drama Korea kriminal kisah nyata berbagai sumber foto: imdb.com

Tunnel merupakan drama Korea kriminal yang diangkat dari kisah nyata kasus pembunuhan di sebuah terowongan di Hwaseong, Provinsi Gyeonggi pada 1986-1991. Drama ini mengisahkan kehidupan polisi Park Gwang-ho (Choi Jin-hyuk), seorang detektif kepolisian yang rajin pada 1986. Dia terpaksa harus berurusan dengan seorang pembunuh berantai mengerikan karena sudah banyak memakan korban. Suatu hari, Gwang-ho mendapatkan petunjuk bahwa pelaku ada di sebuah terowongan.

Gwang-ho kemudian mengejar pelaku tersebut dan masuk ke dalam terowongan. Namun, saat ada di penghujung terowongan, Gwang-ho menemukan dirinya ada di tiga dekade di masa depan. Hal tersebut tak dapat membuatnya kembali ke rumah dan harus menyelesaikan kasus tersebut. Gwang-ho berteori jika dirinya bisa menuntaskan kasus pembunuhan berantai tersebut, dia akan bisa kembali ke masa sebelumnya. Selain menyajikan drama pembunuhan berantai, Tunnel juga mengisahkan perjalanan waktu yang dilakukan Gwang-ho.

5. Songgot: The Piercer (2015).

drama Korea kriminal kisah nyata berbagai sumber foto: imdb.com

Songgot: The Piercer atau Awl merupakan drama Korea kriminal yang diangkat dari kisah nyata sebuah kasus pada 2007. Drama ini mengisahkan Lee Soo-in (Ji Hyun-woo) yang bekerja di pasar ritel diperintahkan bosnya untuk memecat karyawan sementara. Menemukan situasi yang tidak adil, Lee Soo-in bergabung dengan serikat pekerja dan mulai melawan bersama dengan karyawan lain.

6. Signal (2016).

drama Korea kriminal kisah nyata berbagai sumber foto: imdb.com

Signal merupakan drama Korea kriminal yang diangkat dari kisah nyata kasus pembunuhan menggemparkan publik Korea Selatan. Drama ini mengisahkan kehidupan polisi detektif Cha Soo-hyun (Kim Hye-soo), petugas polisi wanita pertama di Satuan Tugas Khusus dan menjadi pemimpin regu kasus dingin Seoul.

Kelompok detektif tersebut harus harus mengejar penjahat yang diburunya pada 1986 dan masuk ke dimensi masa depan 2015. Melalui sebuah walkie talkie kemudian memungkinkan seorang detektif pada 1989 untuk berkomunikasi dengan seseorang dari 2015.

7. Gap Dong (2014).

drama Korea kriminal kisah nyata berbagai sumber foto: imdb.com

Gap-Dong merupakan drama Korea kriminal yang diangkat dari kisah nyata kasus pembunuhan berantai Hwaseong. Serangkaian pembunuhan tersebut terjadi antara 1986 dan 1993 di kota fiksi Iltan. Seorang detektif yakin bahwa pelakunya adalah seorang pria yang tertantang secara intelektual di kota. Namun, setelah orang yang dituduh terbunuh, putranya, Moo-yeom (Yoon Sang-hyun) bersumpah untuk membersihkan nama ayahnya.

Bertahun-tahun kemudian, undang-undang pembatasan berakhir, tetapi serangkaian pembunuhan baru menunjukkan kesamaan yang menakutkan dengan pembunuhan masa lalu. Moo-yeom bergabung dengan tim detektif yang memberatkan ayahnya untuk menemukan pembunuh yang sebenarnya.