Brilio.net - Alkohol atau minuman keras selalu menjadi perdebatan yang tiada henti, antara pihak kerajaan dan orang-orang yang menggantungkan hidupnya dengan minuman tersebut. Apalagi, jika minuman keras itu merupakan minuman tradisional yang dibuat dengan cara tradisional pula.

Hal semacam itulah yang coba diangkat oleh drama Korea Moonshine. Dibalut dengan kisah romantis era kerajaan, Moonshine merupakan drama Korea yang mengisahkan sejarah larangan alkohol pada era Joseon. Moonshine merupakan jenis minuman keras yang diproduksi secara tradisional yang dianggap ilegal. Karena itu, siapapun memproduksi dan bahkan meminumnya dapat berbuah penjara.

Drama ini menggambarkan periode hukum larangan meminum dan mengedarkan alkohol paling ketat dalam sejarah Joseon. Walaupun dipenuhi dengan berbagai ketegangan, drama ini juga dipenuhi dengan cerita romantis antara Yoo Seung-ho dan Lee Hye-ri.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Senin (20/12), berikut 9 fakta drama Korea Moonshine, sejarah larangan alkohol era Joseon.

1. Drama pertama Yoo Seung-ho pada 2021.

drama Korea Moonshine Instagram

Yoo Seung-ho memulai debut di dunia akting saat ia masih anak-anak dalam film The Way Home (2002). Ia pun sering memainkan berbagai film dan drama dengan beragam tema, mulai hukum, sejarah, dan bahkan komedi. Moonshine merupakan drama Korea bertema sejarah kedua yang diperankan oleh Seung-ho setelah The Emperor: Owner of the Mask (2017). Dalam drama kali ini, Seung-ho akan berperan sebagai Nam Young, seorang kepala keamanan dari Kementerian Patriot dan Urusan Konstitusi yang mengabdi pada kerajaan untuk kehormatan keluarganya.

2. Drama kedua Lee Hye-ri pada 2021.

Moonshine menjadi drama Korea kedua yang diperankan Lee Hye-ri. Sebelumnya, ia pernah bermain dalam drama Korea My Roommate Is a Gumiho yang tayang pada kuartal pertama 2021. Sejak debut drama Korea pada 2012, Hye-ri sudah memainkan beragam genre menarik dalam industri tersebut.

drama Korea Moonshine Instagram

3. Kang Mi-na tampil sebagai second lead.

drama Korea Moonshine Instagram

Kang Mi-na awalnya dikenal sebagai penyanyi Korea Selatan yang pernah tergabung dalam beberapa grup vokal sebagai member. Ia kemudian memulai debut drama Korea pada 2017 dalam drama Children of the 20th Century. Dalam drama Moonshine kali ini, Mi-na berperan sebagai karakter second lead Han Ae-jin, putri tunggal dari keluarga bangsawan yang lugas dan keras kepala.

4. Byeon Woo-seok juga tampil sebagai second lead.

drama Korea Moonshine Instagram

selain Kang Mi-na, Byeon Woo-seok juga tampil sebagai second lead. Dalam drama ini, ia berperan sebagai Kang Ro-seo, seorang pemberontak yang menyelinap keluar-masuk istana untuk minum alkohol yang kemudian menjadi ancaman bagi kerajaan. Sebelum drama ini, Woo-seok pernah tampil dalam drama Korea Record of Youth (2020).

5. Digarap oleh sutradara ternama Hwang In-hyuk.

drama Korea Moonshine Instagram

Moonshine digarap oleh sutradara Hwang In-hyuk yang reputasinya tak diragukan lagi. In-hyuk terkenal sebagai sutradara film Sungkyunkwan Scandal hingga drama Korea Doctor Prisoner.

6. Kim Joo-hee didapuk sebagai penulis naskah.

drama Korea Moonshine Instagram

Sementara yang menjadi penulis naskah sekaligus yang menjadi rekan kerja Hwang In-hyuk adalah Kim Joo-hee. Ia pertama kali dikenal saat menggarap naskah untuk Drama Special Season 9: The Long Goodbye.

7. Moonshine merupakan judul kedua dari drama ini.

Moonshine merupakan judul internasional kedua yang disetujui oleh pihak produksi. Sebelumnya, drama ini direncanakan berjudul When Flowers Bloom, I Think of the Moon. Namun, judul tersebut tidak sesuai dengan ide cerita hingga akhirnya diputuskan dengan judul Moonshine.

drama Korea Moonshine Instagram

8. Proses syuting berlangsung menyenangkan.

drama Korea Moonshine Instagram

Selama proses syuting, semua pemain dan kru punya visi yang sama sehingga hati dan pikiran bersatu. Dilansir dari Soompi (18/12), suasana syuting berhasil diciptakan dengan menyenangkan.

9. Semua proses syuting berlangsung selama 2021.

Syuting drama Korea Moonshine sudah berlangsung pada Mei 2021 dan berlangsung tanpa ada kendala berarti. Sampai penayangannya pada 20 Desember 2021, drama ini sudah menyelesaikan semua tahapan yang diperlukan.

drama Korea Moonshine Instagram