Brilio.net - Editing atau proses perbaikan dalam sebuah film sama pentingnya dengan aksi para aktor maupun aktrisnya. Apalagi dalam film fantasi, editing sangat berpengaruh. Proses editan yang bagus bisa memberi efek yang benar-benar sempurna sehingga bisa memukau penonton.

Namun, editor sekelas film Marvel pun nyatanya masih ada kekeliruan di sana-sini. Meskipun nggak banyak, berikut ini 7 kesalahan edit yang bisa saja luput dari mata penonton, namun tidak bisa luput dari para pengamat film. Berikut beberapa kesalahannya seperti dilansir brilio.net dari Screen Rant, Senin (2/5):

1. Captain America: The First Avenger.

editan marvel © 2016 brilio.net

Dalam film yang tayang tahun 2011 ini warga Baham wajib berbangga. Karena Bendera Bahama muncul saat itu dalam adegan di World Expo. Namun salahnya, setelah terlihat berkibar di antara bendera Amerika, namun hanya beberapa detik saja.

Loading...

Di adegan selanjutnya yang masih berlatar Bendara, bendera Bahama pun sudah langsung nggak ada. Duh, kok bisa sampai lupa ya?

2. The Avengers (2012).

editan marvel © 2016 brilio.net

Dalam film fantasi khususnya, set, kostum dan alat peraga seharusnya diperhatikan sangat detail dan teliti. Kesalahan ini terjadi saat para Avengers melakukan serangan final.

Saat itu Captain America terlihat terluka parah hingga merobek kostumnya. Namun hanya selang beberapa detik dalam adegan selanjutnya, terlihat kostum Captain America utuh kembali tidak rusak sama sekali. Nah lho..

3. Thor.

editan marvel © 2016 brilio.net

Ketika sang dewa guntur ini tidak dapat mengangkat palunya yang pertama kali saat melawan agen SHIELD. Agen SHIELD pun menahannya dan segera memborgol kedua tangan Thor. Setidaknya dalam adegan tersebut, suara "klik" ketika memborgol terdengar jelas.

Namun saat Thor digiring dan pengambilan gambar beralih dari atas, samar-samar terlihat ternyata bukan borgol yang mengikat tangan Thor. Namun hanya sebuah tali putih yang terlihat longgar dan tidak mengikat dengan kencang tangan Thor.

4. Ant Man (2015).

editan marvel © 2016 brilio.net

Butuh detail dan konsentrasi penuh seorang editor film saat bekerja. Salah sedikit saja bisa berakibat buruk pada filmnya. Wajah kameramen yang tertangkap jelas dalam pantulan kaca mobil.

BACA JUGA: 7 Komik superhero Marvel ini juga keren banget kalau dijadiin film, idolamu yang mana?

5. Iron Man 3.

editan marvel © 2016 brilio.net

Kesalahan kecil yang juga tidak ditangkap oleh semua penonton adalah dalam Iron Man 3, saat adegan para Avengers yang berusaha menyelamatkan para penumpang yang akan jatuh.

Pengamat film menyatakan bahwa suara efek ledakan dan rudal jericho terdengar lebih lambat dari tampilan gambar. Walah, segitu telitinya ya?

6. Thor: The Dark World.

editan marvel © 2016 brilio.net

Kejadian yang tak luput dari kesalahan editan adalah dimana saat Loki berusaha melompat dengan tali. Adegan tersebut dianggap terlalu dramatis karena Loki seperti melompat ke tempat yang begitu tinggi dan lebar.

7. Captain America: The Winter Soldier.

editan marvel © 2016 brilio.net

Monitor komputer mungkin mengganggu teknisi di antara penonton, tetapi bagi mereka yang mengandalkan peta atau GPS, The Winter Soldier bahkan lebih buruk.

Ketika koordinat yang ditampilkan untuk kapal peluncuran satelit di Samudera Hindia, baik lintang dan bujur diberikan dalam derajat utara, ketika lintang harus diberikan di Timur atau Barat. Namun saat melihat SHIELD Triskellion koordinat yang muncul adalah utara dan selatan.