Brilio.net - Wano merupakan negeri terisolasi dalam cerita serial One Piece. Negeri tersebut seolah tak terdengar kabarnya dari dunia luar sampai Luffy bersama Kinemon, dan kawan-kawannya pergi ke negeri tersebut. Walau dikenal sebagai negeri yang terisolasi dan tidak berafiliasi dengan Pemerintah Dunia, Wano dikenal sebagai negeri yang kuat. Salah satu alasan mengapa negeri ini begitu kuat karena dikuasai oleh Kurozumi Orochi yang bekerja sama dengan bajak laut Beasts yang dipimpin oleh Kaido.

Selain itu, akses menuju Wano terbilang sulit. Kapal-kapal bajak laut yang masuk negeri ini harus melewati arus laut terbalik. Alih-alih sampai dengan selamat, kapal-kapal tersebut bisa terbalik dan terlempar ke arus laut yang begitu deras. Hal tersebut sempat dialami oleh Luffy saat ia terlempar dan malah tersesat di sebuah pantai pinggir pulau Wano.

Saat ini, Wano sedang bergejolak dan membuat Arc Wano sebagai arc terpanjang dalam serial One Piece. Luffy dan kawan-kawannya semakin masuk dan mendesak kelompok Orochi dan Kaido. Terlepas dari semua itu, tak banyak hal yang diketahui tentang alasan-alasan mengapa Wano menjadi seperti yang saat ini ditampilkan.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Selasa (22/9), berikut 7 sejarah tentang Wano, negeri samurai legendaris di serial One Piece.

1. Alasan mengisolasi diri.

7 Sejarah tentang Wano berbagai sumber

foto: onepiece.fandom.com

Sampai pertarungan melawan Kaido memanas, alasan negeri Wano mengisolasi diri belum diketahui sama sekali. Wano mirip sekali dengan gambaran Jepang di masa lalu sebelum Restorasi Meiji yang menutup diri dari dunia luar. Selama masa panjang isolasi tersebut, membuat masyarakat Wano cuek dengan perkembangan dan kemajuan dunia luar. Sebab hal inilah yang kemudian membuat Kozuki Oden sendiri pergi ke dunia luar. Awalnya ia hanya pergi sendiri. Namun, di tengah perjalanan akhirnya ia bertemu bajak laut Shirohige dan kemudian bersama bajak laut Gold D. Roger.

Sekembali Oden dari laut, shogun Wano sudah berganti Orochi dan membuatnya terlempar dari istana kerajaan. Isolasi negeri ini dari dunia luar merupakan kunci atas kekuasaan Orochi bersama Kaido dan menjadikan negeri ini sebagai pabrik-pabrik untuk mengembangkan kekuatan Kaido yang ditopang oleh ambisi Orochi.

2. Hubungan Wano dengan Pemerintah Dunia.

7 Sejarah tentang Wano berbagai sumber

foto: onepiece.fandom.com

Saat informasi tentang negeri Wano sudah diketahui, negeri ini merupakan salah satu negeri yang tidak tunduk pada peraturan Pemerintah Dunia. Salah satu penyebabnya tentu saja karena negeri ini di bawah kekuasaan Kaido yang saat itu sebagai salah satu dari empat Yonko terkuat. Sebab hal tersebut menjadi pertimbangan serius Pemerintah Dunia untuk berurusan dengan bajak laut seperti Kaido. Namun, walaupun dianggap negeri yang sulit ditaklukkan, Pemerintah Dunia tetap mengirim mata-mata negeri tersebut. X Drake, salah satu marinir Angkatan Laut diutus untuk menyusup ke jantung kekuasaan Kaido. Saat ini, X Drake bersama Luffy dan kawan-kawannya malah beralih melawan Kaido secara terang-terangan.

3. Asal-usul Meito.

7 Sejarah tentang Wano berbagai sumber

foto: onepiece.fandom.com

Meito adalah pedang terbaik dari seluruh pedang yang ada di Wani. Pedang ini merupakan harga karun yang sering dicari oleh para pemburu pedang dan kolektor pedang seperti Tashigi. Walaupun pedang ini begitu terkenal, tak banyak informasi siapa pembuat pedang ini.

4. Misteri kehadiran Kozuki Toki.

7 Sejarah tentang Wano berbagai sumber

foto: onepiece.fandom.com

Kozuki Toki adalah istri Oden yang dipertemukan di sebuah pulau saat Toki sedang dikejar oleh bajak laut. Pertemuan tersebut mereka saling jatuh cinta dan memutuskan bersama Oden ke mana pun pergi. Saat bersama bajak laut Shirohige, Toki melahirkan kedua anaknya mereka, Momonosuke dan Hiyori. Sampai saat ini, belum terjelaskan siapa dan dari mana Toki berasal dan entah mengapa ia meminta untuk pergi ke Wano. Toki adalah pemakan buah iblis Toki Toki no Mi, buah iblis tipe Paramecia yang mempunyai kekuatan mengirim diri mereka sendiri dan orang lain ke masa depan dalam waktu singkat. Toki mati ditembak anak buah Kaido setelah berada di depan kastilnya yang sudah terbakar.

5. Ikatan para samurai dan suku Mink.

7 Sejarah tentang Wano berbagai sumber

foto: onepiece.fandom.com

Samurai dan suku Mink merupakan sahabat dekat yang membuat mereka bisa bekerja sama dengan baik. Dalam episode Nekomamushi dan Inuarashi adalah kucing dan anjing yang menjadi pengikut setia Oden sejak mereka di kapal bajak laut Shirohige. Namun, secara keseluruhan, belum ada bukti yang cukup kuat bagaimana kekerabatan Wano dan suku Mink bisa terjalin, selain karena Oden pernah membawa Nekomamushi dan Inuarashi.

6. Koneksi Zoro dan Wano.

7 Sejarah tentang Wano berbagai sumber

foto: onepiece.fandom.com

Wano adalah negeri samurai adalah hal tak terbantahkan sejak Arc Wano mulai diperkenalkan dalam serial One Piece. Hal ini kemudian membuat hal yang berkaitan dengan negeri ini perlu dipertanyakan. Salah satu pertanyaan tersebut adalah kemampuan Roronoa Zoro sebagai pendekar samurai. Hal diungkapkan oleh Eiichiro Oda, penulis dan ilustrator serial Manga One Piece dalam SBS, bahwa Zoro adalah keturunan dari beberapa pelancong yang pernah meninggalkan Wano, dan Kuina dan keluarganya merupakan salah satu dari pelancong tersebut. Hal ini juga dibuktikan keberadaan pedang Wado Ichimonji di East Blue, tempat di mana cerita hidupnya bermula.

7. Misteri Poneglyph.

7 Sejarah tentang Wano berbagai sumber

foto: onepiece.fandom.com

Pulau Zou, Poneglyph terbukti tersimpan di negeri bahu gajah raksasa tersebut. Namun, hal tersebut membuat banyak spekulasi keterhubungan suku Mink dan Wano begitu kuat. Wano dikenal sebagai negeri para samurai, petarung ulung dan juga dikenal sebagai pengukir batu prisma laut berukuran besar. Para samurai menggunakan pedangnya untuk mengukir hal-hal yang mereka ketahui. Bahkan, saat Wano menjadi penentu Gold D. Roger menemukan One Piece melalui Oden, bisa jadi salah satu rahasia Abad Kekosongan One Piece ada di negeri ini.

(brl/guf)

(brl/guf)