1. Don't Breathe (2016-2021).

film Netflix tunanetra berbagai sumber

foto: imdb.com

Don't Breathe merupakan rekomendasi film Netflix tentang kisah tunanetra yang mengisahkan Norman 'The Blind Man' Nordstrom. Norman sejak awal memang lebih dikenal sebagai si buta yang mengerikan ini, sadar bahwa keberadaannya di lingkungan biasa akan mengundang bahaya untuk dirinya dan orang lain. 

Walaupun begitu, ia punya sensitivitas tinggi untuk merasakan orang yang akan menyerangnya. Dalam film, Norman digambarkan sebagai orang yang bersembunyi di tempat paling rahasia dan merawat seorang anak yang ditolongnya di sebuah rumah yang terbakar.

2. Sightless (2020).

film Netflix tunanetra berbagai sumber

foto: imdb.com

Sightless merupakan rekomendasi film Netflix tentang kisah tunanetra yang dialami oleh Ellen Ashland (Madelaine Petsch) setelah mendapatkan serangan brutal. Ia ditemani oleh Clayton (Alexander Koch) yang sengaja disewa untuk merawatnya agar bisa menyesuaikan diri dengan kehidupan baru. Suatu hari, ia bertemu dengan seseorang yang memperkenalkan diri sebagai Lana. 

Seiring waktu, Ellen semakin curiga pada Lana. Ketika menyentuh wajah Lana, dia merasakan luka dengan jahitan dan amat terkejut dengan hal itu. Lana bereaksi dengan memperingatkan Ellen untuk tidak mempercayai siapa pun hingga ia melarikan diri dari apartemen Ellen setelah kedatangan suaminya yang kejam, Russo. Ellen menghubungi Detektif Bryce yang mengirim Petugas Neiman untuk memeriksa Lana. Neiman menegaskan bahwa Lana baik-baik saja dan tidak memiliki luka baru-baru ini. Ellen mengungkapkan keprihatinan tersebut kepada Clayton yang mulai menyukai, walaupun Ellen tak bisa menerima perasaan tersebut.

3. Andhadhun (2018).

film Netflix tunanetra berbagai sumber

foto: imdb.com

Andhadhun merupakan rekomendasi film Netflix tentang kisah tunanetra berprofesi sebagai pianis yang tanpa disadari terlibat dalam pembunuhan seorang pensiunan aktor. Film ini mengisahkan Akash Saraf, seorang pianis pendatang baru yang berpura-pura buta untuk meningkatkan keterampilan pianonya. Saat menyeberang jalan, dia ditabrak oleh Sophie. Dia mengurus Akash dan segera menjalin hubungan romantis yang intim. Sophie terkesan dengan bakat Akash dan mengajaknya bertunangan di restoran ayahnya. Di restoran, seorang pensiunan aktor, Pramod Sinha, memperhatikan Akash dan mengundangnya untuk tampil di ulang tahun pernikahannya. 

Suatu ketika, saat Akash tiba di flat Sinha dan istri Pramod, Simi, membuka pintu. Simi, yakin bahwa Akash buta, membiarkan dia bermain piano. Akash melihat mayat Pramod di dekatnya, tetapi berpura-pura tidak tahu dan terus bermain. Ia juga melihat Manohar, kekasih Simi, bersembunyi di kamar mandi. Simi dan Manohar membersihkan tubuh dan memasukkannya ke dalam koper saat Akash bermain. Akash mencoba untuk melaporkan hal tersebut ke polisi, tetapi gagal dan Akash segera ditangkap oleh Sinha dan Simi dan segera membuatnya benar-benar mengalami kebutaan serius.