Brilio.net - Film kartun menjadi salah satu tontonan yang paling ditunggu oleh anak-anak. Kepopuleran film kartun kala itu ditandai dengan berbagai stasiun televisi yang rutin menayangkannya. Tak selalu lucu, beberapa film kartun juga mengangkat kisah-kisah menarik dan tokoh yang berkarakter.

Beberapa kartun yang tayang di TV biasanya menghadirkan dubbing bahasa Indonesia. Hal ini dinilai lebih efisien dan mudah dimengerti oleh para penontonnya. Tak hanya dialog antar tokoh, lagu yang menjadi soundtrack film kartun pun ikut diterjemahkan dalam bahasa Indonesia lho. Karena itulah, lagu-lagu dalam film kartun ini cukup ikonik.

Nah, sebagai ajang nostalgia, berikut 10 film kartun dengan lagu ikonik yang dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (11/2).

1. Doraemon.

Film kartun lagu ikonik © 2020 imdb.com

Loading...

foto: imdb.com

Doraemon merupakan salah satu kartun atau animasi dari Jepang yang populer di Indonesia. Tokoh Doraemon sendiri merupakan robot kucing yang berasal dari abad ke-22. Ia datang dari masa depan untuk membantu Nobita yang sering terkena masalah. Nobita juga banyak berpetualang bersama teman-temannya dan mengandalkan kantong ajaib Doraemon.

Kartun yang masih ditayangkan di televisi ini punya lagu ikonik yang liriknya sebagai berikut:

"Aku ingin begini, aku ingin begitu

Ingin ini, ingin itu banyak sekali

Semua, semua, semua, dapat dikabulkan

Dapat dikabulkan dengan kantong ajaib."

2. Crayon Shin-chan.

Film kartun lagu ikonik © 2020 imdb.com

foto: imdb.com

Tak kalah populer dengan Doraemon, anime Crayon Shin-chan juga digemari hingga sekarang. Kartun ini berpusat pada kisah Shin-chan, anak TK di Jepang yang memiliki banyak teman. Karakter Shin-chan sendiri digambarkan ceria, selalu ingin tahu, jahil, dan juga genit. Kartun ini juga punya lagu ikonik lho, kamu bisa lanjutkan liriknya?

"Di musim panas merupakan tempat bermain gembira

Sang gajah terkena flu, pilek tiada henti-hentinya

Sang beruang tidur dan tak ada yang berani ganggu dia

Oh sibuknya, aku sibuk sekali."

3. Petualangan Hatchi.

Film kartun lagu ikonik © 2020 imdb.com

foto: imdb.com

Selanjutnya ada kartun Petualangan Hatchi yang penuh dengan pelajaran bermakna dan scene mengharukan. Mengisahkan tentang Hatchi, anak lebah yang hidup sebantang kara, sepanjang cerita Hatchi selalu mencari keberadaan sang ibu. Kartun ini berusaha mengajarkan pada anak-anak untuk senantiasa menghargai orangtua lho. Selain kisahnya yang menarik, film ini juga punya lagu ikonik.

Sebenarnya soundtrack tersebut berasal dari lagu berjudul The Adventures of Hutch the Honeybee. Namun sudah diterjemahkan ke bahasa Indonesia, sehingga liriknya sebagai berikut:

"Mama.. Mama.. Dimanakah kau berada

Mama.. Mama.. Ingin sekali ku bertemu

Hatchi anak yang sebatang kara

Pergi mencari ibunya

Di malam yang sangat dingin

Teringat mama."

4. Captain Tsubasa.

Film kartun lagu ikonik © 2020 imdb.com

foto: imdb.com

Film kartun yang satu ini menjadi tontonan wajib bagi anak laki-laki dan penggemar olahraga. Captain Tsubasa mengangkat kisah pemain bola bernama Tsubasa Ozora yang pantang menyerah. Ia bercita-cita masuk dalam klub sepak bola Brazil yang kala itu sangat terkenal. Berbagai pertandingan seru telah dilalui oleh Tsubasa dan teman-temannya. Jika kamu termasuk penggemar kartun ini, pasti masih hafal kan dengan lagu ikoniknya?

"Ayo lihat semua, kapten kita datang

Seluruh penjuru kota, puji kehebatannya

Kupu kupu kupu juga rerumputan

mengumandangkan namanya

ke seluruh penjuru

Berlari ke padang rumput yang hijau

bola di kakinya

bergulir dengan lincah."

5. Hamtaro.

Film kartun lagu ikonik © 2020 imdb.com

foto: wallpapercave.com

Hamtaro menampilkan karakter para hamaster yang lucu. Mereka adalah Hamtaro, Boss, Renda, Kerlip, dan masih banyak lagi. Pemilik hewan peliharaaan menggemaskan ini bernama Haruna. Ia sering bermain bersama mereka dan memberi makan dengan biji bunga matahari. Kartun ini juga punya lagu ikonik lho, lirinya sebagai berikut:

"Tuk tuk tuk lewat lorong sempit

Tuk tuk tuk Hamtaro berlari

Apa yang paling dia senangi

Biji bunga matahari

Ya Hamtaro berlari

Hamtaro berputar di atas roda putarnya

Apa yang paling dia senangi

Biji bunga matahari."

6. SpongeBob Squarepants.

Film kartun lagu ikonik © 2020 imdb.com

foto: spongebob.fandom.com

SpongeBob mengisahkan tentang kehidupan para makhluk laut yang tinggal di Bikini Bottom. Berpusat pada karakter SpongeBob, ia adalah sponge berwarna kuning yang ceria dan penuh semangat. Tak hanya itu, banyak karakter menarik seperti Patrick si bintang laut, Tuan Krabs si kepiting, Sandy si tupai, Squidward si cumi-cumi, dan masih banyak lagi.

Dalam beberapa episode, Spongebob juga punya lagu-lagu yang cukup populer lho, sebut saja Best Day Ever. Pembuka dalam kartun ini juga tak kalah ikonik dengan percakapan captain bajak laut dan kids. Anak-anak jadi antusias menjawab pertanyaan si captain nih. Masih ingat?

Pirate: Are you ready kids?

Kids: Eye, Eye, Captain!

Pirate: I can't hear you

Kids: Eye, Eye, Captain!

Pirate: Uuuuu, who lives in a pineapple under the sea?

Kids: SpongeBob Squarepants

7. Dragon Ball.

Film kartun lagu ikonik © 2020 imdb.com

foto: imdb.com

Film kartun dengan kisah yang panjang ini juga pernah ditayangkan oleh stasiun televisi Indonesia lho. Kartun ini mengisahkan tentang pertualangan Goku dalam mengumpulkan bola naga. Soundtrack film kartun ini juga cukup ikonik, yakni sebagai berikut:

"Orang pun datang dan aku kembali

kehidupanku kan jadi satu

di kehidupan kan yang kedua

akan menjadi lebih indah

siapakah yang dapat melaksanakan

sekarang berusaha mewujudkannya."

Reporter: Deta Jauda Najmah