Brilio.net - Hampir setiap bulan selalu ada puluhan drama Korea yang ditayangkan melalui berbagai saluran. Namun, tidak semua drama tersebut berhasil menarik perhatian penontonnya. Bahkan, saat ramai di awal, belum tentu pula ramai hingga akhir penayangan.

Hal itulah yang menjadi salah satu dinamika dalam drama Korea. Capaian rating yang cukup tinggi menandakan bahwa drama tersebut diikuti secara terus-menerus dan para penontonnya tidak menganggap cerita yang dihadirkan membosankan.

Drama Korea yang berhasil menciptakan cerita menarik, walaupun sering juga kontroversial, membuat banyak orang betah menonton. Dari para penonton setia tersebut, drama Korea ini meraih rating tinggi secara nasional. Capaian rating ini menjadi salah satu indikator untuk orang lain menonton drama tersebut.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Jumat (24/12), berikut 9 drama Korea rating tinggi akhir 2021, Young Lady and Gentleman memimpin.

1. Young Lady and Gentleman (2021).

Drama Korea rating tinggi akhir 2021 berbagai sumber

foto: imdb.com

Walaupun sempat kontroversial karena mengisahkan cinta anak remaja dengan orang dewasa, Young Lady and Gentleman memimpin raihan rating tertinggi. Raihan pada episode 26, mencapai 34,5% dan memuncaki capaian rating untuk semua drama Korea. Drama Korea Young Lady and Gentleman diperankan oleh Lee Se-hhe dan Ji Hyun-woo.

2. The Red Sleeve (2021).

Drama Korea rating tinggi akhir 2021 berbagai sumber

foto: imdb.com

Di urutan kedua, The Red Sleeve juga meraih separuh dari pencapaian Young Lady and Gentleman. The Red Sleeve berhasil meraih 13,3% untuk rating nasional. Drama Korea yang diperankan oleh Lee Jun-ho 2PM dan Lee Se-young mengisahkan hubungan romantis Raja Joseon dengan dayang istana yang secara leluasa mengendalikan ruang belakang kerajaan.

3. The King's Affection (2021).

Drama Korea rating tinggi akhir 2021 berbagai sumber

foto: imdb.com

Setelah itu, The King's Affection ada di posisi ketiga dengan capaian yang hampir menyamai. The King's Affection berhasil meraih rating secara nasional sebesar 12,1 sampai episode terakhir dan meraih skor rating rata-rata sebesar 7,98%. Drama yang diperankan oleh Park Eun-bin dan Rowoon SF9 ini mengisahkan mitos anak kembar yang berbeda jenis kelamin pada era Dinasti Joseon yang dianggap membawa malapetaka bagi salah satunya. Tidak ingin anaknya dibunuh karena alasan tersebut, Permaisuri pun membawa keluarga anak perempuannya keluar dari Istana. Sampai kemudian anak laki-lakinya di Istana meninggal dunia, anak perempuan tersebut diminta kembali untuk menjadi putra mahkota dengan menyamar sebagai seorang laki-laki.

4. The King of Tears, Lee Bang Won (2021).

Drama Korea rating tinggi akhir 2021 berbagai sumber

foto: imdb.com

Sejak dirilis pada 11 Desember 2021, The King of Tears, Lee Bang Won berhasil meraih rating nasional sebesar 8,7%. Pada episode kedua rating meningkat lagi sebesar 9,4 dan pada episode bertahan pada 9,2% pada posisi keempat untuk rating nasional. Drama yang dibintangi Joo Sang-wook ini mengisahkan Yi Bang-won raja ketiga Dinasti Joseon yang punya peranan penting mendirikan Dinasti Joseon saat Dinasti Goryeo mulai runtuh.

5. Now, We Are Breaking Up (2021).

Drama Korea rating tinggi akhir 2021 berbagai sumber

foto: imdb.com

Pada posisi selanjutnya, Now, We Are Breaking Up ada di posisi kelima dengan raihan rating nasional sebesar 6,5%. Drama Korea romantis yang diperankan Song Hye-kyo dan Jang Ki-yong mengisahkan cerita cinta dari orang-orang yang bergelut dan bekerja di dunia fesyen.

6. Bulgasal: Immortal Souls (2021).

Drama Korea rating tinggi akhir 2021 berbagai sumber

foto: imdb.com

Di urutan keenam, posisi rating tertinggi diraih oleh drama Korea Bulgasal: Immortal Souls. Drama Korea ini berhasil meraih 6,3% untuk penayangan perdana dan 5,8% untuk penayangan kedua secara nasional. Drama fantasi romantis yang diperankan Lee Jin-wook dan Kwon Nara mengisahkan seorang yang hidup dari zaman dinasti kerajaan dikutuk menjadi mahkluk yang hidup abadi dan memakan darah manusia selama bertahun-tahun.

7. Show Window: The Queen's House (2021).

Drama Korea rating tinggi akhir 2021 berbagai sumber

foto: mydramalist.com

Setelah sempat ramai dengan The World of the Married, kini Show Window: The Queen's House hadir dengan tema yang sama tentang perselingkuhan. Drama Korea yang diperankan oleh Song Yoon-ah, Lee Sung-jae, dan Jeon So-min ini berhasil menduduki peringkat ketujuh sebagai drama Korea dengan rating tertinggi. Drama Korea ini berhasil meraih 6,4% untuk penayangan nasional.

8. Uncle (2021).

Drama Korea rating tinggi akhir 2021 berbagai sumber

foto: Instagram/@tvchosun_uncle

Uncle merupakan drama komedi Korea yang diremake dari sitkom BBC Inggris dengan judul yang sama. Drama Korea yang mengisahkan perjuangan seorang paman yang berusaha keras merawat ponakannya ini berhasil menduduki peringkat kedelapan sebagai tontonan yang meraih rating tertinggi. Drama Korea yang diperankan Oh Jung-se, Lee Kyung-hoon, dan Lee Sang-woo ini berhasil meraih rating 5% untuk penayangan nasional.

9. Bad and Crazy (2021).

Drama Korea rating tinggi akhir 2021 berbagai sumber

foto: Instagram/@iqiyi

Bad and Crazy baru saja tayang pada 17 Desember 2021 dan berhasil meraih rating 4,5% untuk penayangan perdananya secara nasional. Drama Korea yang mengisahkan cerita aksi Lee Dong-woo dan Wi Ha-joon ini menjadi salah satu drama Korea yang paling ditunggu untuk akhir tahun ini. Drama yang mengisahkan aksi brutal seorang polisi yang bertaubat dan ingin menegakkan keadilan bersama seorang misterius bernama K.

(brl/far)

(brl/far)