Brilio.net - Kamu punya rencana nonton film, tapi bingung mau nonton film apa? Kamu bisa coba nonton film Ashfall yang dari Negeri Gingseng. Ashfall disutradari oleh Lee Hae-joon dan Kim Byung-soo yang dapat mengemas kisah bencana dengan sangat apik.

Film Ashfall ini sudah tayang terlebih dahulu di Korea Selatan pada 19 Desember 2019. Di negaranya film ini benar benar sukses dan mengungguli film box office. Di Indonesia Ashfall tayang sejak 8 Januari.

Film yang dibintangi oleh Lee Byung-hun, Ha Jung-woo, Ma Dong-seok, Bae Suzy, dan Jeon Hyen-jin ini wajib kamu tonton. Film dengan tema disaster dengan dibalut komedi ini meceritakan tentang sekelompok orang yang berusaha mencegah bencana letusan gunung Baekdu.

film ashfall istimewa

Penasaran dengan filmnya? Yuk baca dulu fakta mengenai film Ashfall yang bisa membuat kamu makin penasaran. Berikut adalah fakta film Ashfall yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (16/1)

Loading...

1. Menceritakan gunung suci Baekdu.

Fakta yang paling menarik dari film ini adalah ceritanya yang mengangkat gunung yang dianggap suci oleh masyarakat Korea. Gunung Baekdu dianggap sangat penting hingga terdapat di lagu nasional Korea Utara dan Korea Selatan. Gunung ini tiba-tiba meletus dan mengakibatkan bencana besar.

2. Biaya produksi yang tinggi.

Film berdurasi 128 menit ini berbiaya USD 17,7 juta atau setara Rp 245 miliar. Butuh 5 bulan untuk merampungkannya.

3. Pendapatan yang fantastis.

Sebanding dengan biaya produksinya, film Ashfall masuk kedalam 5 film Korea Selatan yang memiliki pendapatan mencapai USD 18 juta atau sekitar Rp 249 miliar. Belum lagi pendapatan dari penayangan di luar Korea Selatan.

4. Jumlah penonton yang fantastis.

Di negara asalnya film ini berhasil menciptakan rekor dengan jumlah penonton terbanyak mencapai 4 juta penonton dalam penayangan 7 hari. Jumlah penonton yang banyak ini berhasil mengalahkan rekor film Extreme Job dan The Theives.

5. Memiliki cerita yang berbeda.

Film ini memiliki genre yang berbeda dari film korea pada umumnya. Tema bencana alam gunung Baekdu yang dapat mengancam kehidupan Korea Selatan dan Korea Utara ini jarang diangkat di industri perfilman korea.

6. Mengangkat reunifikasi Korsel-Korut.

Hal yang berbau politik dalam film ini tentu saja adanya Korea Utara yang disajikan dalam film ini. Sebelumnya memang sudah banyak film yang menyinggung tentang reunifikasi Korsel-Korut. Namun, Ashfall menyajikan sesuatu yang masuk akal dengan memperhatikan faktor geografis. Ashfall menceritakan kedua pasukan Korsel dan Koreut bekerja sama untuk menghadapi dan meminimalisasi dampak yang ditimbulkan oleh letusan Gunung Baekdu.

7. Film produksi Korea dengan nuansa Hollywood.

Ashfall memiliki beberapa adegan epic yang bercita rasa Hollywood. Adegan epic ini seperti evakuasi yang dilakukan besar besaran, pengumuman kepresidenan, ledakan dengan skala besar, dan pengorbanan pribadi.

Namun hal tersebut tidak mengubah suasana, penonton masih dapat merasakan nuansa Korea karena adanya konteks geopolitik yang disajikan.

8. Dibintangi aktris dan aktor ternama.

Ashfall dibintangi oleh aktor dan aktris ternama seperti Bae Suzy yang berperan sebagai Choi Ji-Young, Ha Jung-wo Sebagai Jo In-chang yang mana merupakan suami dari Choi Ji-young. Ha Jung-woo juga berperan sebagai kapten pasukan khusus. Lee Byung-hun sebagai pejabat khusus Korea Utara dan Ma Dong-seok sebagai seorang pakar geologi.

Reporter: mgg/Feny Nidya