5. Now You See Me (2013).

film Netflix peretas berbagai sumber

foto: imdb.com

You See Me merupakan film Netflix kisah para peretas dunia maya untuk melancarkan aksi perampokan empat orang pesulap yang diberikan misi oleh seseorang misterius. Keempat pesulap tersebut antara lain Daniel (Jesse Eisenberg) ahli bermain kartu, Henley (Isla Fisher) ahli permainan berbahaya, Jack Wilder (Dave Franco) ahli kecepatan tangan, dan Merrit (Woody Harrelson) ahli hipnotis. Mereka akhirnya menamakan diri dengan sebutan 'Four Horseman'.

Four Horseman kemudian menggelar pertunjukan sulap yang akhirnya menjadi aksi perampokan dengan mengandalkan pengetahuan mereka untuk meretas sumber-sumber kekayaan. Arthur Tressler kemudian bekerja sama dengan pihak kepolisian karena mengalami kerugian atas tindak kejahatan tersebut.

6. Terms and Conditions May Apply (2013).

film Netflix peretas berbagai sumber

foto: imdb.com

Terms and Conditions May Apply merupakan film Netflix kisah para peretas dunia maya tentang penyalahgunaan data pribadi yang dilakukan perusahaan atau pemerintah. Hal ini terjadi saat pengguna media sosial atau sebuah aplikasi meng-klik sebuah perjanjian yang cukup panjang sebelum bisa mengakses aplikasi yang akan digunakannya. Dalam film tersebut, sutradara/narator Cullen Hoback membahas bahasa dalam perjanjian layanan pengguna, dan bagaimana mereka mengumpulkan dan menggunakan informasi pengguna.

Terms and Conditions May Apply mengkritik perusahaan seperti Facebook, Google, dan LinkedIn karena memiliki kebijakan privasi atau persyaratan layanan buruk dan menyesatkan. Aplikasi tersebut menggunakan bahasa yang tidak ramah pengguna dalam dokumen panjang dan memungkinkan perusahaan untuk mengumpulkan informasi pengguna dan memberikannya secara legal kepada pihak ketiga. Selain itu, film ini bertujuan untuk memperingatkan orang-orang tentang risiko mengklik "Saya Setuju".

7. Eagle Eye (2008).

film Netflix peretas berbagai sumber

foto: imdb.com

Eagle Eye merupakan film Netflix kisah para peretas dunia maya yang menyasar Jerry Shaw, seorang pemuda dengan kesulitan finansial. Ia sangat frustrasi karena saudara kembarnya meninggal dunia.

Jerry dikejutkan karena rekeningnya tiba-tiba berisi uang dengan jumlah yang cukup besar. Tidak hanya itu, setelah mendapatkan uang kaget tersebut, apartemennya sudah dipenuhi senjata, dokumen palsu, dan juga bahan peledak.

Dia sadar bahwa data tentang dirinya sudah diretas. Tiba-tiba sebuah telepon datang dan menyuruhnya untuk melakukan sebuah misi berbahaya bersama orang yang mengalami hal serupa.