1. The Social Dilemma (2020).

film Netflix peretas berbagai sumber

foto: imdb.com

The Social Dilemma merupakan film Netflix kisah para peretas dunia maya melalui media sosial. Film ini menyusuri bagaimana desain media sosial memelihara kecanduan, memanipulasi pandangan, emosi, perilaku, menyebarkan teori konspirasi serta disinformasi, dan memaksimalkan keuntungan bagi penyedia platform. Film ini juga mengkaji isu pengaruh media sosial terhadap kesehatan mental (termasuk kesehatan mental remaja dan meningkatnya angka bunuh diri remaja).

Film ini menampilkan wawancara dengan banyak mantan karyawan, eksekutif, dan profesional lainnya dari perusahaan teknologi papan atas dan platform media sosial seperti Facebook, Google, Twitter, dan Mozilla. Orang-orang yang diwawancarai ini memanfaatkan pengalaman utama mereka di perusahaan untuk membahas bagaimana platform semacam itu telah menyebabkan konsekuensi sosial, politik, dan budaya yang bermasalah dan negatif.

Film ini juga mengkaji bagaimana platform media sosial telah memengaruhi penyebaran berita palsu dalam beberapa tahun terakhir. Wawancara ini disajikan di samping dramatisasi skrip dari kecanduan media sosial remaja. Dramatisasi ini menarik perhatian pada meningkatnya kekhawatiran radikalisasi anak muda di internet.

2. The Great Hack (2019).

film Netflix peretas berbagai sumber

foto: imdb.com

The Great Hack merupakan film Netflix kisah para peretas dunia maya yang menggunakan data-data pengguna Facebook untuk kepentingan politik Amerika Serikat. Film ini mengisahkan skandal data Facebook Cambridge Analytica.

Film ini berkisah tentang Profesor David Carroll dari Parsons dan The New School, Brittany Kaiser (mantan direktur pengembangan bisnis untuk Cambridge Analytica), dan jurnalis investigasi Inggris Carole Cadwalladr. Kisah-kisah mereka terjalin untuk mengekspos karya Cambridge Analytica dalam politik berbagai negara, termasuk kampanye Brexit Inggris dan pemilihan umum Amerika Serikat pada 2016.

3. Blackhat (2015).

film Netflix peretas berbagai sumber

foto: imdb.com

Blackhat merupakan film Netflix kisah para peretas dunia maya Nick Hathaway yang berhasil membobol sebuah bank di Amerika Serikat. Karena hal tersebut, ia menjadi tahanan pemerintah.

Namun, karena kemampuan luar biasanya, ia diberi kesempatan bebas dengan melaksanakan tugas gabungan bersama Kepolisian Amerika dan Tiongkok untuk melacak jaringan cybercrime tingkat tinggi di seluruh dunia. Hal ini kemudian membuatnya menjadi bagian dari kepolisian untuk membongkar jejaring peretas yang selama ini meresahkan berbagai negara.

4. Unfriended (2014).

film Netflix peretas berbagai sumber

foto: imdb.com

Unfriended merupakan film Netflix kisah para peretas dunia maya yang melibatkan enam sahabat saat mereka menerima pesan dari salah satu almarhum teman mereka saat video-chatting. Mereka pikir itu hanyalah lelucon, sampai peristiwa-peristiwa aneh mulai terjadi.

Akun tersebut tampil secara misterius dengan akun "Billie227" mengaku, bernama Laura, korban bully yang tewas bunuh diri setahun sebelumnya. Akun tersebut membeberkan semua orang yang telah menjadi pelaku atas pembullyan yang mengakibatkan Laura bunuh diri.

Film ini menceritakan bagaimana pelaku pembullyan tidak bisa lepas begitu saja dan mereka harus bertanggung jawab atas kejahatan yang mereka lakukan. Akun "Billie227" melakukan peretasan atas semua identitas yang dianggap sebagai pelaku.