini dikarenakan belum ada yang melampaui raihan nominasi dan menjadi pemenang di berbagai festival film, baik di Thailand sendiri maupun internasional.

Walaupun begitu, film horor-komedi Thailand sebenarnya masih banyak lagi dengan kisah yang tak kalah menarik. Film-film sebelum Pee Mak seolah menjadi fondasi awal genre ini dalam industri film Thailand, sementara film setelahnya jauh lebih berkembang tanpa menghilangkan ciri khasnya.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Senin (15/11), berikut 9 film horor komedi Thailand terbaik, Pee Mak banyak raih penghargaan

1. Pee Mak (2013).

Film horor komedi Thailand terbaik berbagai sumber

foto: imdb.com

Pee Mak merupakan film horor-komedi dan sangat menghibur. Alih-alih takut dengan beragam adegan yang dihadirkan, film ini malah mengundang tawa yang hampir setiap adegan-adegan penting.

Pee Mak merupakan adaptasi dari legenda cerita rakyat Thailand Mae Nak Phra Khanong. Pee Mak disebut sebagai film terlaris sepanjang masa dalam dunia sinema Thailand. Selain itu, Pee Mak berhasil meraih beragam penghargaan kurang lebih sekitar 70 nominasi dan 26 di antara menjadi pemenang.

2. 13 Beloved (2006).

Film horor komedi Thailand terbaik berbagai sumber

foto: imdb.com

13 Beloved merupakan film yang diadaptasi dari episode Pertunjukan Kuis ke-13 dalam seri buku komik My Mania karya Eakasit Thairaat. Film ini menceritakan Chit, seorang karyawan biasa mengalami depresi karena permasalahan yang menghampiri hidupnya.

Chit kemudian menerima telepon misterius yang menawarkan dirinya untuk bermain dalam permainan 13 Beloved. Chit harus melakukan sejumlah tantangan yang konyol sampai dengan berbahaya untuk bisa memenangkan uang 100 juta Baht.

Film yang disutradarai oleh Chukiat Sakveerakul dan dibintangi oleh Krissada Sukosol Clapp berhasil meraih beberapa penghargaan di Thailand dan festival film. Film ini berhasil memenangkan 9 penghargaan bergengsi 6 ajang penghargaan film di Thailand dan Internasional.

3. Midnight University (2016).

Film horor komedi Thailand terbaik berbagai sumber

foto: imdb.com

Film Midnight University menawarkan tawa dan teror yang hampir tanpa jeda. Kisah tentang kampus berhantu yang membuat mahasiswa selalu ketakutan untuk masuk ke ruang yang diisukan berhantu. Kali ini ruang kelas 0 disebut akan menjadi ruang kelas bagi mahasiswa yang mati sebelum lulus.

Film ini hadir dengan porsi kekonyolan dan horor seimbang ini, bercerita tentang sosok perempuan cantik bernama Star (Rasri Balenciaga). Seperti namanya, ia adalah seorang bintang di kampusnya. Namun sayang, sang bintang punya nilai jelek yang membuatnya terancam gagal lulus. Padahal, ia butuh ijazah agar bisa menjadi idola K-Pop di Korea Selatan.

4. Ghost Chip (2016).

Film horor komedi Thailand terbaik berbagai sumber

foto: imdb.com

Ghost Chip mengisahkan tiga anak buah kapal bernama Kala (Bhuvadol Vejvongsa), Solui (Timethai Plangsilp), dan Yola (Pongsatorn Sripinta). Ketiga orang tersebut, punya karakter dan perangai unik. Ada yang tegas, ada selalu konyol, dan bahkan ada yang bertingkah gemulai.

Mereka bertiga bekerja di sebuah kapal ikan dan mengalami hal-hal mistis. Dalam kapal tersebut, awak kapal yang terlibat tidak sampai sepuluh orang. Hal ini diperparah sebab kapten kapal tersebut tidak percaya dengan apa yang dialami oleh para awak kapalnya.

Sampai suatu ketika, ketiga orang tersebut diteror oleh Hantu Mia dan membawa mereka pada kejadian misterius sekaligus konyol. Kesan horor dalam film ini seolah hilang karena humor yang dihadirkan ketiga karakternya lebih kuat dan mengundang tawa penontonnya.

5. Zombie Fighters (2017)

Film horor komedi Thailand terbaik berbagai sumber

foto: imdb.com

Zombie Fighters mengisahkan tentang Audi dan gengnya pergi ke rumah sakit tempat orang tuanya menghilang secara misterius. Rumah sakit tersebut merupakan rumah sakit karantina, anak muda tersebut pergi ke rumah sakit untuk mencari orang tua salah satu dari mereka.

Alih-alih bertemu dengan orang tuanya, mereka malah dikepung oleh zombie-zombie mengerikan yang siap untuk mengoyak tubuh mereka. Selain memberi kesan takut dengan penampilan zombie-zombie yang menyeramkan, tetapi aksi konyol Audi dan teman-temannya membuat film ini penuh dengan humor dan mengundang tawa penontonnya.

6. Keep Running! Sir, Yes Sir! (2015).

Film horor komedi Thailand terbaik berbagai sumber

foto: letterboxd.com

Keep Running! Sir, Yes Sir! mengangkat kisah dua kelompok militer yang sedang berseteru satu sama lain. Perseteruan tersebut membuat adegan konyol dan bahkan para pemainnya berhasil mengundang tawa penontonnya. Selain itu, film ini merupakan film horor saat mereka menyadari bahwa Sage Danai, salah satu mentor militer mereka diketahui sudah mati. Adegan lucu kemudian menjadi hal dominan dalam film ini dibandingkan kemunculan hantu yang mengejar para prajurit.

7. Bangkok Dark Tales (2019)

Film horor komedi Thailand terbaik berbagai sumber

foto: imdb.com

Bangkok Dark Tales menjadi salah satu film horor komedi Thailand terbaik tentang 3 cerita horor di 3 tempat menyeramkan di Bangkok. Selain seram, nuansa lokalitas film ini pun menjadi hal yang ditonjolkan dalam beberapa adegan. Walaupun begitu, ketiga cerita horor tersebut selalu hadir dengan pemain yang berhasil berbuat hal-hal konyol sehingga film ini menarik.

8. Rahtree Reborn (2009)

Film horor komedi Thailand terbaik berbagai sumber

foto: imdb.com

Rahtree Reborn mengisahkan tentang kisah cinta seorang pria kepada gurunya sendiri. Cinta tersebut selalu dipendamnya dan tak berhasil diungkapkannya karena ia masih terlalu kecil untuk mencintai orang dewasa. Namun, saat umurnya bertambah, ia baru menyadari bahwa guru perempuannya tersebut adalah hantu gentayangan.

9. Senior (2015).

Film horor komedi Thailand terbaik berbagai sumber

foto: imdb.com

Senior mengisahkan tentang kasus misteri yang membuat arwah bernama Senior gentayangan. Selain itu, film ini juga mengisahkan Ant yang mengakhiri hidupnya karena menjalin hubungan terlarang. Karakter utama dalam film ini adalah Mon, perempuan yang punya indera penciuman yang kuat.

Suatu saat, hantu tersebut meminta Mon untuk mengungkapkan kasus pembunuhan yang sudah terjadi 50 tahun yang lalu. Mon dan Senior pun bekerja sama untuk mengungkapkan kasus tersebut. Satu per satu temuan mereka terungkap, bahkan harus menghadapi hantu lain yang tak ingin kasus tersebut terungkap.

*

INFOGRAFIS 9 FILM HOROR KOMEDI THAILAND TERBAIK © 2021 brilio.net

INFOGRAFIS 9 FILM HOROR KOMEDI THAILAND TERBAIK-© 2021 brilio.net/Bayu Kurniawan

(brl/pep)

(brl/pep)